Wikipedia:Satuan Penangkal Vandalisme/Satgas Vandalisme Siluman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengguna siluman akan terus melakukan vandalisme di Wikipedia meskipun sudah diblokir.
Karena itulah gugus tugas ini dibentuk untuk melawan para vandalis yang masih berkeliaran.
Tertarik bergabung? Bergabunglah! ke gugus tugas Satuan Tugas Vandalisme Siluman!
 Pengenalan

Satgas Vandalisme Siluman (SVS) atau Satuan Tugas Vandalisme Siluman (STVS) adalah gugus tugas yang berupaya memerangi masalah vandalisme yang terus terjadi pada Wikipedia oleh pengguna siluman (LTA). Gugus tugas ini fokus pada identifikasi permasalahan dan kemungkinan solusinya.

 Permasalahan

Vandalisme di Wikipedia adalah masalah yang tersebar luas. Sejumlah perkakas telah diciptakan untuk mengatasi masalah ini, termasuk pengguna yang meninjau perubahan terkini pada Wikipedia, filter penyalahgunaan yang menandai dan terkadang melarang pengeditan yang bermasalah, halaman interverensi pengurus terhadap vandalisme untuk meminta memblokir pengguna yang melakukan vandalisme, dan banyak program perangkat lunak dan skrip yang membantu pengguna dalam tugas-tugas ini. Respons-respons ini sangat efektif dalam mengurangi jumlah vandalisme terang-terangan. Cara-cara ini sangat bagus sehingga sebagian besar pembaca tidak melihat contoh nyata vandalisme saat membaca Wikipedia.

Yang masih tersisa adalah pengguna LTA yang terus melakukan vandalisme di Wikipedia. Secara khusus, pengguna LTA dapat dideteksi oleh filter penyalahgunaan Wikipedia. Namun terkadang pengguna LTA dapat melakukan vandalisme secara tersembunyi dan tidak terdeteksi oleh filter penyalahgunaan. Untuk contoh yang lebih luas namun ampuh mengenai hal ini, lihat halaman ini.

Gugus tugas ini merupakan upaya untuk memahami ancaman-ancaman tersebut, dan mengembangkan alat, metode, dan norma-norma baru untuk memeranginya.

 Misi

Misi jangka panjang STVS adalah untuk menciptakan alat-alat untuk menangani vandalisme yang dilakukan oleh pengguna LTA dan sama efektifnya dengan alat-alat yang diciptakan untuk menangani vandalisme yang terang-terangan.

Serta STVS memiliki misi mencatat aksi pengguna LTA di halaman penyalahgunaan jangka panjang untuk memeriksa jika ada kemungkinan pengguna lain yang mirip perilakunya dan melakukan penyalahgunaan jangka panjang di Wikipedia.

 Cakupan

STVS hanya fokus pada pengguna LTA yang melakukan vandalisme secara disengaja. Mereka tidak tertarik pada perang suntingan, juga tidak tertarik pada vandalisme terang-terangan.

Jenis vandalisme oleh pengguna siluman meliputi membuat satu/lebih akun baru untuk spam, vandalisme, penganvasan (promosi), beriklan, maupun sejenisnya.

 Perkakas

Berikut ini merupakan perkakas untuk menyelidiki sebuah akun yang dicurigai sebagai akun siluman.
Catatan Catatan: Perkakas ini tidak sepenuhnya 100% akurat.

 Anggota

Tidak ada kriteria selain bahwa seorang pengguna merupakan anggota Satuan Penangkal Vandalisme, harus bereputasi baik (tidak pernah diblokir di proyek Wikimedia manapun karena alasan vandalisme, penyalahgunaan akun, pelecehan, serta sejenisnya) dan secara umum harus memahami kebijakan Wikipedia. Bergabung tidak diperlukan untuk berdiskusi, juga tidak memberikan keistimewaan khusus. Ini hanyalah bentuk dukungan terhadap misi gugus tugas.

Jika ingin bergabung, anda bisa memasang {{Anggota SPV-SVS}} di kotak infobox halaman pengguna anda dan silakan mencantumkan nama anda dengan format #{{user|Nama pengguna Anda}} di bawah ini:

  1. Fazily (bicara) - membantu menyatat aksi LTA vandalis dan menyelidiki jika dirasa mencurigakan
  2. OrangKalideres (bicara) - sudah ahli dalam memberantas siluman
  3. Badak Jawa (bicara) - Memberantas vandalisme merupakan keahlian saya namun perlu di tingkatkan lagi
  4. Zulf (bicara) - Sebisa mungkin membantu meringankan karena aksi vandal selalu terjadi lagi dan lagi.