2012 (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Peringatan: Menampilkan judul "<i>2012</i> (film)" menimpa judul tampilan "2012 (film)" sebelumnya.

2012
2012 Poster.jpg
Poster teater
Sutradara Roland Emmerich
Produser Roland Emmerich
Mark Gordon
Harald Kloser
Larry J. Franco
Ute Emmerich
Penulis Harald Kloser
Roland Emmerich
Pemeran
Musik Harald Kloser
Thomas Wander
James Seymour Brett (musik tambahan)
Sinematografi Dean Semler
Penyunting David Brenner
Peter S. Elliott
Studio Centropolis Entertainment
The Mark Gordon Company
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis
Durasi 158 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $200 juta[1]

2012 adalah sebuah film bencana fiksi ilmiah yang diproduksi tahun 2009 yang disutradarai Roland Emmerich. Film ini memiliki ensemble cast, termasuk John Cusack, Amanda Peet, Danny Glover, Thandie Newton, Oliver Platt, Chiwetel Ejiofor, dan Woody Harrelson. Film ini diproduksi oleh perusahaan produksi milik Emmerich, Centropolis Entertainment, dan didistribusikan oleh Columbia Pictures. Syuting dimulai bulan Agustus 2008 di Vancouver, meski awalnya direncanakan untuk dilakukan di Los Angeles.[2]

Alur[sunting | sunting sumber]

Film ini terinspirasi oleh ide peristiwa hari kiamat global yang bersamaan dengan akhir putaran Kalender Hitungan Panjang Maya pada atau sekitar 21 Desember 2012 (titik balik matahari musim dingin belahan Bumi utara).

Jackson Curtis (John Cusack) adalah seorang ayah yang telah bercerai yang bekerja sampingan sebagai sopir limousin dan penulis, sementara mantan istrinya (Amanda Peet) dan anak-anaknya tinggal bersama dengan pacar barunya, Gordon (Thomas McCarthy).

Di kota Tikal suku Maya di Guatemala, korban bunuh diri massal tampaknya mempercayai kalender Maya, yang meramalkan akhir dunia yang bersamaan dengan Kesejajaran Galaktik, yang terjadi pada 21 Desember 2012, tanggal terjadinya titik balik matahari musim dingin di belahan Bumi utara. IHC (Institute for Human Continuity), sebuah organisasi rahasia, menyadari situasi ini dan mulai membangun bahtera besar di bawah Pegunungan Himalaya yang dirancang untuk menghadapi banyak bencana alam untuk menyelamatkan manusia, spesies tertentu, dan harta manusia yang paling berharga ketika kiamat akhirnya terjadi. Ada perdebatan tentang bagaimana dan kapan pemerintah dunia akan memberitahu warga mereka, dan cara memilih orang-orang yang akan diselamatkan dari kiamat ini. Sementara itu, ketika sedang dalam perjalanan siang menuju Yellowstone dengan dua anaknya, Jackson bertemu Charlie Frost (Woody Harrelson), yang membawakan acara radionya sendiri tentang prediksi suku Maya terhadap 21 Desember 2012.

Retakan besar terbentuk di Patahan San Andreas, California, dan meskipun pemerintah meyakinkan segalanya aman, Jackson tidak yakin. Menyewa pesawat pribadi dan memperoleh barang-barang darurat, ia pergi ke rumah Kate di L.A. untuk menyelamatkan keluarganya dan Gordon dari gempa bumi karena perpindahan kulit Bumi. Jackson dengan cepat mengumpulkan keluarganya, dan setelah perjalanan yang panjang dan berbahaya dengan jalan-jalan yang runtuh menuju Bandar Udara Santa Monica, pacar baru Amanda, Gordon menggunakan kemampuan terbangnya untuk menyelamatkan keluarga ini. Seluruh kota Los Angeles yang runtuh mulai tenggelam ke Samudera Pasifik. Ketika pesawat semakin kekurangan bahan bakar, kelompok ini melihat kemungkinan mendarat di Wyoming. Jackson memanfaatkan kesempatan ini untuk bertemu Charlie. Menentang keinginan Kate, Jackson dan Lily pergi mencari Charlie, meskipun menemukan mobil van-nya kosong. Melalui radio, Charlie memberitahukan pendengarnya bahwa ia telah pergi ke pegunungan untuk menyaksikan kiamat. Jackson mengemudikan van tersebut untuk menemukan dan menyelamatkan Charlie, tapi Charlie menolak pergi. Ketika Jackson dan Lily melarikan diri dari gunung api yang meletus, Charlie menyebutkan sebuah peta di van yang akan memperlihatkan rute lari. Jackson dan Lily pergi kembali ke pesawat melewati hujan batu lava. Setelah tiba, Lily lari ke pesawat, tapi Jackson tetap di van untuk mencari peta tersebut, dan itu terlalu lama. Ketika tanah terbuka, van itu jatuh ke sebuah celah. Keluarga Jackson ketakutan, tapi harus pergi. Jackson memegang pinggiran, dan berlari ke pesawat ketika tanah di belakangnya terus runtuh. Ia cukup cepat memasuki pesawat.

Semakin jelas bahwa tidak hanya California yang mengalami bencana: Gunung Api Super Yellowstone meletus; gempa besar terjadi di Amerika Selatan; Washington, D.C. dibanjiri oleh tsunami dan USS John F. Kennedy menghancurkan Gedung Putih; dan St. Peter's Basilica di Roma runtuh, menewaskan ribuan orang.Pemerintah AS akhirnya mengumumkan akhir dunia. Jackson dan keluarganya harus mencari jalan ke Cina untuk menaiki kapal besar, karena pesawat kecil mereka tak mampu melakukan perjalanan ini. Ketika mereka mencari pesawat baru, semuanya dipenuhi penumpang. Tetapi, Gordon bergantung pada salah satu klien lamanya, Tamara (Beatrice Rosen). Ia bersama dengan milyuner Rusia, Yuri Karpov (Zlatko Buric). Keluarga ini mengetahui bahwa Yuri telah membawa pesawat Antonov yang awalnya digunakan sebagai pengangkut mobil-mobil mewah pameran untuk kabur ke Cina. Jackson meminta untuk memperbolehkan keluarganya, tapi Yuri menolak. Tetapi, pilotnya, Sasha (Johann Urb) memberitahu bahwa ia membutuhkan seorang kopilot dan Jackson mengatakan Gordon adalah pilot terlatih. Sehingga, kelompok ini akhirnya menaiki pesawat tersebut sementara bandara hancur oleh gempa bumi.

Ketika mereka ada di udara, Sasha sadar bahwa pesawat ini tidak memiliki bahan bakar cukup untuk terbang ke Cina. Ia memberitahu Gordon, dan mereka setuju untuk mendarat di air. Sasha kemudian mengetahui bahwa mereka tidak lagi di atas lautan: kulit Bumi telah berpindah ribuan mil dan mereka mengarah ke Pegunungan Himalaya. Mengetahui risiko mendaratkan pesawat di atas salju, Sasha mengatakan pada penumpang untuk pergi ke penyimpanan kargo di mana banyak mobil disimpan di sana, sementara ia dan Gordon mempertahankan kontrol dan membuka pintu kargo dari kokpit. Rencana mereka ialah mengeluarkan mobil tersebut dari penyimpanan kargo. Gordon harus meninggalkan Sasha dan berlari ke mobil tepat waktunya. Mereka (kecuali para pilot) berhasil lolos dengan menggunakan sebuah Bentley Continental GT, sementara Sasha mendaratkan pesawatnya di sebuah jurang, yang kemudian runtuh. Anggota kelompok lainnya mendarat selamat. Tamara menangis dan meminta agar mereka kembali untuk mencari Sasha. Sebelum mereka bertindak, helikopter Cina yang mengangkut hewan besar terbang di atas mereka. Satu helikopter mendarat, meskipun kelompok ini tahu bahwa mereka harus bayar untuk menaikinya. Yuri membayar untuk dirinya dan putranya, tapi menolak membayar untuk orang lain. Sebelum masuk helikopter, ia berkata pada Tamara bahwa ia tahu hubungannya dengan Sasha.

Kelompok ini tak memiliki pilihan kecuali jalan melintasi pegunungan untuk mencari kelompok lain. Sebuah mobil lewat, Jackson melempar batu ke arahnya. Mobil berbalik dan penumpang membolehkan mereka naik. Di dalamnya terdapat seorang biarawan Buddha, Nima (Osric Chau), dan neneknya (Lisa Lu). Mereka pergi untuk bertemu dengan saudara Nima, Tenzin (Chin Han), yang punya rencana untuk menyelinap ke kapal besar itu.

Setelah tiba, Tenzin marah. Ia mengatakan pada Nima bahwa rencananya tidak dapat melibatkan banyak orang, dan orang lain tidak bisa diikutkan bergabung. Jackson dan Kate memaksa pada Tenzin bahwa mereka membawa anak-anak. Setelah perdebatan panjang, Tenzin membolehkan seluruh kelompok bergabung.

Jackson dan keluarganya berusaha menyelinap ke kapal itu dengan bantuan Tenzin. Carl Anheuser (Oliver Platt), Kepala Staf Presiden kemudian memerintahkan agar gerbang kapal ditutup, sementara suplai belum cukup. Ketika gerbang ditutup, kaki Tenzin hancur dan Gordon tewas. Dr.Adrian Helmsley,penasihat ilmiah Presiden (Chiwetel Ejiofor), kaget dan memutuskan gerbang dibuka untuk korban selamat yang tersisa. Roda sebuah gerbang di kapal tersebut macet dan tak mau menutup, sehingga gerbang setengah terbuka. Mesin kapal tak bisa dinyalakan kecuali gerbang ditutup. Ketika tsunami menghantam kapal, sebuah struktur penopang utama patah, dan kapal mengapung menuju Gunung Everest. Jackson dan Noah berusaha memperbaiki roda kapal dan gerbang pun tertutup. Mesin dinyalakan kembali untuk menghindari tabrakan dengan gunung. Kapal menabrak Gunung Everest, tapi mengalami sedikit kerusakan. Ketika banjir menyurut, kapten kapal memutuskan Tanjung Harapan Baik di Afrika Selatan sebagai tanah baru yang cocok bagi korban selamat. Pada saat itu, tanggal menunjukkan 27 Januari 0001, sebagai awalan umat manusia untuk memulai kehidupan yang baru.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sutradara Roland Emmerich dan komposer-produser Harald Kloser menulis naskah spekulatif berjudul 2012 studio-studio besar bulan Februari 2008. Hampir semua studio bertemu dengan Emmerich dan perwakilannya untuk mendengar perkiraan biaya sutradara dan alur ceritanya, sebuah proses yang pernah dijalani sutradara itu melalui film Independence Day (1996) dan The Day After Tomorrow (2004).[3] Film ini menganggarkan biaya $260 juta.[1] Pada bulan itu, Sony Pictures Entertainment memenangkan hak untuk naskah spekulatif itu, berencana mendistribusikannya di bawah Columbia Pictures.[4] Studio ini berencana membuat film ini kurang dari biaya perkiraan.[5]

Pemfilman dijadwalkan dimulai di Los Angeles, California, bulan Juli 2008,[2] tapi kemudian pindah ke Vancouver bulan Agustus 2008 dan selesai Januari 2009.[6] Karena pemogokan Screen Actors Guild 2008, pembuat film membuat rencana cadangan untuk meneruskan film ini.[7] Uncharted Territory, Digital Domain, Double Negative, Scanline, Sony Pictures Imageworks dan lainnya diiikutkan untuk membuat efek visual untuk 2012.[8] Thomas Wander membuat musik bersama Harald Kloser.

Meskipun film ini memperlihatkan kehancuran sejumlah bangunan budaya dan bersejarah terkenal di seluruh dunia, Emmerich mengatakan bahwa Kabah juga dipertimbangkan untuk dihancurkan. Kloser tidak ingin memasukkan Makkah, dengan alasan ia tak ingin sebuah fatwa dikeluarkan untuknya.[9]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Musik asli untuk film ini digubah oleh Harald Kloser dan Thomas Wander. Penyanyi Adam Lambert dari American Idol menyumbang lagu untuk film ini yang berjudul "Time for Miracles" dan mengekspresikan rasa terima kasihnya untuk kesempatan wawancara dengan MTV.[17] Musik film ini terdiri dari 24 track, yang juga termasuk lagu "Fades Like a Photograph" oleh Filter dan lagu lain berjudul "It's Not The End of The World", dikarang oleh Kloser dan Wander.[18]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Tanggal 12 November 2008, studio ini merilis trailer teaser pertama untuk 2012 yang memperlihatkan tsunami menerpa Himalaya dan memunculkan pesan ilmiah yang menyatakan bahwa dunia akan berakhir pada 2012, dan bahwa pemerintah dunia tidak mempersiapkan penduduknya untuk peristiwa ini. Trailer berakhir dengan pesan pada pembaca untuk "find out the truth" (cari kebenaran) dengan mencari "2012" menggunakan mesin pencari. The Guardian mengkritik keefektifan pemasaran sebagai "cacat dalam" dan menghubungkannya dengan "situs web yang tidak lagi membuat klaim tentang 2012".[19]

Studio ini juga meluncurkan situs web pemasaran viral yang dioperasikan oleh Institute for Human Continuity yang dibuat-buat, di mana pemburu film bisa mendaftar untuk nomor undian untuk menjadi bagian dari penduduk yang akan diselamatkan dari kehancuran global.[20] David Morrison dari NASA telah menerima lebih dari 1000 pertanyaan dari orang-orang yang mengira situs web tersebut asli dan mengutuknya dan berkata "Aku juga punya kasus remaja menulis padaku dan mengakatan mereka hendak bunuh diri karena mereka tidak ingin melihat dunia berakhir. Kupikir ketika kau berbohong di Internet dan menakut-nakuti anak-anak untuk menghasilkan uang, secara etis itu salah."[21] Situs web pemasaran viral lainnya mempromosikan Farewell Atlantis, sebuah novel fiksi yang dibuat oleh pemain protagonis utama film ini, mengenai kejadian 2012.[22]

Comcast juga telah mengadakan "kampanye tutup jalan" untuk mempromosikan film ini, di mana adegan dua menit dari film ini disiarkan di 450 jaringan televisi komersial Amerika Serikat, stasiun lokal berbahasa Ingris dan Spanyol, dan 89 penyalur televisi kabel dalam siaran 10 menit antara 10:50 malam EDT/PDT dan 11:00 malam EDT/PDT tanggal 1 Oktober 2009.[23] Adegan ini memperlihatkan kehancuran Los Angeles dan berakhir dengan cliffhanger (istilah perfilman), dengan seluruh klip lima menit 28 detik tersedia di situs web Fancast milik Comcast. Surat kabar dagang Variety memperkirakan bahwa, "Siaran ini akan ditayangkan di depan 90% semua rumah yang menonton TV beriklan, atau hampir 110 juta penonton. Bila digabungkan dengan aliran online dan mobile, dapat meningkat lebih dari 140 juta penonton".[23] Sony juga berencana meniru promosi ini di daerah lain.[23]

Rilis[sunting | sunting sumber]

2012 awalnya dijadwalkan dirilis tanggal 10 Juli 2009. Tanggal rilisnya dipindahkan ke 12 November 2009 (13 Nov di AS) untuk keluar dari jadwal musim panas sibuk menjadi bingkai waktu yang studio ini anggap memiliki potensi kesuksesan finansial. Menurut studio, film ini akan selesai untuk tanggal rilis musim panas, tapi perubahan tanggal akan memberikan waktu lebih panjang untuk produksi.[24] Film ini dirilis pada 11 November 2009.[25][26] Dirilis hari Jumat tanggal 13 November 2009 di Kanada dan Amerika Serikat, dan 21 November 2009 di Jepang.[27] Rilis besar dilakukan di India pada 13 November 2009. Di Britania Raya, sejumlah teater, seperti Vue Cinemas Islington, memiliki jadwal pemutaran pada pukul 8:12 malam (20:12) yang bersamaan dengan judul film.[28]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film 2012 saat ini memegang nilai 34% di Rotten Tomatoes berdasarkan 5 review, menyebut berbagai kesalahan ilmiah, naskah yang terkesan malas dan ketergantungan besar pada visual CG. Pada bagian 'critics' di atas, nilainya 22%. [29] Sebagai perbandingan, film ini juga memiliki nilai 'campuran' 56 di Metacritic, berdasarkan 7 review.[30]

Roger Ebert sangat antusias terhadap film ini, memberikannya 3.5 dari 4 bintang, mengatakan film ini "memberikan apa yang dijanjikan, sejak tak ada orang yang akan membeli tiket yang mengharapkan sesuatu yang lain, film ini, bagi para penontonnya, adalah salah satu film paling memuaskan tahun ini."

Kemunculan televisi[sunting | sunting sumber]

Berbicara pada Entertainment Weekly, Emmerich membenarkan bahwa serial televisi yang berdasarkan film ini sedang dibuat. Serial ini akan digunakan sebagai sekuel film dan direncanakan bercerita tentang sekumpulan korban selamat pada tahun 2013.[31]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Danny Glover was nominated for an NAACP Image Award for his role in the film.[32]
Penghargaan Kategori Penerima Hasil
Broadcast Film Critics Association Awards[33] Best Visual Effects Volker Engel, Marc Weigert, Mike Vézina Nominasi
NAACP Image Award[32] Outstanding Supporting Actor in a Motion Picture Chiwetel Ejiofor Nominasi
Outstanding Supporting Actor in a Motion Picture Danny Glover Nominasi
Motion Picture Sound Editors[34] Best Sound Editing – Music in a Feature Film Fernand Bos, Ronald J. Webb Nominasi
Best Sound Editing – Sound Effects and Foley in a Feature Film Fernand Bos, Ronald J. Webb Nominasi
Satellite Awards[35] Best Sound (Mixing and Editing) Paul N.J. Ottosson, Michael McGee, Rick Kline, Jeffrey J. Haboush, Michael Keller Menang
Best Visual Effects Volker Engel, Marc Weigert, Mike Vézina Menang
Best Art Direction and Production Design Barry Chusid, Elizabeth Wilcox Nominasi
Best Film Editing David Brenner, Peter S. Elliot Nominasi
Saturn Awards[36] Best Action/Adventure/Thriller Film 2012 Nominasi
Best Special Effects Volker Engel, Marc Weigert, Mike Vézina Nominasi

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b http://www.imdb.com/title/tt1190080/business
  2. ^ a b Siegel, Tatiana (May 19, 2008). "John Cusack set for 2012". Variety. Diakses July 14, 2008. 
  3. ^ Fleming, Michael (February 19, 2008). "Studios vie for Emmerich's 2012". Variety. Diakses July 14, 2008. 
  4. ^ Fleming, Michael (February 21, 2008). "Sony buys Emmerich's 2012". Variety. Diakses July 14, 2008. 
  5. ^ a b c d Simmons, Leslie; Borys Kit (June 2, 2008). "Danny Glover circles 2012". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2008-06-03. Diakses July 14, 2008. 
  6. ^ a b Frater, Patrick (July 9, 2008). "Chin Han makes date with 2012". Variety. Diakses July 14, 2008. 
  7. ^ "Big Hollywood films shooting despite strike threat". Reuters. August 1, 2008. Diakses August 5, 2008. 
  8. ^ Giardina, Carolyn (August 13, 2008). "SPI's future includes 2012". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2008-09-08. Diakses August 13, 2008. 
  9. ^ {{cite web|url=http://movies.yahoo.com/feature/movie-talk-roland-emmerich-fatwa.html
  10. ^ Foywonder, The (October 02, 2009). "Five Hilariously Disaster-ffic Minutes of 2012". Dred Central. Diakses October 02, 2009. 
  11. ^ Simmons, Leslie; Borys Kit (June 13, 2008). "Amanda Peet is 2012 lead". The Hollywood Reporter. Diakses July 14, 2008. 
  12. ^ "Morgan Lily". Variety. August 3, 2008. Diakses October 29, 2008. 
  13. ^ Kit, Borys (July 1, 2008). "Thomas McCarthy joins 2012". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2008-07-03. Diakses July 14, 2008. 
  14. ^ Simmons, Leslie (May 19, 2008). "John Cusack ponders disaster flick". The Hollywood Reporter. Diakses July 14, 2008. 
  15. ^ Rich, Katey (15 July 2008). "Woody Harrelson Trying To Survive Armageddon". Cinema Blend. Diakses 2009-02-03. 
  16. ^ Adler, Shawn (July 14, 2008). "EXCLUSIVE: Woody Harrelson Joins Roland Emmerich’s World-Ending 2012". MTV Movies Blog (MTV). Diakses July 14, 2008. 
  17. ^ http://www.mtv.com/movies/news/articles/1625467/story.jhtml
  18. ^ http://www.amazon.com/2012-Soundtrack-Various/dp/B002R55IDU
  19. ^ Pickard, Anna (November 25, 2008). "2012: a cautionary tale about marketing". The Guardian. Diakses December 10, 2008. 
  20. ^ Billington, Alex (November 15, 2008). "Roland Emmerich's 2012 Viral - Institute for Human Continuity". FirstShowing.net. Diakses December 10, 2008. 
  21. ^ Connor, Steve (17 October 2009). "Relax, the end isn't nigh". The Independent. Diakses 2009-10-20. 
  22. ^ http://farewellatlantis.com/
  23. ^ a b c Graser, Mark (September 23, 2009). "Sony readies 'roadblock' for 2012". Variety. Diakses 2009-09-29. 
  24. ^ DiOrio, Carl (January 20, 2009). 2012 release date pushed back. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2009-01-24. Diakses January 20, 2009.  Text " journal[[The Hollywood Reporter]] " ignored (help)
  25. ^ "What Would You Take With You in 2012". 2012preservationlist.net. Diakses 2009-11-12. 
  26. ^ "2012 (2009) - Release dates". IMDB.com. Diakses 2009-11-10. 
  27. ^ "2012 Worldwide Release Dates". sonypictures.com. Diakses 2009-11-12. 
  28. ^ http://www.myvue.com/cinemas/film_info_detail.asp?SessionID=&cn=1&ci=31&ln=1&fi=9537
  29. ^ "2012". Rotten Tomatoes. Diakses November 11, 2009. 
  30. ^ "2012". Metacritic. Diakses November 11, 2009. 
  31. ^ http://hollywoodinsider.ew.com/2009/11/04/2012-tv-planned/
  32. ^ a b "The 41st NAACP Image Awards". NAACP Image Award. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 18 July 2011. Diakses June 30, 2011. 
  33. ^ "The 15th Annual Critics Choice Movie Awards". Broadcast Film Critics Association Awards. Diakses June 30, 2011. 
  34. ^ "2010 Golden Reel Award Nominees: Feature Films". Motion Picture Sound Editors. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 16 July 2011. Diakses June 30, 2011. 
  35. ^ "Satellite Awards Announce 2009 Nominations". Filmmisery.com. November 29, 2009. Diakses June 30, 2011. 
  36. ^ Miller, Ross (February 19, 2010). "Avatar Leads 2010 Saturn Awards Nominations". Screenrant.com. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 3 July 2011. Diakses June 30, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]