Wonka (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wonka
Poster rilis teatrikal
SutradaraPaul King
Produser
Skenario
CeritaPaul King
Berdasarkan
Karakter
oleh Roald Dahl
Pemeran
Penata musik
SinematograferChung-hoon Chung[a]
PenyuntingMark Everson
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 24 Oktober 2023 (2023-10-24) (ShowEast)
  • 6 Desember 2023 (2023-12-06) (Indonesia)
  • 8 Desember 2023 (2023-12-08) (Britania Raya)
  • 15 Desember 2023 (2023-12-15) (Amerika Serikat)
Durasi116 menit[3]
Negara
  • Britania Raya
  • Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$125 juta[4]
Pendapatan
kotor
$400.6 juta[5][6]

Wonka adalah film fantasi musikal tahun 2023 yang disutradarai oleh Paul King. King juga bertanggung jawab atas penulisan naskah bersama Simon Farnaby, berdasarkan cerita ciptaannya sendiri. Film ini mengisahkan tentang asal-usul Willy Wonka, karakter dari novel Charlie and the Chocolate Factory karya Roald Dahl yang terbit tahun 1964. Film ini menggambarkan masa awal Wonka sebagai pembuat chocolatier eksentrik.[7] Dikemas sebagai 'karya pendamping' bagi adaptasi film Willy Wonka & the Chocolate Factory, film ini menampilkan Timothée Chalamet sebagai pemeran utama. Ia didukung oleh Calah Lane dan pemeran terkenal lainnya seperti Keegan-Michael Key, Paterson Joseph, Matt Lucas, Mathew Baynton, Sally Hawkins, Rowan Atkinson, Jim Carter, Tom Davis, Olivia Colman dan Hugh Grant.

Proses pengembangan film dimulai setelah Warner Bros. Pictures, yang sebelumnya telah merilis adaptasi dari novel tahun 1964 pada 2005, mengakuisisi hak atas karakter Wonka pada Oktober 2016. Mereka mengumumkan bahwa film ini akan berfokus pada kisah asal-usul Wonka. Timothée Chalamet dikonfirmasi akan memerankan Wonka pada Mei 2021, dan para pemeran pendukung diumumkan pada September di tahun yang sama. Pengambilan gambar utama dimulai di Britania Raya pada September 2021. Lokasi pengambilan adegan meliputi Warner Bros. Studios, Leavesden, Watford, serta di Oxford, Lyme Regis, Bath, St Albans dan Rivoli Ballroom di Crofton Park, London. Lagu-lagu asli film ini disumbangkan oleh Neil Hannon, dengan musik asli karya Joby Talbot.

Wonka mengadakan pemutaran perdana di Royal Festival Hall, Southbank Centre, London, pada 28 November 2023. Film ini dirilis di Britania Rayapada 8 Desember dan di Amerika Serikat pada 15 Desember 2023 oleh Warner Bros. Pictures. Film ini secara umum mendapatkan ulasan positif dari para kritikus.

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Calon pesulap, penemu, dan Chocolatier Willy Wonka tiba dengan kapal di sebuah kota di Eropa yang tidak disebutkan namanya untuk mewujudkan mimpinya membuka toko cokelatnya di Galeries Gourmet. Dia memutuskan untuk tinggal di sebuah tempat pencucian yang dimiliki oleh Scrubbit yang licik dan anteknya, Bleacher. Meskipun ada peringatan untuk membaca Fine print dari Noodle, anak yatim piatu yang tinggal di rumah Scrubbit, yang buta huruf Wonka dengan sukarela menandatangani kontraknya, yang memaksanya untuk membayar biaya yang berlebihan selama dia tinggal. Wonka yang percaya diri pergi ke Galeries Gourmet untuk menjual "hoverchocs" miliknya yang membuat mereka yang memakannya bisa terbang. Tiga pembuat cokelat utama Galeries - Slugworth, Prodnose, dan Fickelgruber - mengejek cokelat Wonka dan menelepon Kepala Polisi untuk menyita penghasilannya hari itu.

Karena tidak mampu membayar sewa kamarnya, Scrubbit memaksa Wonka pergi ke tempat pencucian pakaian untuk bekerja selama 10.000 hari untuk melunasi hutangnya. Dia bekerja dengan orang lain yang terperangkap oleh Scrubbit: Noodle, akuntan Abacus, tukang ledeng Piper, pelawak Larry, dan operator telepon Lottie. Abacus memberitahunya bahwa Slugworth, Prodnose, dan Fickelgruber dijuluki "Kartel Cokelat" yang bersekongkol untuk melenyapkan persaingan mereka. Kartel Cokelat memiliki basis operasi yang terletak di bawah sebuah paroki, yang dijalankan oleh Pastor Julius yang korup dan para biarawan "pecandu cokelat", di mana mereka menyimpan cadangan cokelat dalam jumlah besar. Wonka menyusun rencana untuk memanipulasi Bleacher dan Scrubbit agar jatuh cinta satu sama lain, sehingga dia dan Noodle dapat diam-diam meninggalkan binatu dan mulai menjual cokelatnya. Kartel Cokelat mengeksploitasi kecintaan Kepala Suku terhadap cokelat untuk mengancam Wonka agar meninggalkan kota. Wonka mengatakan kepada Noodle bahwa kecintaannya pada cokelat berasal dari almarhumah ibunya, yang membuatkan sebatang cokelat terakhir untuknya sebelum meninggal. Noodle mengajari Wonka cara membaca.

Dalam satu kesempatan, Wonka menyadari bahwa cokelatnya telah dicuri oleh seorang pria oranye misterius yang telah menguntitnya selama bertahun-tahun, dan dia dan Noodle pergi ke kebun binatang setempat untuk memeras susu jerapah, Abigail, dan menjalin ikatan. Wonka dan Noodle merekrut Abacus, Piper, Larry, dan Lottie untuk membantunya menjual cokelat demi membayar hutang dan meningkatkan popularitas mereka sambil menghindari Scrubbit dan Chief. Sementara itu, Wonka menangkap orang yang telah mencuri cokelatnya, seorang Oompa Loompa bernama Lofty. Bertahun-tahun sebelumnya, Wonka telah mengambil biji kakao yang berharga dari Oompa Loompa di bawah pengawasan Lofty, membuat Lofty dibuang untuk memburu Wonka untuk membayar hutangnya. Lofty menipu Wonka untuk melarikan diri.

Kelompok Wonka mendapatkan cukup uang untuk membuka toko cokelat impiannya yang ramai dikunjungi orang. Namun, Kepala Suku dan Kartel Cokelat telah mengetahui operasi Wonka. Mereka mengadukannya kepada Scrubbit, yang menodai cokelatnya dengan keringat yeti, membuat rambut para pelanggan tumbuh berlebihan dan kulit mereka berubah warna. Kerumunan orang yang marah mengobrak-abrik dan menghancurkan toko Wonka sebagai pembalasan. Saat tim kembali ke tempat pencucian, Kartel mengungkapkan diri mereka sebagai dalang kepada Wonka dan menawarkan untuk melunasi hutang semua orang jika dia meninggalkan kota dan berhenti membuat cokelat selamanya. Wonka menerima tawaran tersebut dan pergi dengan perahu malam itu juga. Lofty bergabung dengan Wonka di atas kapal dan memotivasinya untuk kembali dan melawan Kartel sebelum keduanya meninggalkan kapal setelah menyadari bahwa kapal itu akan meledak.

Setelah hutang mereka dibayar, Abacus, Piper, Larry, dan Lottie dibebaskan dari tempat pencucian, tapi Slugworth membayar Scrubbit untuk menahan Noodle di dalam selamanya. Wonka dan kelompoknya menyelamatkan Noodle, dan Wonka memberi tahu Noodle bahwa dia telah menyimpulkan bahwa Noodle adalah putri dari saudara laki-laki Slugworth yang telah meninggal. Setelah Noodle ditinggalkan oleh ibu kandungnya kepada Slugworth, dia menyadari bahwa Noodle dapat menantang klaimnya atas kekayaan keluarga. Slugworth menyerahkan keponakannya kepada Scrubbit dan berbohong kepada ibunya bahwa dia telah meninggal. Wonka dan kelompoknya memutuskan untuk membuat rencana yang rumit untuk mengekspos Kartel melalui buku rekening yang sebelumnya ditemukan oleh Abacus saat dia bekerja untuk Slugworth.

Dengan menggunakan pengalih perhatian yang disebabkan oleh Abigail, Wonka dan Noodle memasuki markas namun terpojok oleh Kartel, yang memaksa mereka masuk ke dalam cadangan cokelat untuk menenggelamkan mereka. Wonka menyuruh mereka untuk memberikan sebotol cokelat melayang kepada Lofty untuk melunasi utangnya, namun Kartel dan Julius memakan cokelat tersebut, membuat Lofty melumpuhkan Julius dan menyelamatkan keduanya. Menghadapi Kartel dan Ketua di luar, Wonka dan Noodle membeberkan tindakan mereka kepada polisi dan publik melalui buku rekening mereka, dan melepaskan cadangan cokelat mereka yang dicampur dengan bahan-bahan buatan Wonka melalui air mancur. Kartel melayang tak terkendali karena cokelat melayang, sementara Kepala Polisi ditangkap. Kerumunan orang merayakannya dengan mencicipi air mancur cokelat Wonka. Wonka membuka bungkus cokelat ibunya, di mana ia melihat tiket emas dengan pesan terakhir dari ibunya yang mengatakan bahwa cokelat sebaiknya dibagikan. Wonka membagikan cokelat ibunya kepada teman-temannya.

Wonka membantu Noodle bertemu dengan ibu kandungnya. Dia dan Lofty kemudian membeli sebuah kastil yang terbengkalai dan mulai membangun sebuah pabrik, sementara Scrubbit dan Bleacher ditangkap setelah usaha mereka untuk menghilangkan bukti sabotase toko Wonka menjadi bumerang bagi mereka, yang membuat mereka menjadi Twits.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Timothée Chalamet berdiri di depan latar belakang biru di Festival Film Internasional Berlin ke-67 pada tahun 2017
Timothée Chalamet memerankan tokoh utama dalam film ini

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 2016, Warner Bros. Pictures berhasil memperoleh kembali hak atas karakter Charlie and the Chocolate Factory (1964) karya Roald Dahl, termasuk karakter Willy Wonka, untuk proyek film yang dikembangkan oleh produser David Heyman dan Michael Siegel.[15] Pada Februari 2018, diumumkan bahwa Paul King sedang dalam negosiasi untuk menjadi sutradara film tersebut.[16][17] Pada tahun yang sama, terdapat laporan tentang daftar pendek pemeran yang dipertimbangkan oleh studio untuk mengisi film Willy Wonka meliputi Donald Glover, Ryan Gosling, dan Ezra Miller.[18] Film ini terungkap sebagai prekuel dari peristiwa di Charlie and the Chocolate Factory.[19]

Pada Januari 2021, Paul King dikonfirmasi sebagai sutradara film yang kini diberi judul Wonka.[20] Pada bulan Mei, Timothée Chalamet dipilih sebagai pemeran utama, dan diumumkan bahwa film ini akan menyertakan beberapa nomor musikal. Chalamet menjadi pilihan utama sutradara dan ditawarkan peran tersebut tanpa audisi, setelah King melihat penampilan Chalamet di YouTube yang menunjukkan kemampuannya dalam bidang nyanyi dan tari.[21] Chalamet menerima bayaran sebesar 9 juta dolar untuk keterlibatannya dalam film ini.[22] Penulisan naskah film disusun bersama oleh Simon Farnaby, yang sebelumnya telah bekerja dengan King pada Paddington 2 (2017). Jeff Nathanson, Simon Rich, dan Simon Stephenson juga memberikan kontribusi pada materi sastra tambahan.[23][24] Sebelum Chalamet terpilih, Tom Holland sempat dipertimbangkan untuk peran ini.[25] Pada September 2021, diumumkan bahwa Keegan-Michael Key, Sally Hawkins, Rowan Atkinson, Olivia Colman, dan Jim Carter akan bergabung dalam daftar pemain, bersama Farnaby yang juga mendapatkan peran.[26][27]

Pengambilan gambar utama dimulai di Britania Raya pada September 2021.[28] Seamus McGarvey ditunjuk sebagai sinematografer, Nathan Crowley sebagai desainer produksi,[29] Mark Everson sebagai penyunting film, dan Lindy Hemming sebagai desainer kostum.[27] Lokasi pengambilan gambar meliputi Lyme Regis dan Bath[30][31] yang bersejarah, serta Warner Bros. Studios, Leavesden, Watford.[32][33] Pengambilan gambar juga dilakukan di Rivoli Ballroom, Brockley, London.[34] Pada Desember, McGarvey meninggalkan proyek dan digantikan oleh Chung Chung-hoon.[35] Adegan tambahan diambil di Oxford pada bulan Desember dan Februari.[36][37]

Musik[sunting | sunting sumber]

Neil Hannon, vokalis utama dari band The Divine Comedy, menyumbangkan lagu-lagu orisinal untuk film tersebut.[27] Musik skor digubah oleh Joby Talbot.[38]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Kampanye pemasaran film Wonka dari Warner Bros. Pictures dimulai pada 10 Oktober 2021 dengan Chalamet membagikan foto dirinya berpakaian sebagai Willy Wonka di Instagram. Foto tersebut disertai oleh keterangan, "Ketegangannya mengerikan, saya harap ini akan bertahan lama," sebuah kutipan dari film Willy Wonka & the Chocolate Factory tahun 1971 yang dibintangi Gene Wilder.[39][40] Kutipan ini aslinya berasal dari drama The Importance of Being Earnest karya Oscar Wilde.[41] Menurut The Guardian , gambar tersebut mendapat beragam respons di media sosial.[42]

Pada 26 April 2022, sebuah cuplikan yang menampilkan Chalamet sebagai Willy Wonka dibagikan dalam presentasi Warner Bros. Pictures' di CinemaCon, termasuk penampilan lagu "Pure Imagination" dari film tahun 1971.[43][7] Deadline mendeskripsikan cuplikan tersebut sebagai "seakan-akan Fantastic Beasts berlatar awal abad ke-20, namun lebih menghibur".[44] Pada konvensi tahun berikutnya, Warner Bros. menayangkan cuplikan pendek film Wonka, menampilkan Grant sebagai Oompa-Loompa,[45] yang menimbulkan kontroversi di kalangan aktor kerdil, termasuk komentar dari Jason Acuña.[46] IndieWire memuji transformasi Chalamet sebagai Wonka, menyatakan bahwa penampilannya "akan membuat Anda terbang".[47] Cuplikan resmi dirilis pada 11 Juli 2023 bersamaan dengan poster penggoda.[48] Film ini juga dipromosikan dalam Parade Hari Thanksgiving Macy's ke-97 pada 23 November 2023, dengan kendaraan hias bertema "Dunia Wonka yang Lezat."[49][50]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Wonka mengadakan pemutaran khusus di ShowEast pada 24 Oktober 2023 dan di auditorium Naval Support Activity Hampton Roads pada 19 November.[51][52] Pemutaran perdana khusus di Tokyo diadakan pada 20 November, dengan kehadiran sutradara Paul King, produser David Heyman dan Alexandra Derbyshire, serta bintang film Timothée Chalamet dan Hugh Grant. Film ini tayang perdana di Royal Festival Hall, Southbank Centre, pada 28 November 2023.[53] Dirilis secara teatrikal oleh Warner Bros. Pictures di Britania Raya pada 8 Desember 2023,[54] film ini diikuti oleh perilisan di Amerika Serikat pada 15 Desember 2023, di bioskop konvensional, Dolby Cinema, dan IMAX.[55] Awalnya, film ini dijadwalkan rilis pada 17 Maret 2023.[20][56]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Hingga 17 Desember 2023, Wonka telah meraup $39 juta di Amerika Serikat dan Kanada, serta $113.2 juta di wilayah lain, dengan total $152.2 juta di seluruh dunia.[5][6]

Di Amerika Serikat dan Kanada, "Wonka" diproyeksikan akan meraup $35-40 juta pada akhir pekan pembukaannya.[57]

Film ini telah dirilis satu minggu sebelumnya di beberapa pasar luar negeri, di mana film ini meraup $43.2 juta dari 37 negara. Total terbesar berasal dari Inggris ($11.1 juta), Meksiko ($5,2 juta), Spanyol ($4.4 juta), Jerman ($3.6 juta), Tiongkok ($3.3 juta), Jepang ($3.1 juta), dan Brasil ($2 juta).[58]

Tanggapan Kritis[sunting | sunting sumber]

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 83% pada 118 ulasan para kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 7.4/10. Konsensus situs web berbunyi: "Dengan Paul King sebagai sutradara dan lagu-lagu baru yang solid, Wonka yang hangat dan kuno menawarkan sentuhan manis pada karakter klasik, sambil menyisakan ruang untuk materi aslinya yang lebih gelap."[59] Di situs Metacritic, yang menggunakan sistem penilaian rata-rata tertimbang, film ini mendapatkan skor 69 dari 100, berdasarkan 37 kritikus, yang menunjukkan ulasan yang "secara umum baik.".[60]

Rotten Tomatoes mencatat bahwa reaksi awal di media sosial mayoritas positif, meskipun ada kritik terhadap naskah.[61] Film ini dianggap "konyol dan menyenangkan untuk seluruh keluarga dengan musik menarik dan desain produksi yang memukau," meskipun kehilangan beberapa unsur gelap dari film-film sebelumnya."[62] BBC melaporkan bahwa beberapa kritikus membandingkan film ini dengan Paddington, dengan beberapa ulasan positif tetapi juga pendapat bahwa Wonka kurang memiliki unsur gelap dari versi sebelumnya. Penampilan Chalamet menerima pujian sekaligus kritik, dengan suara nyanyiannya menjadi fokus kritikan.[63]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seamus McGarvey was the film's original cinematographer,[1] but left during production. Chung was hired in his place and will be solely credited as the film's cinematographer.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WarnerBros.com | Filming Is Underway on Warner Bros. Pictures' "Wonka" | Press Releases". www.warnerbros.com. 
  2. ^ Tartaglione, Nancy (25 April 2023). "'Wonka': Warner Bros Unveils Extended Trailer Featuring Hugh Grant As An Oompa Loompa". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 April 2023. Diakses tanggal 25 April 2023. 
  3. ^ "Wonka (PG)". BBFC. November 28, 2023. Diakses tanggal December 2, 2023. 
  4. ^ Vary, Adam; Rubin, Rebecca (3 January 2023). "Box Office Predictions for 2023: Will Tom Cruise, Super Mario and a Bear on Cocaine Save Movie Theaters?". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 January 2023. Diakses tanggal 4 January 2023. 
  5. ^ a b "Wonka". Box Office Mojo. Diakses tanggal 4 Januari 2024. 
  6. ^ a b "Wonka — Financial Information". The Numbers. Diakses tanggal 4 Januari 2024. 
  7. ^ a b "Timothée Chalamet as 'Wonka' and Hugh Grant as an Oompa Loompa Wow with CinemaCon First Look". IndieWire. 25 April 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2023. Diakses tanggal 29 April 2023. 
  8. ^ a b c d e f g h i j k l Lang, Robert (12 October 2023). "Wonka Movie Posters: Timothée Chalamet, Rowan Atkinson, Olivia Coleman, Keegan-Michael Key, Hugh Grant, Calah Lane & More". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 12 October 2023. 
  9. ^ Tinoco, Armando (12 October 2023). "New Wonka Trailer: Timothée Chalamet Stands Up To The Bullies With Help From Oompa-Loompa Hugh Grant". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 October 2023. Diakses tanggal 14 November 2023. 
  10. ^ "Murray McArthur". Dalzell & Beresford Ltd. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 December 2021. Diakses tanggal 5 December 2021. 
  11. ^ Share, Immy (12 November 2021). "Film set in Eltham Palace reportedly for new Wonka movie". News Shopper. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 January 2022. Diakses tanggal 12 January 2022. 
  12. ^ Travis, Ben. "Wonka Trailer Breakdown: Paul King Talks Timothée Chalamet, Oompa-Loompas, And Chocolate Cartels". Empire. Diakses tanggal 12 June 2023. 
  13. ^ "The Graham Norton Show series 31 episode 8". BBC iPlayer. Diakses tanggal 2 December 2023. 
  14. ^ "Tim FitzHigham". PBJ Management (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 19 November 2023. 
  15. ^ Kroll, Justin (19 October 2016). "Willy Wonka New Film in the Works From David Heyman and Warner Bros. (Exclusive)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 October 2020. Diakses tanggal 19 January 2021. 
  16. ^ McNary, Dave (12 February 2018). "Film News Roundup: Willy Wonka Reboot in the Works With Paddington Director". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 January 2021. Diakses tanggal 19 January 2021. 
  17. ^ Kit, Borys (12 February 2018). "Paddington Director Paul King in Talks for Willy Wonka (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 January 2021. Diakses tanggal 19 January 2021. 
  18. ^ Sneider, Jeff (5 June 2018). "Exclusive: Donald Glover, Ryan Gosling Lead WB's Willy Wonka Shortlist". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 January 2021. Diakses tanggal 19 January 2021. 
  19. ^ Chitwood, Adam (5 November 2018). "Exclusive: Producer David Heyman Confirms Willy Wonka Movie Is a Prequel". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 January 2021. Diakses tanggal 19 January 2021. 
  20. ^ a b D'Alessandro, Anthony (19 January 2021). "Warner Bros. Dates Willy Wonka Prequel For 2023 With David Heyman Producing". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 January 2021. Diakses tanggal 19 January 2021. 
  21. ^ "'Wonka' trailer: Timothée Chalamet meets Hugh Grant's Oompa-Loompa". nme.com. 11 July 2023. Diakses tanggal 14 July 2023. 
  22. ^ Lang, Brent; Donnelly, Matt; Rubin, Rebecca (20 July 2022). "Inside Movie Stars' Salaries: Joaquin Phoenix Nabs $20M for Joker 2, Tom Cruise Heads to Over $100M and More". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 July 2022. Diakses tanggal 7 October 2023. 
  23. ^ Kroll, Justin (24 May 2021). "Timothee Chalamet Tapped To Play Willy Wonka In New Origin Tale From Warner Bros. and The Roald Dahl Story Co". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 September 2021. Diakses tanggal 24 May 2021. 
  24. ^ "Wonka". Writers Guild of America West. 29 September 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 April 2023. Diakses tanggal 8 February 2023. 
  25. ^ Sneider, Jeff (24 May 2021). "Timothée Chalamet to Play Willy Wonka in New Movie From Paddington Director". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 June 2021. Diakses tanggal 14 June 2021. 
  26. ^ D'Alessandro, Anthony; Kroll, Justin (13 September 2021). "Keegan-Michael Key Joins Warner Bros' Wonka". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 September 2021. Diakses tanggal 13 September 2021. 
  27. ^ a b c D'Alessandro, Anthony (29 September 2021). "Wonka: Warner Bros Movie Adds Sally Hawkins, Rowan Atkinson, Olivia Colman & Jim Carter". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2021. Diakses tanggal 29 September 2021. 
  28. ^ Daniels, Nia (17 May 2021). "Wonka prepares for UK shoot". KFTV.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2021. Diakses tanggal 17 May 2021. 
  29. ^ Fisher, Jacob (5 June 2021). "Nathan Crowley Joins Wonka (Exclusive)". DiscussingFilm. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 June 2021. Diakses tanggal 27 September 2021. 
  30. ^ Elgee, Emma (15 October 2021). "Wonka filming: 35 pictures as Bath transformed into winter wonderland for Hollywood blockbuster". Somerset Live. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2021. Diakses tanggal 21 October 2021. 
  31. ^ "Wonka film showcases historic locations in Dorset and Oxford". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2023-11-30. Diakses tanggal 2023-12-02. 
  32. ^ Evans, Francesca (17 September 2021). "Another major movie production coming to Lyme Regis' famous Cobb harbour". LymeOnline. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 September 2021. Diakses tanggal 26 September 2021. 
  33. ^ Dalton, Ben (22 September 2021). "Netflix buys the UK's Roald Dahl Story Company in biggest acquisition to date". Screen International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2021. Diakses tanggal 26 September 2021. 
  34. ^ Daly, Rhian (20 October 2021). "Timothée Chalamet's Wonka is filming at the Rivoli Ballroom in Brockley". Time Out. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 May 2022. Diakses tanggal 4 April 2022. 
  35. ^ "에드가 라이트, 티모시 샬라메와의 작업은... '라스트 나잇 인 소호' 정정훈 촬영감독". 씨네21. 8 December 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 June 2022. 
  36. ^ Foster, Alex (16 December 2021). "Willy Wonka Comes To Oxford: Work Begins On Timothee Chalamet's New Film". The Oxford Student. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 August 2022. Diakses tanggal 25 December 2021. 
  37. ^ Way, Fran (16 February 2022). "Pictures: Timothée Chalamet filming for the new Wonka film, Oxford". Oxford Mail. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 July 2022. Diakses tanggal 16 February 2022. 
  38. ^ "Joby Talbot Scoring Paul King's 'Wonka'". Film Music Reporter. 26 May 2023. 
  39. ^ Murphy, J. Kim (10 October 2021). "Wonka: Timothée Chalamet Debuts Costume for Upcoming Prequel". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 October 2021. Diakses tanggal 11 October 2021. 
  40. ^ Haring, Bruce (1 October 2021). "Timothée Chalamet Posts First Look At His Wonka Character On Social Media". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 October 2021. Diakses tanggal 11 October 2021. 
  41. ^ Cobb, Mark Hughes. "A little nonsense now and then is relished by all but the original pen". Tuscaloosa News. 
  42. ^ Heritage, Stuart (11 October 2021). "Timothée Chalamet's Wonka: is it so wrong to find him scrumdiddlyumptious?". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 October 2021. Diakses tanggal 11 October 2021. 
  43. ^ Colangelo, B. J. (26 April 2022). "Wonka Footage Reaction: Timothée Chalamet Inspires More Pure Imagination [CinemaCon 2022]". /Film (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2023. Diakses tanggal 29 April 2023. 
  44. ^ D'Alessandro, Anthony; Tartaglione, Nancy (27 April 2022). "Timothée Chalamet 'Wonka' Trailer Surprises At CinemaCon". Deadline. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2023. Diakses tanggal 29 April 2023. 
  45. ^ Gardner, Chris (25 April 2023). "Timothée Chalamet Brings Whimsical 'Wonka' Trailer to CinemaCon". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2023. Diakses tanggal 29 April 2023. 
  46. ^ Sharma, Dhruv (6 August 2023). "Wonka's Hugh Grant Oompa-Loompa Casting Controversy Explained". ScreenRant (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 September 2023. 
  47. ^ "Timothée Chalamet as 'Wonka' and Hugh Grant as an Oompa Loompa Wow with CinemaCon First Look". IndieWire. 25 April 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2023. Diakses tanggal 29 April 2023. 
  48. ^ Rindner, Grant (11 July 2023). "Timothée Chalamet Is All Smiles and Madcap Energy in the First Trailer for Wonka". GQ (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 July 2023. 
  49. ^ "Here Are the New Floats in the 2023 Macy's Thanksgiving Day Parade, According to Exec". People. 
  50. ^ "'The Deliciously Delectable World of Wonka' Float Set to Delight Audiences at the 97th Macy's Thanksgiving Day Parade®". www.businesswire.com. 18 October 2023. 
  51. ^ "Warner Bros. Pictures Presents a Special Screening of WONKA". www.filmexpos.com. 7 November 2023. Diakses tanggal 24 October 2023. 
  52. ^ Weissert, Will (20 November 2023). "The Bidens start Thanksgiving early by serving dinner and showing 'Wonka' to service members". Associated Press News. Diakses tanggal 20 November 2023. 
  53. ^ "Wonka World Premiere". Warner Bros. 9 November 2023. Diakses tanggal 20 November 2023. 
  54. ^ "Timothée Chalamet & Hugh Grant Star In The New Wonka Movie, the Prequel To Charlie And The Chocolate Factory". 9 November 2023. 
  55. ^ Pedersen, Erik (9 March 2022). "Warner Bros Release Dates: The Flash & Aquaman Moved To 2023; Wonka, Shazam Sequel & Others Shift". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 March 2022. Diakses tanggal 9 March 2022. 
  56. ^ "Wonka: Warner Bros. Delays Timothée Chalamet-Led Prequel Film". 9 March 2022. 
  57. ^ D'Alessandro, Anthony (2023-11-24). "'Wonka' Sweet In Short-Lead Tracking With $35M-$40M Pre-Christmas Opening – Box Office Update". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-11. 
  58. ^ Tartaglione, Nancy (2023-12-10). "'Wonka' Sweet With $43M Overseas Debut; 'Migration' Swoops Into First Markets; IMAX Tops $1B Global For 2023 – International Box Office". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-11. 
  59. ^ "Wonka". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal 12 Desember 2023.  Sunting ini di Wikidata
  60. ^ "Wonka". Metacritic. Fandom, Inc. Diakses tanggal 12 Desember 2023. 
  61. ^ Campbell, Christopher (November 28, 2023). "Wonka First Reactions: A Charming, Whimsical Treat Powered by a Stellar Timothée Chalamet". Rotten Tomatoes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-29. 
  62. ^ Campbell, Christopher (December 4, 2023). "Wonka First Reviews: A Holiday Classic in the Making". Rotten Tomatoes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-05. 
  63. ^ McIntosh, Steven (2023-12-05). "Wonka reviews: Critics say Timothée Chalamet film is a treat" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Roald Dahl