Yo-Yo Ma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Yo-Yo Ma
Yo-Yo Ma.jpg
Latar belakang
Asal Paris, Perancis
Genre Klasik
Pekerjaan Cellis, Komponis
Instrumen Piano, Viola, Biola, Cello
Label Sony Classical
Artis terkait Silk Road Ensemble
Situs web www.yo-yoma.com
Instrumen khusus
Cello Stradivarius Davydov 1712
Cello Montagnana 1733
Cello Serat Karbon Luis and Clark

Yo-Yo Ma (Hanzi tradisional: 馬友友; bahasa Tionghoa: 马友友; Pinyin: Mǎ Yǒuyǒu) (lahir 7 Oktober 1955; umur 62 tahun) adalah seorang cellis Tionghoa-Amerika, yang dianggap sebagai salah satu pemain cello terbaik di dunia.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Ma dilahirkan di Paris dan kedua orangtuanya berasal dari Tiongkok. Ia dibesarkan dalam lingkungan pemusik. Ibunya, Marina Lu, adalah seorang penyanyi, dan ayahnya, Hiao-Tsiun Ma, seorang dirigen serta komponis. Keluarganya pindah ke New York ketika Yo-Yo berusia 7 tahun.

Ma mulai belajar bermain biola, dan belakangan viola, namun kemudian beralih ke cello pada 1960 pada usia 4 tahun. Anak ajaib ini mulai tampil di depan umum pada usia 5 dan 8 tahun. Ia tampil dalam televisi Amerika dalam sebuah konser yang dipimpin oleh Leonard Bernstein. Pada usia 15 tahun Ma sudah lulus dari SMA dan tampil sebagai pemain solo dengan Orkestra Harvard Radcliffe dalam sebuah pertunjukan karya Tchaikovsky: Rococo Variations.

Ma belajar di Sekolah Musik Juilliard, dan belajar di Universitas Columbia, dan kemudian di Universitas Harvard, namun ia mulai mempertanyakan apakah ia akan melanjutkan studinya hingga pada tahun 1970-an, ia tergugah oleh pertunjukan Pablo Casals.

Namun, bahkan sebelum waktu itu, ia semakin terkenal, dan pernah bermain dengan kebanyakan dari orkestra besar dunia. Rekaman dan penampilannya dalam Johann Sebastian Bach: Cello Suites mendapat pujian khusus. Ma juga banyak bermain dalam musik kamar - seringkali dengan pianis Emanuel Ax, yang telah dikenalnya dan menjadi sahabat dekatnya sejak masa belajar mereka bersama-sama di Juilliard di New York.

Kehidupan sekarang dan karier[sunting | sunting sumber]

Ma dengan Condoleezza Rice setelah tampil dalam sebuah duet.

Ma menikah dengan pacar lamanya, Jill Hornor, seorang pemain violinis, pada 1977 dan memperoleh dua orang anak, Nicholas dan Emily. Kakak perempuan Ma, Yeou-Cheng Ma , juga dilahirkan di Paris, juga seorang pemain biola. Ia menikah dengan Michael Dadap, seorang pemain gitar dari New York. Bersama-sama mereka menyelenggarakan Children's Orchestra Society (Masyarakat Orkestra Anak-anak - COS) di Long Island, New York.

Ma saat ini bermain dengan Silk Road Ensemble, yang bertujuan untuk mempersatukan para musikus dari berbagai negara yang secara historis semuanya terjalin lewat Jalur Sutera, dan merekam dengan label Sony Classical.[1]

Instrumen penampilan utama Ma adalah cello Domenico Montagnana tahun 1733 yang dibuat di Venezia. Cello seharga AS$2,5 juta, yang berumur 300 tahun, dijuluki Petunia, pernah hilang setelah Ma meninggalkan alat musik ini di sebuah taksi di New York City.[2] Cello ini kemudian ditemukan kembali, tanpa kerusakan sedikitpun. Cello-cello Ma lainnya, Davidov Stradivarius, sebelumnya dimiliki oleh Jacqueline du Pré yang mewariskannya kepadanya setelah kematiannya.[butuh rujukan] Meskipun sebelumnya Du Pré menyatakan frustrasinya dengan cello ini yang dianggapnya “tidak dapat diduga”, Ma menghubungkan komentarnya dengan gaya bermain du Pré's yang terlalu bersemangat. Ia menambahkan bahwa cello Stradivarius itu harus “dibujuk” oleh si pemainnya.[butuh rujukan] Hingga belakangan ini alat musik ini dimainkan dalam gaya Barok, karena Ma hanya menggunakannya untuk musik Barok. Ia juga memiliki sebuah cello yang terbuat dari serat karbon, buatan perusahaan Luis and Clark dari Boston.[3]

Gaya bermain[sunting | sunting sumber]

Gaya bermain Ma disebut oleh para kritiknya “omnivora”, dan memiliki repertoire yang lebih terpilih daripada umumnya para musikus klasik.[4] Sebuah contoh tentang kelincahannya selain sejumlah besar rekamannya untuk repertoire klasik standar mencakup rekaman-rekamannya untuk karya-karya Barok yang menggunakan instrumen-instrumen dari periode tertentu, musik bluegrass Amerika, melodi Tiongkok tradisional termasuk musik ilustrasi dalam film Crouching Tiger Hidden Dragon; musik tango karya komponis Argentina Ástor Piazzolla; serta musik modern minimalis Philip Glass dalam karya-karya seperti Naqoyqatsi (2002). Pada 2006, rekaman musik dari film Memoirs of a Geisha (2005).

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Ma pernah muncul dalam sebuah episode seri film animasi anak-anak, Arthur, serta The West Wing, Sesame Street dan Mister Rogers' Neighborhood. Ia juga pernah membawakan visualisasi untuk rekamannya Bach: Six Suites for Unaccompanied Cello.

Ma juga pernah tampil bersama CEO Steve Jobs dari Apple Computer dan Pixar. Ia seringkali diundang ke acara-acara pers untuk perusahaan-perusahaan Jobs, dan pernah tampil di panggung dalam berbagai acara presentasi penting.

Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mengangkat Ma sebagai Duta besar Perdamaian pada Januari 2006.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan penghormatan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Grammy untuk Penampilan Musik Kamar Terbaik:

Penghargaan Grammy untuk Penampilan Solois Instrumental Terbaik (dengan orkestra):

Penghargaan Grammy untuk Penampilan Solois Instrumental Terbaik (tanpa orkestra):

  • Yo-Yo Ma untuk Bach: The Unaccompanied Cello Suites (1985)

Penghargaan Grammy untuk Komposisi Klasik Kontemporer:

Penghargaan Grammy untuk Album Klasik Terbaik:

Penghargaan Grammy untuk Best Classical Crossover Album:

Lainnya:

Rujukan dalam media[sunting | sunting sumber]

Dalam sitkom TV Seinfeld, tokoh Cosmo Kramer mengatakan Yo-Yo Ma beberapa k ali dalam episode "The Pitch/The Ticket" (episode 3 dan 4 dari musim ke-4) setelah kepalanya ditentang.

Ma juga tampil sebagai tamu dalam seri animasi Arthur, meskipun D.W. terus menyebutnya "Yo Ma-Ma".

Ma tampil dalam West Wing episode "Noël". Di situ ia bermain dalam sebuah acara makan malam Natal di White House. Ia juga dirujuk dalam episode "Han".

Dalam film School of Rock, Ma dirujuk oleh Dewey Finn di meja guru. Ia mengatakan "Keponakan Yo-Yo Ma, Nepatiz dilik."

Dalam episode "University" dari The Sopranos, Silvio Dante menyatakan keyakinannya bahwa Yo-Yo adalah nama julukan Ma.

Dalam episode The Simpsons, "Missionary: Impossible", ketika Homer dikejar-kejar oleh PBS, Yo-Yo Ma terlihat di antara kerumunan dan kemudian menyerang Homer dengan cellonya.

Rap Jepang Sphere of Influence mempunyai sebuah lagu rap berjudul Yo! Yo! Ma. Di sini ditampilkan penyanyi rap Tionghoa-Amerika Jin.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Silk Road Project - About Us". The Silk Road Project. Diakses tanggal 15 Jan. 2007. 
  2. ^ Katherine E. Finkelstein (17 Oktober 1999). "In Concert, Searchers Retrieve Yo-Yo Ma's Lost Stradivarius [sic]". New York Times. Diakses tanggal 15 Jan. 2007. 
  3. ^ "Testimonials". Luis and Clark. Diakses tanggal 15 Jan. 2007. 
  4. ^ Andrew L. Pincus (20 Juni 2002). "Yo-Yo Ma: Exploring culture with passion and involvement". Berkshires Week. Diakses tanggal 15 Jan. 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]