Menara pengawas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Menara pengawas di Spanyol

Menara pengawas adalah sejenis benteng yang menjulang tinggi dimana penggunaan utamanya adalah untuk tujuan militer. Menara pengawas biasanya merupakan struktur yang berdiri sendiri maupun jadi satu dengan dinding benteng kota. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan tempat yang tinggi serta aman dari tembakan musuh, menara pengawas juga berfungsi untuk mengamati daerah di sekitarnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangsa Romawi mendirikan menara banyak sebagai bagian dari sistem komunikasi, salah satu contoh menjadi menara Tembok Hadrian di Inggris . Menara masing-masing dalam mata di baris berikutnya, dan sistem sederhana dari sinyal semaphore digunakan di antara mereka. Bangsa Romawi juga membangun banyak mercusuar.

Di Eropa ketika abad pertengahan, banyak istana dan rumah-rumah bangsawan dibentengi dengan menara pengawas. Di beberapa rumah bangsawan Perancis, menara pengawas dilengkapi dengan panah atau celah senapan sebagai salah satu sarana utama untuk pertahanan. Seorang tuan tanah feodal bisa mengawasi lebih dari wilayah kekuasaannya dari atas menara itu.

Pada Perang Dunia II ,Menara Martello dibangun Inggris sebagai benteng pertahanan yang dipersenjatai dengan meriam dan yang sering kali saling berhadapan dalam satu sama lain. Salah satu Menara Martello terakhir yang akan dibangun adalah Fort Denison di pelabuhan Sydney . Turunan terbaru dari Menara Martello adalah menara antipeluru bahwa berbagai kombatan didirikan di Perang Dunia II sebagai artileri untuk mengantisipasi pesawat musuh.

Dalam perang modern relevansi menara pengawas telah menurun karena ketersediaan berbagai alternatif Intelijen militer , seperti pengintaian oleh satelit mata-mata dan kendaraan udara tak berawak.

Menara pengawas Israel di Tepi Barat

Penggunaan sekarang[sunting | sunting sumber]

Sebuah contoh dari penggunaan modern, non-militer dari menara pengawas adalah Dinas Kehutanan di Amerika Serikat membangun menara api di hutan nasional . Selama musim kebakaran, petugas menara dengan pengamat yang berjaga untuk kebakaran hutan. Kompleks penjara di banyak negara juga mempunyai menara pengawas untuk mengawasi para narapidana, terutama untuk mencegah tahanan kabur keluar kompleks penjara. Menara pengawas juga masih banyak digunakan untuk menjaga daerah perbatasan negara yang dinilai rawan akan proses keluar masuk manusia secara ilegal.