Universal Soldier (film 1992)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universal Soldier
Poster rilis teatrikal
SutradaraRoland Emmerich
ProduserMario Kassar[1]
Allen Shapiro
Ditulis olehRichard Rothstein
Christopher Leitch
Dean Devlin
PemeranJean-Claude Van Damme
Dolph Lundgren
Ally Walker
Ed O'Ross
Jerry Orbach
Penata musikChristopher Franke
SinematograferKarl Walter Lindenlaub
PenyuntingMichael J. Duthie
Perusahaan
produksi
DistributorTriStar Pictures
Tanggal rilis
  • 10 Juli 1992 (1992-07-10)
Durasi103 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$23 juta
Pendapatan
kotor
Domestik:
$36,299,898[2]

Universal Soldier adalah sebuah film aksi fiksi ilmiah militer Amerika tahun 1992 yang disutradarai oleh Roland Emmerich, diproduksi oleh Allen Shapiro, Craig Baumgarten, dan Joel B. Michaels, dan ditulis oleh Richard Rothstein, Christopher Leitch, dan Dean Devlin. Film ini bercerita tentang Luc Deveraux, diperankan oleh Jean-Claude Van Damme, mantan tentara Angkatan Darat AS yang terbunuh dalam Perang Vietnam pada tahun 1969, dan hidup kembali setelah proyek militer rahasia yang disebut program "Universal Soldier". Namun, dia mengetahui tentang masa lalunya, meskipun ingatannya telah terhapus, dan melarikan diri bersama seorang jurnalis TV muda (Ally Walker). Sepanjang perjalanan, mereka harus menghadapi kembalinya musuh bebuyutannya, Sersan. Andrew Scott Dolph Lundgren), yang kehilangan kewarasannya dalam Perang Vietnam, dan menjadi megalomaniak psikotik, berniat membunuhnya dan memimpin Universal Soldier.

Universal Soldier dirilis oleh TriStar Pictures di tanggal 10 Juli 1992. Film ini mendapat rating persetujuan 35% di Rotten Tomatoes dan meraup $95 juta di seluruh dunia dibandingkan anggarannya sebesar $23 juta dan menghasilkan serangkaian film: sekuel teatrikal Universal Soldier : The Return, sekuel alternatif langsung ke video Universal Soldier: Regeneration, film langsung ke video mandiri Universal Soldier: Day of Reckoning, dan dua film langsung ke TV, Universal Soldier II: Brothers in Arms dan Universal Soldier III : Unfinished Business.

Itu adalah film pertama yang berkolaborasi di layar antara Van Damme dan Lundgren dalam serial film tersebut, yang keduanya kemudian bekerja sama dalam The Expendables 2 dan Black Water, dan peran suara mereka dalam Minions : The Rise of Gru.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1969, tim Angkatan Darat AS mengamankan sebuah desa dari pasukan Vietnam Utara. Luc Deveraux menemukan anggota pasukannya dan penduduk desa dibunuh. Sersan Deveraux, Andrew Scott, menjadi gila, membuat kalung dari telinga yang terpenggal, dan menyandera pasangan muda. Deveraux mencoba berunding dengan Scott, yang mengeksekusi pria tersebut dan memerintahkan Deveraux untuk menembak gadis itu untuk membuktikan kesetiaannya. Deveraux menolak, dan Scott membunuh gadis itu dengan granat. Setelah saling menembak sampai mati, mayat Deveraux dan Scott ditemukan oleh pasukan kedua dan dibekukan secara kriogenik, hilangnya mereka diklasifikasikan sebagai "hilang dalam aksi".

Mayat Deveraux dan Scott, bersama yang lainnya, dihidupkan kembali beberapa dekade kemudian dan dipilih untuk program "Universal Soldier" ( UniSol ), sebuah unit elit kontra-terorisme. Mereka diberi serum syaraf untuk menjaga pikiran mereka tetap rentan dan ingatan masa lalu mereka ditekan. Kelompok mereka dikerahkan ke Bendungan Hoover untuk menyelesaikan situasi penyanderaan. Tim ini menunjukkan pelatihan superior dan kemampuan fisiknya melawan teroris, seperti ketika UniSol GR76 tahan terhadap tembakan senapan jarak dekat. Deveraux mendapatkan kembali kenangan dari kehidupan sebelumnya setelah melihat 2 sandera yang mirip dengan penduduk desa Vietnam. Deveraux tidak mematuhi perintah dari tim kontrol dan menjadi tidak responsif.

Di pusat komando bergerak, UniSol diturunkan menjadi tentara yang ditambah secara genetik dengan kemampuan penyembuhan diri yang ditingkatkan dan kekuatan yang unggul, namun mereka terlalu panas dan mati. Karena kesalahan tersebut, Woodward, salah satu teknisi di proyek tersebut, menyarankan untuk menyingkirkan Deveraux dari tim, namun komandan UniSol Kolonel Perry menolak. Jurnalis TV Veronica Roberts, yang dipecat saat meliput insiden Bendungan Hoover, mencoba mendapatkan cerita tentang proyek UniSol untuk mendapatkan kembali pekerjaannya. Roberts menyelinap ke pangkalan dengan juru kamera, menemukan GR76 terbenam dalam es, masih hidup meskipun biasanya mengalami luka fatal.

Ketika Roberts ditemukan, Deveraux dan Scott diperintahkan untuk menangkapnya hidup atau mati. Dia melarikan diri ke mobil juru kameranya, tapi mereka jatuh. Scott dengan dingin membunuh juru kamera tanpa perintah. Deveraux menyelamatkan Roberts, dan mereka melarikan diri dengan kendaraan UniSol. Untuk melindungi program tersebut, Kolonel Perry mengirimkan UniSol yang tersisa untuk mencari Deveraux dan Roberts.

Deveraux dan Roberts melarikan diri ke sebuah motel, dimana Roberts menemukan dia telah dijebak atas pembunuhan juru kameranya. Deveraux pingsan karena kepanasan dan harus mandi es. UniSols menghancurkan motel sepenuhnya, tetapi Deveraux dan Roberts bersembunyi di tempat tidur sampai mereka pergi. Pasangan itu melarikan diri dengan mobil curian ke pompa bensin, dimana Deveraux menyuruh Roberts melepaskan alat pelacak dari kakinya. Mereka memasang jebakan dan ketika UniSol tiba, pompa bensin tersebut meledak. Kolonel Perry diperintahkan untuk menghentikan misinya, tetapi kegilaan Scott kembali, dan dia membunuh Perry dan semuanya kecuali 2 dokter. Deveraux dan Roberts menyelinap ke bus pusat komando dan mencuri dokumen UniSol. Scott memerintahkan tim UniSol yang patuh dan patuh untuk membunuh Deveraux dan Roberts.

Menggunakan informasi dari dokumen yang dicuri, Roberts menghubungi Dr. Christopher Gregor. Gregor memberi tahu mereka bahwa proyek UniSol dimulai di tahun 1960-an untuk mengembangkan prajurit yang sempurna. Meskipun mereka mampu menghidupkan kembali manusia yang mati, mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan pendinginan. Masalah besar lainnya adalah ingatan akan momen-momen terakhir kehidupan menjadi semakin kuat; Scott yakin dia masih berada di Vietnam melawan pemberontak. Ketika Deveraux dan Roberts meninggalkan rumah dokter, polisi menangkap mereka. Scott dan GR76 menyergap konvoi polisi. Setelah pengejaran, bus polisi dan truk UniSol keduanya meluncur dari tebing dan meledak, menewaskan GR76. Deveraux dan Roberts pergi ke pertanian keluarga Deveraux di Louisiana.

Setelah Deveraux bertemu kembali dengan orangtuanya, Scott muncul dan menyandera keluarga dan Roberts. Penggunaan penambah otot oleh Scott memungkinkan dia mengalahkan Deveraux tanpa ampun. Roberts lolos, hanya untuk dibunuh oleh granat yang dilemparkan oleh Scott. Deveraux mengambil penambah otot yang digunakan Scott dan menyuntikkan dirinya sendiri. Sekarang seimbang, Deveraux menusuk Scott pada paku pemanen jerami dan mengaktifkannya, mencabik-cabik Scott hingga berkeping-keping. Roberts, yang selamat dari ledakan tersebut, memeluk Deveraux, yang kemudian memberitahunya bahwa Scott ada "ada".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Di bulan Februari 1990, Andrew Davis dipekerjakan untuk mengarahkan, dan dia juga berkontribusi pada skenario. Ia kemudian digantikan oleh Roland Emmerich, yang membawa rekan kreatifnya Dean Devlin untuk menulis ulang aspek naskahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jean-Claude Van Damme". A.V. Club. Diakses tanggal 2011-03-22. 
  2. ^ "Universal Soldier Box Office". boxofficemojo.com. Retrieved 2012-11-12.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]