Alcázar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alcázar Segovia.

Alcázar (bahasa Spanyol: [alˈkaθar], bahasa Galisia: [alˈkaθaɾ]), alcácer (bahasa Portugis: [ɐɫˈkasɛɾ]) atau alcàsser (Catalonia: [əɫˈkasər]) adalah jenis kastel di Spanyol dan Portugal yang dibangun oleh raja untuk tempat tinggal. Istilah ini berasal dari kata bahasa Arab القصر (alih aksara: al-qasr) yang berarti "benteng, kastel atau istana" sedangkan kata bahasa Arab tersebut mungkin berasal dari kata Latin 'castrum', yang berarti sebuah kamp militer atau benteng. Banyak kota di Spanyol memiliki alcázar, Spanyol juga memiliki benteng-benteng Moor dikenal sebagai alcazaba. Tidak semua kastel di Spanyol disebut alcázar, mayoritasnya biasa disebut castillo. Tidak setiap 'alcazar' atau 'alcazaba' di Iberia dibangun oleh bangsa Moor, banyak kastel dengan nama-nama seperti ini yang dibangun setelah Moor, telah ditarik dari Semenanjung Iberia.

Markah tanah[sunting | sunting sumber]

  • Alcázar Segovia dibangun pada abad ke-12. Selama Abad Pertengahan ketika masa Kerajaan Kastilia, alcázar Segovia adalah kediaman favorit para penguasa Kastilia, dan hampir masing-masing raja menambahkan bagian baru di bangunan ini, mengubah benteng asli menjadi tempat tinggal orang istana dan memperpanjang pembangunan benteng sampai abad ke-16, ketika raja Felipe II menambahkan menara kerucut dan atap batu tulis. Sebuah kebakaran pada tahun 1862 menghancurkan sebagian atap, tetapi telah dipugar dalam gaya yang sama seperti 300 tahun silam. Alcázar ini juga merupakan tempat di mana pada tahun 1492 Ferdinand dan Isabella menandatangani perintah pengusiran Yahudi dari Spanyol.
  • Alcázar Madrid adalah istana yang dibangun oleh Kaisar Carlos V (dibangun kembali oleh putranya, Felipe II)[1] dan merupakan kediaman kerajaan utama di Madrid sampai Istana Buen Retiro menggantikannya pada abad ke-17. Istana ini hancur oleh kebakaran pada tahun 1734, dan sekarang Istana Kerajaan Madrid dibangun di situs ini dan biasa disebut sebagai Palacio Nuevo dan belum pernah disebut alcázar.
  • Alcázar Toledo digunakan sebagai akademi militer pada zaman modern. "Pengepungan Alcázar" dalam Perang Saudara Spanyol mengacu ke kastel ini, yang diselenggarakan oleh seorang Nasionalis Kolonel José Moscardó Ituarte melawan pasukan Republik. Pasukan Republik menangkap putra Moscardó yang saat itu berusia 24 tahun bernama Luis, dan pada 23 Juli 1936 Moscardó diberitahukan bahwa jika ia tidak menyerahkan alcázar itu dalam waktu sepuluh menit maka anaknya akan mati. Ketika Moscardó tidak mau menyerah, Luis dieksekusi, tidak segera tetapi satu bulan kemudian, pada tanggal 23 Agustus.[2]
  • Alcázar Sevilla, pada situs istana Muwahhidun disebut sebagai al-Muwarak, dibangun pada tahun 1360-an oleh pengrajin Moor dalam gaya Mudéjar, dan telah sering direnovasi. Kastel ini pertama kali digunakan oleh Pedro dari Kastilia dengan gundiknya Maria de Padilla. Struktur dan taman kastel ini adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.
  • Alcázar de los Reyes Cristianos, juga disebut sebagai Alcázar Córdoba terletak di Córdoba, Spanyol adalah sebuah istana Moor setelah Reconquista Córdoba pada abad ke-13. Moor telah memperluas benteng Visigoth menjadi bangunan yang lebih besar dengan taman dan perpustakaan besar.[3] Alcázar ini adalah rumah musim panas Raja Ferdinand dan Ratu Isabella, dan tempat pertemuan mereka dengan Christopher Columbus sebelum pelayaran terkenalnya ke Amerika.

Di luar Spanyol[sunting | sunting sumber]

Di Portugal ada sebuah kota yang bernama Alcácer do Sal (Al Qaşr), yang merupakan wilayah administrasi Moor selama era Islam Al-Andalus di Semenanjung Iberia.

Bekas istana kolonial di Santo Domingo, awalnya dibangun untuk anak Christopher Columbus, Diego pada 1509, umumnya dikenal sebagai Alcázar de Colón dan dibangun dengan gaya Andalusia.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Philip of Spain oleh Henry Kamen
  2. ^ Hugh Thomas, The Spanish Civil War, revised and enlarged edition (1977), New York: Harper & Row. ISBN 0-06-014278-2. p. 324
  3. ^ Reed, Tony (2005). "Alcazar de los Reyes Cristianos - Cordoba". Infocordoba.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-05-11. Diakses tanggal 4 April 2006. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]