Lompat ke isi

Yudie oktav

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yudie Oktav adalah seorang wartawan, penulis, dan sutradara asal Indonesia. Yudie mengawali karier sebagai wartawan di tabloid olahraga BOLA sejak 1996. Dalam perjalanannya sebagai wartawan olahraga, Yudie banyak meliput event olahraga internasional seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions, dan berbagai liga sepakbola dunia termasuk Premier League, Serie A, La Liga, Bundesliga, dll.

Selama bertugas sebagai wartawan olahraga, Yudie juga banyak mewawancara pemain-pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo, Francesco Totti, Andrii Shevchenko, Alessandro Del Piero, Gianluigi Buffon, dll. Selain itu Yudie juga sempat menjalani profesi komentator sepakbola dunia terutama untuk Premier League, Serie A, dan berbagai sepakbola dunia banyak stasiun televisi seperti LATIVI, TVONE, RCTI, INDOSIAR, TV7, TRANS7, TRANS TV, dll.

Selain membuat berita-berita olahraga, Yudie banyak menulis analisa dan opini yang sangat tajam termasuk kritikan-kritikan pada organisasi olahraga terutama PSSI. Tulisan-tulisan tajam Yudie membuatnya sempat mendapat penghargaan sebagai finalis pada kategori olahraga dari Anugerah Adiwarta Indonesia pada 2006 dan 2010.

Pada 2012 Yudie mendirikan media digital Sportsatu bersama pemain sepakbola ternama Bambang Pamungkas, presenter olahreaga Darius Sinathrya, dan agen atlet Muly Munial. Sportsatu sempat menjadi primadona di media olahraga digital karena para pendirinya yang sangat ekspert di dunia olahraga, tetapi sayangnya Sportsatu hanya bertahan selama lima tahun dan memilih untuk menutup diri pada 2018.

Selanjutnya Yudie mendirikan Sportsmagz TV, media olahraga yang lebih fokus ke konten olahraga di Youtube. Pada 2019, Yudie bergabung dengan Mola TV untuk menangani program di TV digital tersebut, tetapi hanya bertahan satu tahun karena Yudie memilih untuk menyelesaikan film yang digarapnya Rio The Survivor.


Penulis Buku

Selain aktif di dunia olahraga, Yudie juga aktif di dunia sosial. Ia kerap menginisiasi pergerakan kepedulian pada orang-orang yang hidup dengan HIV/AIDS. Salah satunya adalah buku Syair Untuk Sahabat yang ditulis Yudie dan diterbitkan pada 2009 merupakan tulisan dari kisah-kisah orang yang hidup dengan HIV dan AIDS yang mengalami persekusi dan diskriminasi.

Berawal dari buku tersebut lahirlah lagu berjudul Syair Untuk Sahabat yang diaransemen oleh Ian Antono dan dibawakan oleh band God Bless, sedangkan liriknya dibuat oleh Yudie. Nama Syair Untuk Sahabat juga kemudian dijadikan nama sebuah yayasan yakni Yayasan Syair Untuk Sahabat atau yang lebih dikenal dengan nama Syair.org yang bergerak pada kampanye dan kepedulian terhadap isu HIV dan AIDS.

Bersama Bambang Pamungkas, Yudie menerbitkan buku yang sangat laris Ketika Jemari Menari. Buku yang diterbitkan pada 2011 tersebut merupakan tulisan-tulisan Bambang Pamungkas yang dirangkum dan diedit oleh Yudie. Menariknya semua keuntungan dari penjualan buku tersebut disumbangkan kepada Syair.org. Dua tahun kemudian, Yudie dan Bambang menerbitklan buku kedua berjudul PRIDE. Seluruh keuntungan dari penjualan buku PRIDE juga disumbangkan kepada Syair.org.

Yudie bersama Syair.org memang menjadi vionir dalam pergerakan kepedulian pada dunia sosial terutama isu HIV/AIDS melalui karya kreatif termasuk musik, fotografi, lukisan, desain, film, dll.

Sutradara Film

Perjalanan karier Yudie yang banyak bersinggungan dengan karya dokumenter dan dunia kreatif, mengantarnya untuk menulis skenario sekaligus menjadi sutradara film Rio The Survivor. Film yang diangkat dari kisah nyata tentang perjuangan anak yang hidup dengan HIV/AIDS untuk mendapatkan hak hidup dan pendidikan itu mendapat banyak apreasiasi dari berbagai festival film di luar negeri. Total ada 24 penghargaan termasuk Best Film di London Independent Film Awards, Istanbul Film Festival, Stockholm City Film Festival, Uruvatti International Film Festival, Five Continents International Film Festival, serta Best Director untuk Yudie Oktav, di London Independent Film Awards, Uruvatti International Film Festival, dan Five Continents International Film Festival.


Karier Jurnalis

1997-2004 Journalist of International Football, BOLA Sports Newspaper

2004-2008 Editor of International Football, BOLA Sports Newspaper

2008-2011 Assistant of Managing Editor, BOLA Sports Newspaper

2011-2013 Managing Editor Bolanews.com

2013-2018 Managing Director Sportsatu

2019-2020 Program Director Mola TV

2013- CEO Citkart Production

2020- Managing Director Sportsmagz


Pengalaman Jurnalistik World Cup 2002 Euro 2004 Final Champions League 2006 Final Champions League 2007 Semifinal Champions League 1999 Final FA Cup 2007 Community Shield 2007 Confederation Cup 2009 Drawing Euro 2012 Premier League, FA Cup, Serie A, La Liga, Bundesliga, Liga Prancis, Liga Belanda, Liga Champion, F1, Motogp, dll.

Interview Francesco Totti, Andriy Shevchenko, Alessandro Del Piero, Cristiano Ronaldo, Gianluigi Buffon, Frank Lampard, John Terry, Didier Drogba, Steven Gerrard, Rio Ferdinand, Fernando Torres, Lothar Matthaeus, Nicolas Anelka, Steve McManaman, Alessandro Nesta, Rui Costa, etc.

Filmografi Rio The Survivor

Aktivitas Lain Pendiri Yayasan Syair Untuk Sahabat Foundation (Syair.org)

Penulis dan Editor Buku: Bepe20 Ketika Jemari Menari dan PRIDE (Bambang Pamungkas), Syair Untuk Sahabat, Glory United (Man. United), dll.

Penghargaan Jurnalistik Anugerah Adiwarta Indonesia 2006 (Final), Sports Category Anugerah Adiwarta Indonesia 2010 (Final), Sports Category

Film Daftar Penghargaan Rio The Survivor 1. Best Film di London Independent Film Awards, Inggris

2. Best Film di Best Istanbul Film Festival, Turki

3. Best Film di Stockholm City Film Festival, Swedia

4. Best Film di Uruvatti International Film Festival, India

5. Best Film di Five Continents International Film Festival, Venezuela

6. Honorable Award Best Film di Florence Film Awards, Italia

7. Best Director, Yudie Oktav, di London Independent Film Awards, Inggris

8. Best Director, Yudie Oktav, di Uruvatti International Film Festival, India

9. Best Director, Yudie Oktav, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

10. Best Script Writer, Yudie Oktav, di Uruvatti International Film Festival, India

11. Best Screenplay, Yudie Oktav, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

12. Best Actor, Raditya Evandra, di Eastern Europe Film Festival, Romania

13. Best Actor, Raditya Evandra, di Stockholm City Film Festival, Swedia

14. Best Actor, Raditya Evandra, di Uruvatti International Film Festival, India

15. Best Young Actor, Raditya Evandra, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

16. Best Supporting Actress: Sri Widayati, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

17. Special Mention Original Score: Ridho Hafiedz, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

18. Best Production, Yudie Oktav & Moh. Unggul, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

19. Best Sound Design, H. Maman, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

Finalis dan Nominasi

20. Best Film di Eastern Europe Film Festival, Rumania

21. Best Film di Barcelona Indie Filmmakers Festival, Spanyol

22. Best Film di Rome Independent Prisma Awards, Italia

23. Best Film di Durban International Film Festival, Afrika Selatan

24. Best Director di Best Film Awards, London, Inggris