Wall Street: Money Never Sleeps

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wall Street: Money Never Sleeps
Wall Street- Money Never Sleeps film.jpg
Poster resmi
SutradaraOliver Stone
Produser
Penulis
BerdasarkanKarakter
oleh Stanley Weiser dan Oliver Stone
Pemeran
MusikCraig Armstrong
SinematografiRodrigo Prieto
Penyunting
Perusahaan
produksi
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 14 Mei 2010 (2010-5-14) (Cannes)
  • 24 September 2010 (2010-9-24) (Amerika Serikat)
Durasi
133 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
AnggaranUS$70 juta
Pendapatan kotorUS$134.7 juta

Wall Street: Money Never Sleeps (juga dikenal sebagai Wall Street 2 atau Wall Street 2: Money Never Sleeps) adalah film drama Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh Oliver Stone, dan merupakan sekuel dari Wall Street (1987). Dibintangi oleh Michael Douglas, Shia LaBeouf, Josh Brolin, Carey Mulligan, Frank Langella, Susan Sarandon, dan Eli Wallach yang menjadi film terakhirnya.

Film ini mengambil lokasi di Kota New York, sama seperti film pertamanya, dan London, tentang krisis keuangan 2008. Plotnya berpusat pada Gordon Gekko yang kembali dimainkan oleh Douglas, yang sedang memperbaiki hubungannya dengan putrinya, Winnie (Mulligan), dengan bantuan tunangannya, Jacob Moore (LaBeouf).

Pengambilan gambar utama di di New York antara September dan November 2009. Setelah tanggal rilisnya dipindahkan dua kali, Money Never Sleeps dirilis di bioskop seluruh dunia pada 24 September 2010, yang didistibusikan oleh 20th Century Fox. Sebelum rilis resminya, banyak jurnalis yang berlatar belakang sektor keuangan dilaporkan juga menonton film ini.

Film ini menerima tanggapan positif pada Festival Film Cannes 2010, Money Never Sleeps menerima tinjauan beragam dari para kritikus. Meskipun gagal memenuhi ekspektasi seperti film sebelumnya, film ini berhasil di box office, berada di peringkat teratas Amerika Serikat selama akhir pekan pembukaannya, dan menghasilkan total penjualan tiket US$134 juta di seluruh dunia, dan lebih dari US$15 juta dalam bentuk DVD.

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, Gordon Gekko dibebaskan dari penjara karena melakukan perdagangan terhadap orang dalam (yang diceritakan pada film Wall Street 1987) dan penipuan sekuritas.

Pada 2008, Gekko mempromosikan buku barunya Is Greed Good? (apakah serakah itu baik?), memperingatkan tentang kemerosotan ekonomi yang akan datang. Putrinya yang terasing, Winnie, menjalankan situs web berita kecil nirlaba dan berkencan dengan Jacob Moore, seorang pedagang saham kelas atas di Keller Zabel Investments (KZI). Jacob, anak didik direktur pelaksana KZI Louis Zabel, telah mengumpulkan uang untuk Dr. Masters dan proyek penelitian fusi nuklirnya, yang mungkin menciptakan energi bersih yang berlimpah. Jake juga membantu keuangan ibunya, Sylvia, yang telah berhenti dari perawat sehingga ikut menjadi spekulan di lahan yasan.

Pada tahap awal penurunan yang diprediksi oleh Gekko, saham KZI kehilangan lebih dari 50% nilainya. Louis Zabel mencoba mengatur bailout untuk KZI dari bank Wall Street lain tetapi diblokir oleh Bretton James, kepala firma saingan Churchill Schwartz (Gereja), yang KZI telah menolak untuk membantu selama gelembung dot-com tahun sebelumnya. Dengan sedih, Zabel melakukan bunuh diri dengan melompat di depan kereta bawah tanah. Yakub yang bingung mengusulkan pernikahan dengan Winnie, yang menerimanya.

Yakub menghadiri kuliah yang diberikan oleh Gekko dan memperkenalkan dirinya. Gekko memberitahunya bahwa kebangkrutan KZI dimulai ketika Bretton menyebarkan desas-desus bahwa KZI memiliki utang beracun. Yakub dan Gekko mengatur perdagangan: Yakub akan mencoba mendamaikan hubungan Winnie dan Gekko, dan Gekko akan mengumpulkan informasi untuk menghancurkan Bretton atas tindakannya terhadap KZI dan untuk memberikan bukti terhadap Gekko tahun lalu. Sebagai balasan, Jake memanipulasi pasar secara ilegal dengan menyebarkan desas-desus tentang nasionalisasi ladang minyak asing yang telah diinvestasikan oleh Gereja. Perusahaan kehilangan US$120 juta, tetapi Bretton memberi Jake pekerjaan, terkesan oleh inisiatifnya. Jake lebih jauh mengesankan Bretton ketika dia meyakinkan investor Tiongkok untuk berinvestasi dalam proyek fusi melalui Gereja.

Jake menghadiri penggalangan dana US$10.000 per kursi dengan Winnie, membeli kursi untuk Gekko untuk memfasilitasi pertemuan "kebetulan". Gekko menghadapkan Bretton tentang apa yang dia lakukan padanya dan kepada KZI. Bretton menjawab bahwa tidak ada yang peduli dengan apa yang dipikirkan Gekko lagi. Gekko juga menabrak Bud Fox (Charlie Sheen), yang setelah dibebaskan dari penjara menjadikan Bluestar Airlines menjadi sukses besar, menjualnya dengan harga jutaan, dan pensiun dari bisnis untuk bermain golf dan menjadi seorang dermawan. Gekko mengikuti Winnie di luar, di mana dia menjelaskan mengapa dia menyalahkannya atas segala sesuatu yang salah, yang berasal dari perselingkuhannya dan bunuh diri saudaranya Rudy. Gekko mengklaim dia bekerja, dari penjara, untuk mendapatkan terapis terbaik dan bahkan membayar seorang pengedar narkoba untuk berhenti menjual kepada Rudy, yang meninggal karena overdosis. Winnie memaafkannya.

Ketika krisis finansial semakin cepat, Pimpinan Bretton dan Churchill Schwartz, Julius Steinhardt menyarankan regulator federal untuk membeli pinjaman subprime multi-miliar dolar mereka. Ketika lahan yasan runtuh, Jake membantu Sylvia dengan uangnya sendiri. Tidak lama setelah Winnie memberi tahu Jake bahwa ia mengharapkan anak pertama mereka, Jake mengetahui bahwa Bretton mengalihkan investasi Cina menjadi panel surya berkinerja buruk, yang bukan merupakan ancaman terhadap posisinya yang besar dalam bahan bakar fosil. Gekko segera memberi tahu Jake bahwa Bretton diam-diam membuat untung besar bertaruh melawan pinjaman subprime namun masih menerima dana talangan besar dari FBI.

Gekko mengusulkan menggunakan akun dana perwalian US$100 juta, yang disembunyikannya di Swiss untuk Winnie pada 1980-an, untuk mendanai penelitian fusi. Dia menandatangani uang itu untuk Jake, tidak tahu dia akan mempercayakannya kepada Gekko untuk menyelesaikan investasi. Ketika Gekko mengkhianati mereka dengan meninggalkan negara itu dengan uang, Winnie putus dengan Jake. Gekko mendirikan perusahaan investasi yang sangat sukses di London, dengan kapitalisasi sebesar US$100 juta. Jake mengunjunginya untuk mengusulkan perdagangan baru: Winnie mendapatkan kembali uangnya, dan Gekko dapat berpartisipasi dalam kehidupan cucunya, tetapi Gekko menolak.

Jake menyatukan semua perincian transaksi Bretton, mulai dari keruntuhan KZI hingga jaminan pemerintah yang tidak perlu dari perusahaan Bretton. Dia memberikan informasi kepada Winnie, mengatakan kepadanya bahwa mengungkapkan itu akan membawa publisitas dan kredibilitas situs webnya. Ketika Winnie menjalankan ceritanya, Bretton mendapati dirinya di bawah pengawasan ketat pemerintah dan dipecat oleh dewan perusahaannya, yang kemudian beralih ke perusahaan Gekko untuk bermitra, yang baru-baru ini membukukan pengembalian investasi sebesar US$1,1 miliar.

Jake telah berhasil rujuk dengan Winnie di New York, ketika suatu malam Gekko muncul, meminta maaf dan mengatakan kepada mereka bahwa ia secara anonim telah menyetor US$100 juta ke dalam rekening penelitian fusi. Satu tahun kemudian, Gekko, Sylvia dan keluarga serta teman-teman lainnya menghadiri pesta ulang tahun pertama Louis, Yakub dan putra Winnie.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Oliver Stone Cut a Donald Trump Cameo From One of His Films, Says Hollywood is 'A Factory'". Variety.com. Diakses tanggal July 30, 2017. 
  2. ^ Schuster, Dana. "Scaramucci's fed-up wife filed for divorce while nine months pregnant". New York Post. Diakses tanggal July 30, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]