Ostrog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Menara ostrog Ilimsky, sekarang berada di Taltsy Museum di Irkutsk, Siberia.

Ostrog (bahasa Rusia: остро́г) merupakan istilah dalam Rusia untuk benteng kecil. Ostrog biasanya terbuat dari kayu dan penjaganya sering berganti-ganti. Ostrog dikelilingi oleh pagar dinding setinggi 4-6 meter dan terbuat dari batang yang telah diasah. Nama ini berasal dari kata Rusia "строгать" (strogat) yang berarti "mencukur kayu". Ostrogs lebih kecil dan ditujukan sebagai benteng militer, dibandingkan dengan Kremlin yang ukurannya lebih besar menjadi inti dari kota-kota Rusia. Ostrogs sering dibangun di daerah terpencil atau dalam garis benteng, seperti di Great Abatis Line.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menara ostrog Yakutsky di Siberia.

Sejak abad ke-17, setelah dimulainya penaklukan Rusia di Siberia, kata ostrog digunakan untuk menunjuk benteng didirikan pada Siberia berdasarkan nama penjelajah Rusia. Banyak dari benteng=benteng kemudian berubah menjadi kota-kota besar di Siberia.

Kemudian Siberia menjadi tujuan favorit bagi para penjahat, mereka dikirim ke sana untuk melayani katorga. Karena ostrog di Siberia menjadi satu dengan penjara, maka pada abad 18 dan 19 kata ostrog sering diartikan sebagai penjara .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ostrog di Great Soviet Encyclopedia (Rusia)