Zat Hara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Zat hara adalah bermacam-macam mineral yang terdapat di dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Zat hara juga merupakan sari makanan dalam bentuk cair. Mineral tersebut dalam bentuk cair yang dapat diserap oleh akar untuk disalurkan ke zat hijau daun.

Mineral yang dibutuhkan[sunting | sunting sumber]

Mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan terdiri atas Nitrogen (N), Belerang (S), Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), dan Magnesium (Mg).

Selain enam jenis mineral di atas, tumbuhan masih membutuhkan mineral lain untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Mineral lain yang dibutuhkan antara lain terdiri atas Molibdenum (Mo), Tembaga (Cu), Mangan (Mn), Seng (Zn), Besi (Fe), Kobalt (Co), Boron (B), dan Klor (Cl).

Jika dihitung, tumbuhan membutuhkan 14 jenis mineral untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Ke 14 jenis mineral itu diolah bersama-sama karbon dioksida (CO2) dan sinar matahari dalam proses fotosintesis. Apabila salah satu jenis mineral di atas tidak terpenuhi, maka tumbuhan tidak dapat tumbuh dengan baik.