Yan Liben

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Portret Yan Liben

Yan Liben (Tradisional: 閻立本; Pinyin: Yán Lìběn; Wade–Giles: Yen Li-pen) (sekitar 600-673), awalnya Baron Wenzhen dari Boling (博陵文貞男), adalh seorang pelukis dan pejabat pemerintahan China pada awal Dinasti Tang. Karya buatannya yang paling terkenal adalah Tiga Belas Gulungan Kaisar. Ia juga melukis Portret-Potret di Paviliun Lingyan, di bawah perintah Kaisar Taizong dari Tang, yang dibuat pada 643 untuk mengenang 24 kontributor terbesar pada masa pemerintahan Kaisar Taizong, serta 18 portret yang mengenang 18 sarjana besar yang melayani Kaisar Taizong ketika ia menjadi Pangeran Qin. Lukisan-lukisan Yan meliputi potret lukisan dari berbagai kaisar Tiongkok dari zaman Dinasti Han (202 SM-220 M) sampai Dinasti Sui (581-618). Karya-karyanya sangat dihargai oleh penulis Tang yakni Zhu Jingxuan dan Zhang Yanyuan, yang menyatakan bahwa lukisan-lukisannya adalah "salah satu karya paling mengagumkan sepanjang masa".[1]

Dari tahun 669 sampai 673, Yan Liben juga bertugas sebagai kanselir di bawah kepemimpinan putra Kaisar Taizong Kaisar Gaozong (memerintah pada 649-683).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fong (1984), 38.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Modern[sunting | sunting sumber]

  • Fong, Mary H. "Tang Tomb Murals Reviewed in the Light of Tang Texts on Painting," Artibus Asiae (Volume 45, Number 1, 1984): 35–72.

Kuno[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]