Burung Grebe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Burung Grebe
Clark's Grebe, Aechmophorus clarkii
Clark's Grebe, Aechmophorus clarkii
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Infrakelas: Neognathae
Ordo: Podicipediformes
Fürbringer, 1888
Famili: Podicipedidae
Bonaparte, 1831
Genera

Grebe adalah anggota ordo Podicipediformes,jenis burung yang tersebar di banyak perairan air tawar yang kadang-kadang mengunjungi laut bila sedang bermigrasi di musim dingin. Ordo ini hanya memiliki satu famili, yaitu Podicipedidae, dan terdapat 22 spesies dalam 6 genera.

Ukuran grebe bervariasi, dari kecil hingga menengah ke atas. Grebe terkecil, Least Grebe, berukuran 23,5 cm dengan massa 120 gram. Sedangkan yang terbesar, Great Grebe, berukuran 71 cm dengan massa 1,7 kg. Grebe merupakan burung perenang dan penyelam yang handal. Mereka memiliki kaki yang terletak jauh di belakang, dapat berlari untuk waktu yang singkat namun seringkali jatuh.

Grebe memiliki sayap yang sempit, dan beberapa spesies dapat terbang rendah. Dua spesies di Amerika Selatan tidak dapat terbang sama sekali. Mereka merespon bahaya dengan menyelam daripada terbang.

Seluruh spesies Grebe di Amerika Utara dan Eurasia bermigrasi, dan spesies yang ketika musim dingin berada di lautan kadang-kadang terlihat sedang terbang. Grebe kecil air tawar, Pied-billed Grebe, di Amerika utara adalah migran transatlantik ke Eropa dengan lebih dari 30 tempat tujuan.

Paruh bervariasi dari pendek dan tebal hingga panjang dan runcing, tergantung jenis mangsanya, yang berkisar dari serangga air hingga crustacea. Kaki mereka selalu besar dengan selaput yang menghubungkan bagian depan jari-jari kaki mereka.

Grebe memiliki bulu yang tidak biasa, sangat padat dan tahan air. Dengan menekan bulu-bulu terhadap tubuh, grebe dapat mengatur gaya apung mereka. Terkadang mereka berenang rendah dengan hanya memperlihatkan kepala dan lehernya saja.

Pada musim yang bukan musim kawin, grebe berwarna coklat gelap dan putih. Ketika musim kawin, mereka memiliki tanda berupa mirip chestnut di kepala mereka, dan menampilkan ritual tertentu. Grebe muda, khususnya dari genus Podiceps, kadang-kadang merontokkan bulu-bulu muda mereka bahkan setelah mencapai ukuran dewasa.

Ketika membersihkan diri, grebe memakan bulu mereka sendiri dan memberikannya kepada anak-anak mereka sebagai makanan. Hal ini dipercaya untuk membiasakan grebe muda dengan menerima makanan yang halus terlebih dahulu dan untuk meningkatkan ketahanan tubuh mereka terhadap parasit lambung.

Grebe membuat sarang terapung dari material tanaman. Grebe muda bersifat precocial, mereka dapat berenang segera setelah keluar dari telur.

Genera dan Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Fjeldså, John (1991). Forshaw, Joseph. ed. Encyclopaedia of Animals: Birds. London: Merehurst Press.
  • Konter, André (2001): Grebes of our world: visiting all species on 5 continents. Lynx Edicions.
  • Ogilvie, Malcolm & Rose, Chris (2003): Grebes of the World. Bruce Coleman Books, Uxbridge, England.