Bandar Udara Bersujud

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandara Bersujud
IATA: BTWICAO: WRBC
BTW is located in Borneo
BTW
Lokasi bandara di Kalimantan Selatan
Ikhtisar
Jenis bandara Sipil
Lokasi Batulicin, Kalimantan Selatan, Indonesia
Ketinggian 7 m ( 23 ft)
Koordinat 03°25′03″LS,116°00′11″BT
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
09/27 6.070 1.850 Aspal

Bandar Udara Bersujud adalah bandar udara yang terletak di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 1.850 m x 30 m dan ketinggian 7 meter dari permukaan laut. Jarak dari pusat kota sekitar 2 km. Dahulu namanya Bandara Batulicin.

Bandara Bersujud dibangun oleh Departemen Transmigrasi RI pada tahun 1980-1983 dengan latar belakang kelancaran mobilisasi para transmigran baik dari pulau Jawa, Bali maupun Nusa Tenggara Barat ke lokasi-lokasi transmigrasi di Batulicin Kabupaten Kotabaru dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI.

Kemudian pada awal tahun 1990 an hingga awal tahun 2000an Bandara Bersujud digunakan oleh Perusahaan Milik Korea yaitu Kodeco Group untuk memperlancar arus transportasi mereka.

Sejak Kabupaten Tanah Bumbu berdiri pengelolaan Bandara Batulicin dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan diganti namanya menjadi Bandara Bersujud.

Pada awal tahun 2004, dilakukan up-grading pada Bandara Bersujud berupa pembebasan lahan di sisi kiri dan kanan landasan sejauh 10 m, pengaspalan overlay dengan dimensi 30 x 100 m, pembangunan terminal penumpang dengan dimensi 10 x 12 m yang dilengkapi dengan lokasi parkir untuk roda 2 dan roda 4, apron dengan dimensi 43 x 46 m, tower dengan dimensi 3 x 3 m setinggi 10 m untuk kontrol pesawat take off maupun landing, pembuatan wind sock dan taxyway berdimensi 12 x 25 m. Pada bulan April 2006 yang lalu, untuk persiapan penyambutan kedatangan Bapak Wakil Presiden RI, kembali dilakukan pengaspalan landasan sepanjang 400 m dan lebar 20 m, pengecatan marka bandara dan pembersihan kiri dan kanan bandara.

Bandara Bersujud mulai melayani penerbangan carteran pada tahun 2005 yang dilayani oleh PT. DAS dengan pesawat CASSA, dan PT. Premi Air dengan pesawat CESNA. Selain itu juga ada penerbangan reguler di Bandara Bersujud, pada tahun 2007 dilayani oleh PT. Karindangan Air dengan pesawat DERAYA 30 seat, dan Trigana Air dengan pesawat ATR-42.

Maskapai dan tujuan[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Aviastar Banjarmasin(Carter)
Jhonlin Air Banjarmasin
Karindangan Air Banjarmasin(Carter)
Premi Air Banjarmasin(Carter)
Pelita Air Banjarmasin(Carter)
Susi Air Banjarmasin
Transwisata Banjarmasin(Carter)
Trigana Air Banjarmasin

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika telah melakukan pembebasan lahan disekitar runway sejauh 50 m di sisi kiri dan sisi kanan dari batas pagar yang ada, dan pada ujung 09 sampai 27 runway, sehingga sisi runway saat ini menjadi 54.000 m2. Disamping itu juga telah mempersiapkan pengadaan X-Ray di terminal penumpang untuk keamanan dan kenyamanan serta untuk memenuhi prosedur pelayanan penerbangan.

Bandar udara Bersujud merupakan aset Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan panjang landasan 1.850 meter dan lebar 30 meter, namun yang di-declare panjang runway hanya 1.600 meter dan sisanya 250 meter digunakan untuk RESA (Runway End Safety Area). Karena Pemkab Tanbu belum memiliki sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola sendiri maka pengelolaannya dikelola Departemen Perhubungan Pusat.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Indonesia) [1]