Cerek kernyut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Cerek kernyut
Bulu pada saat berbiak
Bulu pada saat berbiak
Bulu pada saat tidak berbiak
Bulu pada saat tidak berbiak
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Charadriiformes
Famili: Charadriidae
Genus: Pluvialis
Spesies: P. fulva
Nama binomial
Pluvialis fulva
(Gmelin, 1789)
Sinonim

Charadrius fulvus
Pluvialis dominica fulva

Cerek kernyut (Pluvialis fulva) adalah spesies burung pantai dari keluarga Charadriidae, dari genus Pluvialis. Burung ini merupakan jenis burung pemakan invertebrata yang memiliki habitat di gosong lumpur, gosong pasir, tambak, lapangan, lapangan golf dekat pantai, lapangan terbang dekat pantai, tersebar sampai ketinggian 1.000 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Cerek kernyut memiliki tubuh berukuran sedang (25 cm). Bertubuh kekar, kepala besar, paruh pendek besar. Warna coklat keemasan. Garis mata, sisi muka, dan tubuh bagian bawah pucat. Tidak ada warna kontras pada garis sayap saat terbang. Peredaan dengan Cerek besar: warna kuning keemasan, tidak abu-abu. Iris coklat, paruh hitam, tungkai abu-abu. Mencari makan sendiri atau dalam kelompok.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Cerek kernyut tersebar di Artik Rusia dan Alaska. Pada musim dingin, burung ini bermigrasi ke pesisir Amerika utara dan selatan, Eropa barat, Afrika, Asia Selatan, Indonesia dan Australia.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Pluvialis fulva". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses 26 November 2013. 
  2. ^ "Cerek kernyut". Kutilang Indonesia. Diakses 7 April 2014.