Weathering with You

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Weathering With You)
Weathering with You
Poster rilis teater Jepang
Nama lain
Jepang天気の子
HepburnTenki no Ko
ArtiAnak [Sang] Cuaca
SutradaraMakoto Shinkai
ProduserGenki Kawamura[1]
Ditulis olehMakoto Shinkai
Pemeran
  • Kotaro Daigo
  • Nana Mori
Penata musikRadwimps[2][3]
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 19 Juli 2019 (2019-07-19) (Jepang)
  • 21 Agustus 2019 (2019-08-21) (Indonesia)
Durasi114 menit
Negara Jepang
BahasaBahasa Jepang
Pendapatan
kotor
¥10,73 miliar[5]
(US$101 juta)[6]

Weathering with You (Jepang: 天気の子, Hepburn: Tenki no Ko, terj. har. "Anak [Sang] Cuaca") adalah sebuah film animasi drama romantis Jepang bergenre fantasi yang ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai, yang dikenal atas film karyanya pada tahun 2016 berjudul Your Name. Weathering with You berlatar di Jepang yang dilanda cuaca hujan yang sangat deras. Film ini mengisahkan tentang Hodaka Morishima, seorang remaja SMA yang pergi ke Tokyo dan berteman dengan seorang anak gadis yatim bernama Hina Amano, yang mampu memanipulasi cuaca. Film ini diproduksi oleh CoMix Wave Films, Genki Kawamura, dan Story Inc. Sementara musiknya diciptakan oleh Radwimps. Film ini ditayangkan di Jepang pada tanggal 19 Juli 2019. Sebuah adaptasi novel yang ditulis oleh Shinkai, diterbitkan pada tanggal 18 Juli 2019, sehari sebelum penayangan film. Novel tersebut merupakan salah satu karya orisinalnya. Sebuah adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Watari Kubota mulai dimuat berseri dalam majalah Afternoon terbitan Kodansha pada tanggal 25 Juli, enam hari setelah film ini diterbitkan. Film ini dipilih sebagai perwakilan Jepang untuk Film Internasional Terbaik pada acara Academy Awards ke-92[7].

Alur[sunting | sunting sumber]

Jepang sedang mengalami periode cuaca yang sangat buruk. Seorang gadis remaja bernama Hina Amano melihat sinar matahari di sebuah kuil rusak di atas sebuah bangunan bobrok saat merawat ibunya yang sedang sekarat. Dia meninggalkan sisi tempat tidur ibunya dan pergi ke kuil, melintasi gerbang kuil tersebut, dan tubuhnya tiba-tiba dipindahkan ke dunia di atas langit.

Siswa baru SMA bernama Hodaka Morishima melarikan diri dari rumahnya di sebuah pulau terpencil dan pindah ke Tokyo. Dalam perjalanan, ia hampir tenggelam karena badai hujan mengerikan yang menghantam kapal feri yang ditumpanginya, tetapi diselamatkan oleh seorang pria bernama Keisuke Suga, yang memberikan kartu namanya pada Hodaka. Di Tokyo, Hodaka kesulitan untuk menghidupi dirinya sendiri karena usianya terlalu muda untuk bekerja secara legal. Dia sempat bertemu dengan Hina ketika dia makan di restoran cepat saji tempat Hina bekerja. Hina yang merasa kasihan, memberinya makan gratis karena Hodaka sudah makan di sana selama tiga malam berturut-turut. Meski demikian, Hodaka kebanyakan menjalani hari-harinya dalam kesendirian sebelum akhirnya menemukan pekerjaan sebagai asisten untuk sebuah perusahaan penerbitan kecil yang berspesialisasi dalam artikel tentang legenda urban bersama Suga, pria yang ditemuinya di kapal feri.

Hodaka akhirnya bertemu kembali dengan Hina dan mengetahui bahwa dia memiliki kekuatan untuk menciptakan cuaca cerah untuk jangka waktu yang singkat. Bersama dengan adik Hina bernama Nagi, mereka bertiga memulai bisnis dengan menggunakan kemampuan misterius Hina kepada orang-orang yang menginginkan langit cerah untuk acara-acara tertentu. Sementara itu, Suga dan asistennya yang lain—seorang wanita muda bernama Natsumi, menyelidiki legenda urban di sekitar gadis misterius yang dapat membuat cuaca hujan berubah menjadi sinar matahari.

Hodaka mulai jatuh cinta pada Hina, tetapi kekuatan Hina menyimpan rahasia tragis yang akan mengubah kota Tokyo—beserta cuacanya—untuk selamanya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Hodaka Morishima (森嶋帆高, Morishima Hodaka)
Pengisi suara: Kotaro Daigo (Jepang); Brandon Engman (Inggris)
Seorang siswa SMA yang meninggalkan pulau terpencilnya dan pergi ke Tokyo, tetapi dia kehabisan uang dengan cepat. Dia hidup dan mengasingkan diri, sebelum akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai seorang penulis untuk majalah bertema gaib yang misterius.[4][8]
Hina Amano (天野陽菜, Amano Hina)
Pengisi suara: Nana Mori (Jepang); Ashley Boettcher (Inggris)
Seorang gadis yang ceria dan tinggal bersama adik laki-lakinya. Dia mempunyai kemampuan khusus: kekuatan untuk menghentikan hujan dan menerangkan langit.[4][8]
Keisuke Suga (須賀圭介, Suga Keisuke)[9]
Pengisi suara: Shun Oguri (Jepang); Lee Pace (Inggris)
Seorang pengarang yang bekerja di perusahaan yang sama dengan Hodaka.[10]
Natsumi Suga (須賀夏美, Suga Natsumi)
Pengisi suara: Tsubasa Honda (Jepang); Alison Brie (Inggris)
Seorang mahasiswi yang bekerja di perusahaan yang sama dengan Hodaka dan Keisuke.[10]
Tomi (冨美, Tomi)
Pengisi suara: Chieko Baisho
Seorang wanita tua yang dikunjungi Hodaka.[10]
Nagisa Amano (天野凪, Amano Nagisa)
Pengisi suara: Sakura Kiryū (Jepang); Emeka Guindo (Inggris)
Adik laki-laki Hina.[10]
Yasui (安井, Yasui)
Pengisi suara: Sei Hiraizumi (Jepang); Mike Pollock (Inggris)
Seorang detektif tua dan pensiunan.[10]
Takai (高井, Takai)
Pengisi suara: Yūki Kaji (Jepang); Riz Ahmed (Inggris)
Seorang detektif yang bekerja sama dengan Yasui hingga pensiun dan masih bekerja sebagai detektif.[10]
Ayane (アヤネ, Ayane)
Pengisi suara: Ayane Sakura (Jepang); Emma DePalma (Inggris)
Kana (カナ)
Pengisi suara: Kana Hanazawa (Jepang); Echo Picone (Inggris)
Fumi Tachibana (立花 冨美, Tachibana Fumi)
Pengisi suara: Chieko Baisho (Jepang); Barbara Goodson (Inggris)
Nenek Taki. Dia menulis di situs web layanan gadis sinar matahari meminta agar hari pertama upacara Obon untuk suaminya cerah. Dia kemudian memberi tahu Hodaka dan yang lainnya, yang mengunjunginya untuk permintaan gadis sinar matahari, bahwa orang mati kembali dari langit pada bulan Agustus. Setelah itu, ia pindah ke apartemen sebelah barat yang terendam (di sekitar stasiun Takashimadaira) karena area rumahnya terendam akibat hujan deras. Dia kembali mengirim permintaan ke situs web. Ketika Hodaka mengunjungi rumahnya untuk memberi tahu bahwa permintaannya tidak dapat diterima, dia mengatakan kepadanya bahwa dia percaya bahwa daerah yang tenggelam telah berada di laut sebelum zaman Edo, dan bahwa itu baru saja kembali ke keadaan semula. Gelang kumihimo bisa dilihat di tangan kanan Fumi dalam adegan ini.
Taki Tachibana (立花 瀧, Tachibana Taki)
Pengisi suara: Ryunosuke Kamiki (Jepang); Michael Sinterniklaas (Inggris)
Cucu Fumi. Ketika dia mengunjungi rumah neneknya untuk upacara Obon untuk mendiang kakeknya, dia bertemu dengan Hodaka dan Hina yang telah mengunjungi mereka untuk pekerjaan gadis sinar matahari. Saat itu, ia menyarankan kepada Hodaka agar ia memberikan hadiah ulang tahun untuk Hina.
Mitsuha Miyamizu (宮水 三葉, Miyamizu Mitsuha)
Pengisi suara: Mone Kamishiraishi (Jepang); Stephanie Sheh (Inggris)
Seorang pramuniaga di toko perhiasan di LUMINE Shinjuku, yang membantu Hodaka mencari tahu apakah cincin untuk Hina yang cocok.
Yotsuha Miyamizu (宮水 四葉, Miyamizu Yotsuha)
Pengisi suara: Kanon Tani (Jepang); Catie Harvey (Inggris)
Adik perempuan Mitsuha.
Sayaka Natori (名取 早耶香, Natori Sayaka)
Pengisi suara: Aoi Yūki (Jepang); Cassandra Lee Morris (Inggris)
Katsuhiko Teshigawara (勅使河原 克彦, Teshigawara Katsuhiko)
Pengisi suara: Ryo Narita (Jepang); Kyle Hebert (Inggris)

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 2 Agustus 2018, Makoto Shinkai mengungkapkan bahwa dia sedang membuat film baru untuk tahun 2019.[11] Staf untuk film ini termasuk Masayoshi Tanaka sebagai desainer karakter, Atsushi Tamura sebagai pengarah animasi dan Hiroshi Takiguchi sebagai pengarah gambarnya.[8][12][13]

Pemilihan peran[sunting | sunting sumber]

Lebih dari 2.000 orang mengikuti audisi untuk mengisi suara dua tokoh protagonis film ini, yang kemudian diperankan oleh Kotaro Daigo dan Nana Mori.[14] Peran tokoh kunci lainnya diisi oleh para anggota kru dari film Your Name.[15] Pada tanggal 29 Mei 2019, pemeran tambahan lainnya diumumkan: Shun Oguri (Keisuke Suga), Tsubasa Honda (Natsumi), Chieko Baisho (Tomi), Sakura Kiryuu (Nagisa Amano), Sei Hiraizumi (Yasui), dan Yuki Kaji (Takai).[10][16]

Pengisian suara[sunting | sunting sumber]

Sesi perekaman suara untuk film ini dimulai pada tanggal 27 April.[17]

Musik[sunting | sunting sumber]

Weathering with You
Album lagu tema karya Radwimps
DirilisJuly 19, 2019
Direkam2019
GenreRock
Durasi66:48
BahasaJapanese
LabelVoque Ting Co., Ltd
ProduserRadwimps
Kronologi Radwimps
Anti Anti Generation
(2018)
Weathering with You
(2019)
Weathering with You complete version
(2019)

Pada tanggal 26 Agustus 2017, Makoto Shinkai mengirimkan naskah film ini kepada Yojiro Noda untuk meminta pendapatnya, sebelum dia menerima lagu bertajuk "Ai ni Dekiru Koto wa Mada Aru kai" (愛にできることはまだあるかい, "Is there still anything that love can do?") dari Radwimps,[18] yang kemudian dijadikan lagu tema untuk film ini.[2][4][19] Lagu lain yang berjudul "Grand Escape" (グランドエスケープ), dibawakan oleh Toko Miura.[20][21] Lagu-lagu lainnya termasuk "Voice of Wind" (風たちの声, "Kaze-tachi no Koe"), "Celebration" (祝祭, "Shukusai") dan "We'll Be Alright (大丈夫, "Daijōbu").[22] Lagu-lagu temanya diluncurkan pada tanggal 19 Juli 2019, hari yang sama saat film ini ditayangkan.[23]

Weathering With You[22]
No.JudulLirikDurasi
1."Theme Of "Weathering With You" (『天気の子』のテーマ)" 0:41
2."The Taste Of Kindness (優しさの味)" 0:48
3."First Visit To K&A (K&A 初訪問)" 1:49
4."Welcome To Senpikan (占秘館へようこそ)" 0:53
5."K&A Welcoming Ceremony (K&A 入社式)" 1:03
6."Voice Of Wind (Movie Edit) (風たちの声 (Movie Edit))" 2:37
7."Saving Hina (陽菜、救出)" 1:47
8."Sky Clearing Up (晴れゆく空)" 2:13
9."Sea In The Sky (空の海)" 0:59
10."Visiting Home (御宅訪問)" 3:42
11."First Part Time Job As Sunshine Girl (初の晴れ女バイト)" 1:19
12."Celebration (Movie Edit) [feat. Toko Miura] (祝祭 (Movie Edit) feat.三浦透子)" 2:36
13."Fireworks Festival (花火大会)" 3:05
14."Shrine Of Weather (気象神社)" 2:40
15."Shiba Ko-en (芝公園)" 3:12
16."Two Confessions (二つの告白)" 1:36
17."City Crisis (首都危機)" 1:37
18."Snow In Midsummer (真夏の雪)" 1:18
19."Power Of The Weather (天気の力)" 1:22
20."Time With Family (家族の時間)" 2:33
21."Hina, Fading Away (消えゆく陽菜)" 1:08
22."Eternity Above Clouds (永遠の雲の上)" 0:52
23."Clear Sky And Loss (晴天と喪失)" 2:45
24."Hodaka Escapes / Kid's Plot (帆高、逃走~子供達の画策)" 3:01
25."Bike Chasing (バイクチェイス)" 0:59
26."Running With Hina (陽菜と、走る帆高)" 2:23
27."Is There Still Anything That Love Can Do? (Movie Edit) (愛にできることはまだあるかい (Movie Edit))"Yojiro Noda2:30
28."Grand Escape (Movie Edit) [feat. Toko Miura] (グランドエスケープ (Movie Edit) feat.三浦透子)" 3:08
29."Rain Again (ふたたびの、雨)" 0:44
30."We'll Be Alright (Movie Edit) (大丈夫 (Movie Edit))" 4:18
31."Is There Still Anything That Love Can Do? (愛にできることはまだあるかい)"Yojiro Noda6:54
Durasi total:1:06:48

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 Desember 2018, sebuah konferensi pers yang digelar untuk mengungkapkan film ini, mengumumkan bahwa film akan ditayangkan pada tanggal 19 Juli 2019.[12] Trailer pertama diluncurkan pada tanggal 10 April, tepat 100 hari sebelum pemutaran perdananya.[2] Trailer keduanya diluncurkan pada tanggal 28 Mei.[10][24] Produser Genki Kawamura mempresentasikan pemutaran karya dalam proses untuk film ini—yang dikhususkan untuk para tokoh profesional dalam industri beserta para siswa, tetapi tidak untuk masyarakat umum—pada tanggal 14 Juni 2019 dalam ajang Festival Film Animasi Internasional Annecy di Prancis.[1][25] TV Asahi menyiarkan potongan dari adegan pembuka film ini ketika mereka menayangkan ulang film karya Shinkai yang sebelumnya, Your Name, pada tanggal 30 Juni.[26] Sebelum film ini ditayangkan di Jepang, Uniqlo meluncurkan kaos khusus dengan desain yang terinspirasi oleh Weathering with You dan film-film anime karya Shinkai yang sebelumnya seperti Your Name.[27] Weathering with You juga dilaporkan mempromosikan beragam produk dan perusahaan termasuk SoftBank Group, Suntory dan Baitoru, dalam berbagai iklan televisi.[28] Selama masa penayangannya di Jepang, kebanyakan toko seperti Lawson, meluncurkan makanan yang terinspirasi dari film ini.[29]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Weathering with You ditayangkan pada tanggal 19 Juli 2019 pada pukul 09.00 oleh Toho selaku distributor film ini. Pemutaran dilakukan pada 448 layar di 359 bioskop di seluruh Jepang.[30] Meski demikian, bioskop yang terletak di wilayah Shinjuku di Tokyo dan Umeda di Osaka menayangkan film ini secara perdana pada dini hari tanggal 18 Juli.[31] Shinkai memastikan bahwa film ini akan ditayangkan di seluruh dunia, dan bahwa penayangan tersebut sudah diputuskan untuk 140 negara di wilayah Amerika Utara, Eropa, Asia, dan Amerika Selatan,[4] melampaui Your Name yang ditayangkan di 130 negara.[31] Di Asia, Edko Films mengumumkan bahwa film ini akan ditayangkan di Hong Kong pada tanggal 8 Agustus,[32] Encore Films menayangkan trailer film ini secara streaming dengan teks film bahasa Melayu, Mandarin, dan Inggris serta mengumumkan bahwa film ini akan ditayangkan di Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Singapura, dengan waktu penayangan untuk wilayah Indonesia pada tanggal 21 Agustus,[33][34] Vietnam pada tanggal 30 Agustus,[35] Malaysia pada tanggal 5 September,[36] dan Singapura pada tanggal 12 September.[37] Pioneer Films memastikan bahwa mereka akan menayangkan film ini di Filipina pada tanggal 28 Agustus.[38][39] CJ CGV mengumumkan bahwa film ini akan tayang perdana di Korea Selatan pada bulan Oktober 2019.[40] Producer Genki Kawamura mengatakan bahwa mereka ingin menayangkan film ini di India, setelah sekitar 50.000 orang menandatangani sebuah petisi yang meminta agar film ini ditayangkan di sana[41][42] dan direspons oleh sutradara Makoto Shinkai serta akun resmi Weathering with You melalui Twitter yang menyatakan bahwa film ini akan ditayangkan di 20 bioskop seluruh India termasuk di Mumbai and Delhi sejak tanggal 11 Oktober 2019.[43] Vkaoo, platform theatre-on-demand yang didukung oleh PVR Pictures dan BookMyShow akan mendistribusikan film ini.[44] Film ini akan menjadi film animasi orisinal Jepang pertama yang ditayangkan di bioskop India.[43] Film ini juga dijadwalkan untuk tayang di Rusia pada tanggal 31 Oktober 2019.[45]

Di wilayah berbahasa Inggris, GKIDS mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh hak atas film ini untuk wilayah Amerika Utara, dan akan memutar film ini di beberapa acara penghargaan pada tahun 2019, diikuti dengan pemutaran bioskop pada awal tahun 2020, dengan pilihan untuk bahasa Jepang dan Inggris.[46][47] Festival Film Internasional Toronto, juga dikenal sebagai TIFF, yang akan digelar di berbagai bioskop di Toronto, Ontario, Kanada dari tanggal 5 hingga 15 September, dijadwalkan untuk menjadi ajang pemutaran perdana film ini di Amerika Utara.[48] Sebagai bagian dari kategori "Presentasi Khusus", film ini dinyatakan layak untuk masuk nominasi penghargaan People's Choice.[49]

Madman Entertainment memperoleh hak atas film ini untuk wilayah Australia dan Selandia Baru serta akan menayangkannya di bioskop sejak tanggal 22 Agustus 2019.[50] Selecta Visión memperoleh hak atas film ini untuk wilayah Spanyol dan akan menayangkannya pada tahun 2019.[51]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pendapatan kotor[sunting | sunting sumber]

Selama masa penayangannya di 448 layar dari 359 bioskop di Jepang, 1.159.020 tiket terjual dan meraup ¥1.643.809,400 (sekitar US$15,22 juta) dalam tiga hari pertama sejak ditayangkan. Telah dilaporkan bahwa pencapaian Weathering with You telah melampaui film karya Shinkai yang sebelumnya, Your Name, yang meraup ¥1.277.960,000 (sekitar US$12,51 juta pada saat itu) dalam tiga hari pertama sejak ditayangkan, sekitar 28,6% lebih banyak.[52] Film ini menjual 830.000 tiket dari hari sabtu hingga minggu, meraih ¥1,185 miliar (sekitar US$10,98 juta).[48] Hingga tanggal 13 Agustus, total box office yang diterima film ini mencapai ¥7.513.487,800 (sekitar US$70.599.643). 5,84 juta tiket telah terjual sampai tanggal 12 Agustus. Film ini memuncaki tangga box office di Jepang selama tiga minggu berturut-turut sebelum turun ke peringkat ketiga pada minggu keempat.[48][53] Hingga tanggal 22 Agustus, film ini telah meraup 10.073.344,500 yen (sekitar US$94,59 juta) setelah menjual 7.519,350 tiket dalam waktu 34 hari. Hingga tanggal 25 Agustus, film ini telah menjual delapan juta tiket dan meraup 10,73 miliar yen (sekitar US$101 juta), membuatnya menduduki peringkat kesembilan sebagai film Jepang terlaris sepanjang masa.[6][54]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Ulasan-ulasan awal dari Jepang memberikan Weathering with You tanggapan yang beragam. Brian Ashcraft yang menulis untuk Kotaku memuji film ini dan mengatakan, "beberapa bagian dari film ini luar biasa menyentuh, seperti menghubungkan kepercayaan Shinto dengan ibadah kontemporer sehari-hari Jepang dan menampilkan ritual untuk dewa demi mendapatkan cuaca yang cerah" sebelum menulis "[satu-satunya] masalah terbesar dari Weathering with You... adalah menjadi film susulan untuk Your Name".[55] Daryl Harding, yang menulis untuk Crunchyroll News, memuji aspek world-building (pengayaan cerita dengan cara memperkenalkan dunia yang menjadi latar film) dari film ini dan menyatakan, "Shinkai sangat paham dengan atmosfer modern Tokyo" tetapi mengkritik kemiripan antara film ini dengan Your Name.[56] Kim Morrissy dari Anime News Network memberikan film ini ulasan yang umumnya positif. Dia memuji visual film ini serta penggunaan cuaca untuk menyampaikan metafora cerita tetapi mengkritik eksekusi pada paruh kedua film, dan mengatakan bahwa "Shinkai jelas dibatasi oleh kebutuhan untuk menyesuaikan ceritanya ke dalam wadah tertentu, yang tampaknya tidak sesuai dengan plot cerita kali ini".[57] Ollie Barder yang menulis untuk Forbes, menggambarkan bahwa animasinya "luar biasa" dan mengakui kemampuan film ini untuk menghidupkan "Tokyo dengan cara yang dapat dirasakan secara unik". Dia juga memuji Shinkai atas caranya menggambarkan "alam dan pemandangan yang natural".[58] James Marsh dari South China Morning Post memuji film ini karena animasinya, tetapi mengkritiknya karena kurangnya "kejelasan visi seperti yang terlihat dalam Your Name". Marsh menilai alur cerita film ini lebih terang-terangan daripada Your Name, tetapi kemudian mengakui ada beberapa "alur cerita menggantung" yang tidak dijelaskan oleh film ini.[59] Alicia Haddick dari Otaquest memuji upaya film ini untuk membedakan diri dari karya terdahulu Makoto Shinkai serta memuji animasi, cerita, dan musiknya, tetapi menilai ketergantungan Weathering with You terhadap struktur film terakhir karya Shinkai "menyakiti" keseluruhan film pada umumnya. Dia merasa "sangat sulit untuk mendiskusikan film ini tanpa mengaitkannya dengan Your Name".[60]

Situs web pengumpul ulasan Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 100% kritikus memberikan tanggapan yang positif berdasarkan pada 5 ulasan, dengan nilai rata-rata berupa 7/10.[61]

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Novelisasi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 April, Shinkai mengumumkan melalui Twitter bahwa dia telah selesai menulis adaptasi novel untuk film ini.[17][62] Novel tersebut diterbitkan dalam bentuk cetak dan digital oleh Kadokawa Sneaker Bunko pada tanggal 18 Juli 2019, sehari sebelum penayangan film.[63]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Watari Kubota mulai dimuat berseri sejak tanggal 25 Juli dalam majalah Afternoon terbitan Kodansha. Manga tersebut dilengkapi halaman pembuka yang berwarna.[23]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Weathering With You WIP Feature". CITIA, Image & Creative Industries. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Mei 2019. Diakses tanggal 24 Mei 2019. 
  2. ^ a b c Komatsu, Mikikazu (9 April 2019). "Weathering with You Film's Teaser Trailer Introduces Rainy World Visuals, Theme Song by RADWIMPS". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 April 2019. Diakses tanggal 10 April 2019. 
  3. ^ 映画『天気の子』予報 [Weathering with You Teaser Trailer] (dalam bahasa Jepang). Toho Movie YouTube Channel. 9 April 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 April 2019. Diakses tanggal 10 April 2019 – via YouTube. 
  4. ^ a b c d e Sherman, Jennifer (9 April 2019). "Makoto Shinkai's "Tenki no Ko" Anime Film Teaser Previews RADWIMPS Song". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 April 2019. Diakses tanggal 19 April 2019. 
  5. ^ "歴代ランキング - CINEMAランキング通信". Kogyo Tsushin. Diakses tanggal 17 Agustus 2019. 
  6. ^ a b "Weathering With You Back at #1, Ni no Kuni Opens at #7". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). 26 Agustus 2019. Diakses tanggal 27 Agustus 2019. 
  7. ^ Blair, Gavin. "Oscars: Japan Picks 'Weathering With You' for International Feature Film Category". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 26 Agustus 2019. 
  8. ^ a b c Blair, Gavin J. (14 Desember 2018). "'Your Name' Director Makoto Shinkai Announces New Anime Feature". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Desember 2018. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  9. ^ "『天気の子』17日間で動員433万人突破!特別映像が公開". シネマトゥデイ (dalam bahasa Jepang). 5 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Agustus 2019. Diakses tanggal 17 Agustus 2019. 
  10. ^ a b c d e f g h Sherman, Jennifer (28 Mei 2019). "Makoto Shinkai's Weathering With You Film Reveals 2nd Teaser Video, More Cast". Anime News Network. Diakses tanggal 30 Mei 2019. 
  11. ^ Valdez, Nick (3 Agustus 2018). "'Your Name' Director Teases Next Film". ComicBook. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Agustus 2018. Diakses tanggal December 14, 2018. 
  12. ^ a b Chapman, Paul (13 Desember 2018). "'Tenki no Ko: Weathering With You' Theatrical Anime Film Unveils Cast, Staff, Key Visual for New Makoto Shinkai Film". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Desember 2018. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  13. ^ Schilling, Mark (18 Desember 2018). "'Your Name' Director Makoto Shinkai Readies 'Weathering'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Desember 2018. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  14. ^ Komatsu, Mikikazu. "Director Shinkai Says His Weathering With You is "A Film That Might Divide The Audience's Opinions"". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Juli 2019. Diakses tanggal 19 Juli 2019. 
  15. ^ Kato, Yusuke (25 Januari 2019). "1st new film from director of 'Your Name.' to hit theaters in July". Asahi Shimbun. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Januari 2019. Diakses tanggal 25 Januari 2019. 
  16. ^ "新海誠最新作「天気の子」最新映像に新たな主題歌、小栗旬・本田翼らの出演も決定". Natalie (dalam bahasa Jepang). 29 Mei 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Mei 2019. Diakses tanggal 28 Mei 2019. 
  17. ^ a b Komatsu, Mikikazu (29 April 2019). "Makoto Shinkai's Weathering With You Film Starts Voice Recording Sessions". Crunchyroll. Diakses tanggal 1 Mei 2019. 
  18. ^ "RADWIMPSが新海誠と再タッグ!「天気の子」音楽担当、新曲流れる予告も到着" [RADWIMPS reunites with Makoto Shinkai! 'Weathering with You' music, new song notice also arrived]. Eiga Natalie (dalam bahasa Jepang). 10 April 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 April 2019. Diakses tanggal 10 April 2019. 
  19. ^ 東宝. "映画『天気の子』公式サイト". 映画『天気の子』公式サイト (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 April 2019. Diakses tanggal 28 April 2019. 
  20. ^ Hodgkins, Crystalyn (24 Mei 2019). "Tōko Miura to Sing Radwimps' Theme Song for Makoto Shinkai's Weathering With You Film". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Mei 2019. Diakses tanggal 25 Mei 2019. 
  21. ^ Aguilar, Krissy (29 Mei 2019). "Makoto Shinkai's 'Weathering With You' unveils new poster, trailer". Inquirer. Diakses tanggal 9 Juni 2019. 
  22. ^ a b "Weathering With You by RADWIMPS". TuneCore. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Juli 2019. Diakses tanggal 20 Juli 2019 – via Linkco. 
  23. ^ a b "Makoto Shinkai's Weathering With You Film Gets Manga". Anime News Network. 24 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Juni 2019. Diakses tanggal 2 Juli 2019. 
  24. ^ 映画『天気の子』予報② (dalam bahasa Jepang). Toho Movie. 28 Mei 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Mei 2019. Diakses tanggal 30 Mei 2019 – via YouTube. 
  25. ^ CITIA. "Annecy > Programme > Index". Annecy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Mei 2019. Diakses tanggal 14 Juni 2019. 
  26. ^ "Makoto Shinkai's Weathering With You Film to Air Opening Scene on TV on June 30". Anime News Network. 25 Juni 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Juli 2019. Diakses tanggal 2 Juli 2019. 
  27. ^ Luster, Joseph (15 Juli 2019). "Show Your Love for Director Makoto Shinkai with New Uniqlo Shirt Line". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Juli 2019. Diakses tanggal 16 Agustus 2019. 
  28. ^ "Shinkai's Weathering With You Film Promotes SoftBank, Suntory, Baitoru in TV Commercials". Anime News Network. 1 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Juli 2019. Diakses tanggal 2 Juli 2019. 
  29. ^ Harding, Daryl (31 Juli 2019). "We Feasted on Weathering With You Inspired Food from Lawson". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Juli 2019. Diakses tanggal 16 Agustus 2019. 
  30. ^ "'your name.' director Shinkai's new film to hit theaters next week". Mainichi Shimbun. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Juli 2019. Diakses tanggal 12 Juli 2019. 
  31. ^ a b "'your name.' director Shinkai's new film to hit theaters next week". Japan Today. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-16. Diakses tanggal 16 Juli 2019. 
  32. ^ "Edko Films Opens Tenki no Ko Anime Film in Hong Kong in August". Anime News Network. 23 April 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 April 2019. Diakses tanggal 25 April 2019. 
  33. ^ "Siap-siap, Weathering with You Siap Diputar di Indonesia Bulan Agustus 2019". KAORI Nusantara. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Juli 2019. Diakses tanggal 12 Juli 2019. 
  34. ^ "Encore Films Hints at Release of Makoto Shinkai's Weathering With You Film in Singapore, Indonesia". Anime News Network. 10 Mei 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Mei 2019. Diakses tanggal 14 Mei 2019. 
  35. ^ WEATHERING WITH YOU - Teaser - Opens 30.08.19 in Vietnam (dalam bahasa Vietnam). Encore Films Vietnam. 1 Juli 2019. Diakses tanggal 11 Juli 2019 – via YouTube. 
  36. ^ Pineda, Rafael Antonio (9 Agustus 2019). "Shinkai's Weathering With You Film Opens in Malaysia on September 5". Anime News Network. Diakses tanggal 16 Agustus 2019. 
  37. ^ Pineda, Rafael Antonio (12 Juli 2019). "Weathering With You Anime Film Opens in Singapore on September 12". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Juli 2019. Diakses tanggal 16 Agustus 2019. 
  38. ^ "Shinkai's Weathering With You Film Opens in the Philippines on August 28". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). 6 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Agustus 2019. Diakses tanggal 8 Agustus 2019. 
  39. ^ "Here's why 'Weathering With You' PH release date is moved to August 28". InqPOP! (dalam bahasa Inggris). 6 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Agustus 2019. Diakses tanggal 8 Agustus 2019. 
  40. ^ "날씨 조절할 수 있는 소녀와 사랑에 빠졌다"···'너의 이름은' 감독 신작 '날씨의 아이' 한국 예고편. Insight (dalam bahasa Korea). 9 Juni 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 Juni 2019. Diakses tanggal 9 Juni 2019. 
  41. ^ ""your name." director Shinkai's new film to hit theaters next week". Kyodo News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Juli 2019. Diakses tanggal 24 Juli 2019. 
  42. ^ "'your name.' director Shinkai's new film to hit theaters next week". Japan Today. 11 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-16. Diakses tanggal 16 Juli 2019. 
  43. ^ a b Komatsu, Mikikazu. "Weathering With You to be Released in 20 Cities across India from October 11". Crunchyroll. Diakses tanggal 11 Agustus 2019. 
  44. ^ "Japanese film Weathering With You to release in India". Outlook India. 12 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Agustus 2019. Diakses tanggal 16 Agustus 2019. 
  45. ^ 映画『天気の子』 [@tenkinoko_movie] (9 Agustus 2019). "#天気の子 海外公開日 ↓ 8/8 香港 ※初日観客動員数 第1位 8/22 オーストラリア 8/21 インドネシア 8/30 ベトナム 9/12 シンガポール 9/12 台湾 10月 韓国 10/31 ロシア 11/7 タイ #第44回トロント国際映画祭に出品決定・9月上旬開催 pic.twitter.com/4qOzcm6wa3" (Tweet) (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 17 Agustus 2019 – via Twitter. 
  46. ^ Vourlias, Christopher (23 Mei 2019). "Gkids Takes North American Rights for Weathering With You". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Mei 2019. Diakses tanggal 23 Mei 2019. 
  47. ^ Kay, Jeremy (May 23, 2019). "GKIDS acquires Makoto Shinkai's 'Weathering With You'". Screen. Screen International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Mei 2019. Diakses tanggal 17 Agustus 2019. 
  48. ^ a b c Sherman, Jennifer (5 Agustus 2019). "Weathering With You Movie's Earnings Near 6 Billion Yen". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Agustus 2019. Diakses tanggal 6 Agustus 2019. 
  49. ^ Chapman, Paul (24 Juli 2019). "Weathering With You Takes the Toronto International Film Festival by Storm". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Agustus 2019. Diakses tanggal 17 Agustus 2019. 
  50. ^ Madman Entertainment [@Madman] (30 Juli 2019). "From Makoto Shinkai, the creator of the global smash-hit #YourName' comes the highly-anticipated new film #WeatheringWithYou! Storming into cinemas across Australia & New Zealand on August 22. ☀️⛅️ www.shinkaianime.com.au ⛈❄️" (Tweet). Diakses tanggal 30 Juli 2019 – via Twitter. 
  51. ^ "Weathering with You de Makoto Shinkai es licenciado por Selecta Visión". Infoliteraria (dalam bahasa Spanyol). 30 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Agustus 2019. Diakses tanggal 2 Agustus 2019. 
  52. ^ Pineda, Rafael Antonio. "Shinkai's Weathering With You Film Earns 1.64 Billion Yen in 1st 3 Days". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Juli 2019. Diakses tanggal 22 Juli 2019. 
  53. ^ "One Piece Stamped Opens at No. 1, Weathering With You Drops to #3". Anime News Network. 13 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Agustus 2019. Diakses tanggal 14 Agustus 2019. 
  54. ^ Komatsu, Mikikazu. "Japan Box Office: Weathering With You Regains The Top Spot in Its Sixth Weekend". Crunchyroll. Diakses tanggal 27 Agustus 2019. 
  55. ^ Ashcraft, Brian. "Weathering With You Is A Good, But Flawed Follow Up To Your Name". Kotaku. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Juli 2019. Diakses tanggal 23 Juli 2019. 
  56. ^ Harding, Daryl. "Weathering With You Doesn't Surpass Your Name... It Does Something Much Better". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Juli 2019. Diakses tanggal 23 Juli 2019. 
  57. ^ Morrissy, Kim. "REVIEW: Weathering With You". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Juli 2019. Diakses tanggal 24 Juli 2019. 
  58. ^ Barder, Ollie (3 Juli 2019). "'Weathering With You' Is The Upcoming Anime Movie From Makoto Shinkai And It Looks Incredible". Forbes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Juli 2019. Diakses tanggal 16 Agustus 2019. 
  59. ^ Marsh, James (6 Agustus 2019). "Weathering With You film review: Makoto Shinkai follows up Your Name with another fantasy youth romance". South China Morning Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Agustus 2019. Diakses tanggal 16 Agustus 2019. 
  60. ^ Haddick, Alicia. "Weathering With You Review: Why Can't I Praise My Favourite Movie of 2019?". Otaquest. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Agustus 2019. Diakses tanggal 22 Agustus 2019. 
  61. ^ "Weathering with You (2020)". Rotten Tomatoes. Fandango. Diakses tanggal 24 Agustus 2019. 
  62. ^ "Makoto Shinkai's Weathering With You Anime Film Gets Novel". Anime News Network. 5 Mei 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Mei 2019. Diakses tanggal 5 Mei 2019. 
  63. ^ "Weathering With You Novel to be Released One Day before The Film". Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 April 2019. Diakses tanggal 1 Mei 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]