Kerajaan Kastilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kerajaan Kastilia
Reino de Castilla

 

850–1479  


Lambang

Kerajaan Kastilia pada abad ke-15
Ibu kota Burgos, Toledo
Bahasa Bahasa Kastilia, Bahasa Basque, Bahasa Galisia, Bahasa Asturias
Agama Katolik Roma
Pemerintahan Monarki
Era sejarah Zaman Pertengahan
 -  Rodrigo menjadi Count Kastilia 850
 -  County Kastilia dipersatukan oleh Fernán González 931
 -  Kastilia menjadi kerajaan 1035
 -  Kastilia dan Aragon bergabung menjadi Spanyol 1479

Kerajaan Kastilia adalah salah satu kerajaan di Semenanjung Iberia pada abad pertengahan. Kastilia muncul sebagai entitas politik yang otonom pada abad ke-9, yaitu sebagai County Kastilia yang merupakan negara bawahan dari Kerajaan León. Kastilia menjadi kerajaan yang berdiri sendiri pada tahun 1035. Nama "Kastilia" dianggap berhubungan dengan banyaknya kastil yang dibangun di wilayahnya. Kerajaan Kastilia merupakan salah satu pendahulu Kerajaan Spanyol.

Bentuk pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Dalam Kerajaan Kastilia, kekuasaan tertinggi dianggap berasal dari Tuhan dan dianugrahkan kepada sang raja. Namun berbagai komunitas membentuk semacam majelis untuk memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Majelis ini kemudian berubah menjadi Concejo (jamak Concejos; dewan kota) dimana beberapa orang ditunjuk untuk mewakili tetangga-tetangganya. Lama kelamaan, mereka cukup berpengaruh dalam penunjukan pejabat seperti walikota, dan lain-lain. Untuk menjalankan komunikasi antara raja dan Concejos dibentuk Cortes (semacam parlemen) pada tahun 1250, mengikuti pendirian lembaga serupa di Kerajaan León, 1188. Parlemen atau Cortes in tidak memiliki kekuasaan legislatif namun bertugas menghubungkan raja dan negaranya.

Takhta Kastilia[sunting | sunting sumber]

Takhta Kastilia, adalah entitas yang merupakan gabungan dari Kerajaan Kastilia dan Kerajaan León. Persatuan yang final dan pasti dari kedua kerajaan ini terjadi pada 1230, saat Ferdinand III dari Kastilia dijadikan Raja Kastilia dan Leon (termasuk kerajaan Galisia dan Asturias.