Camar-kejar kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Camar-kejar kecil
Long-tailed Skua (js) 26.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Charadriiformes
Famili: Stercorariidae
Genus: Stercorarius
Spesies: S. longicaudus
Nama binomial
Stercorarius longicaudus
(Vieillot, 1819)


Camar-kejar kecil (Stercorarius longicaudus) adalah spesies burung dalam famili Stercorariidae.

Penyebaran dan subspesies[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, camar-kejar kecil adalah pengunjung yang langka di lautan Sunda Besar. Burung ini juga tercatat di lepas pantai Jawa Barat dan Bali. Camar-kejar kecil terdiri dari dua subspesies, dengan daerah persebaran:[2]

  1. S. l. longicaudus (Vieillot, 1819), tersebar di dataran tinggi Arktik dan subarktik di Skandinavia dan Rusia ke timur sampai Delta Sungai Lena; musim dingin bermigrasi ke sub-Antartika dan lautan Amerika Selatan serta Afrika bagian selatan.
  2. S. l. pallescens (Løppenthin, 1932), tersebar di Arktik Greenland, Amerika Utara dan Siberia ke timur sampai delta Sungai Lena; musim dingin bermigrasi ke lautan Amerika Selatan serta Afrika bagian selatan. Mungkin juga sampai di Australia dan Selandia Baru.

Tempat hidup dan kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Diluar musim berbiak, camar-kejar kecil menghabiskan sebagian besar waktunya di lautan lepas, sangat jarang berada di dekat daratan. Pada musim berbiak, mendatangi tundra di Arktik dan sub-Arktik sampai ketinggian 1.300 m dpl untuk membuat sarang di permukaan tanah. Jumlah telur maksimal dua butir, tetapi biasanya sangat tergantung pada ketersediaan tikus sebagai makanan. Burung muda akan menghabiskan tahun pertama dan keduannya di lautan selatan sebelum kembali ke utara untuk berbiak. Di laut, burung ini biasanya berburu ikan, inverteberata laut, udang, dan bangkai sebagai makanan. Populasi tidak-berbiak kadang berkumpul dalam kelompok kecil saat mencari makan atau bertengger.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Stercorarius longicaudus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses 26 November 2013. 
  2. ^ a b "Camar-kejar Kecil". Kutilang Indonesia. Diakses 4 April 2014.