Alcázar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Alcázar (bahasa Spanyol: [alˈkaθar], bahasa Galisia: [alˈkaθaɾ]), alcácer (Portugis: [ɐɫˈkasɛɾ]) atau alcàsser (Katalan: [əɫˈkasər]) adalah jenis kastil di Spanyol dan Portugal yang dibangun oleh raja untuk tempat tinggal. Istilah ini berasal dari kata bahasa Arab القصر (alih aksara: al-qasr) yang berarti "benteng, kastil atau istana" sedangkan kata bahasa Arab tersebut mungkin berasal dari kata Latin 'castrum', yang berarti sebuah kamp militer atau benteng. Banyak kota di Spanyol memiliki alcázar, Spanyol juga memiliki benteng-benteng Moor dikenal sebagai alcazaba. Tidak semua kastil di Spanyol disebut alcázar, mayoritasnya biasa disebut castillo. Tidak setiap 'alcazar' atau 'alcazaba' di Iberia dibangun oleh bangsa Moor, banyak kastil dengan nama-nama seperti ini yang dibangun setelah Moor, telah ditarik dari Semenanjung Iberia.

Markah tanah[sunting | sunting sumber]

  • Alcázar Segovia dibangun pada abad ke-12. Selama Abad Pertengahan ketika masa Kerajaan Kastilia, alcázar Segovia adalah kediaman favorit para penguasa Kastilia, dan hampir masing-masing raja menambahkan bagian baru di bangunan ini, mengubah benteng asli menjadi tempat tinggal orang istana dan memperpanjang pembangunan benteng sampai abad ke-16, ketika raja Felipe II menambahkan menara kerucut dan atap batu tulis. Sebuah kebakaran pada tahun 1862 menghancurkan sebagian atap, tetapi telah dipugar dalam gaya yang sama seperti 300 tahun silam. Alcázar ini juga merupakan tempat di mana pada tahun 1492 Ferdinand dan Isabella menandatangani perintah pengusiran Yahudi dari Spanyol.
  • Alcázar Madrid adalah istana yang dibangun oleh Kaisar Carlos V (dibangun kembali oleh putranya, Felipe II)[1] dan merupakan kediaman kerajaan utama di Madrid sampai Istana Buen Retiro menggantikannya pada abad ke-17. Istana ini hancur oleh kebakaran pada tahun 1734, dan sekarang Istana Kerajaan Madrid dibangun di situs ini dan biasa disebut sebagai Palacio Nuevo dan belum pernah disebut alcázar.
  • Alcázar Toledo digunakan sebagai akademi militer di zaman modern. "Pengepungan Alcázar" dalam Perang Saudara Spanyol mengacu ke kastil ini, yang diselenggarakan oleh seorang Nasionalis Kolonel José Moscardó Ituarte melawan pasukan Republik. Pasukan Republik menangkap putra Moscardó yang saat itu berusia 24 tahun bernama Luis, dan pada 23 Juli 1936 Moscardó diberitahukan bahwa jika ia tidak menyerahkan alcázar itu dalam waktu sepuluh menit maka anaknya akan mati. Ketika Moscardó tidak mau menyerah, Luis dieksekusi, tidak segera tetapi satu bulan kemudian, pada tanggal 23 Agustus.[2]

Di luar Spanyol[sunting | sunting sumber]

Di Portugal ada sebuah kota yang bernama Alcácer do Sal (Al Qaşr), yang merupakan wilayah administrasi Moor selama era Islam Al-Andalus di Semenanjung Iberia.

Bekas istana kolonial di Santo Domingo, awalnya dibangun untuk anak Christopher Columbus, Diego pada 1509, umumnya dikenal sebagai Alcázar de Colón dan dibangun dengan gaya Andalusia.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Philip of Spain oleh Henry Kamen
  2. ^ Hugh Thomas, The Spanish Civil War, revised and enlarged edition (1977), New York: Harper & Row. ISBN 0-06-014278-2. p. 324
  3. ^ Reed, Tony (2005). "Alcazar de los Reyes Cristianos - Cordoba". Infocordoba.com. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 11 Mei 2006. Diakses 4 April 2006. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]