Insider trading

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Perdagangan orang dalam adalah sebutan bagi perdagangan saham atau sekuritas (contohnya obligasi) perusahaan oleh orang-orang dalam perusahaan tersebut. Dalam beberapa yurisdiksi, perdagangan orang dalam bisa dilakukan dan sah menurut hukum, namun istilah ini umumnya merujuk kepada kegiatan ilegal di lingkungan pasar finansial untuk mencari keuntungan yang biasanya dilakukan dengan cara memanfaatkan informasi internal, misalnya rencana-rencana atau keputusan-keputusan perusahaan yang belum dipublikasikan.

Pelarangan insider trading[sunting | sunting sumber]

Praktik insider trading dilarang dibanyak negara karena akan dapat mempengaruhi kepercayaan investor terhadap pasar finansial suatu negara. Individu yang mempunyai informasi non publik dan memanfaatkannya dalam perdagangan saham atau sekuritas, memiliki kelebihan yang tidak dipunyai investor lain dan bisa mendapatkan keuntungan yang jauh melebihi investor lainnya.[1]

Insider trading di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, praktik insider trading dilarang berdasarkan Undang-Undang no. 8 tahun 1995 tentang pasar modal.[1]

Berdasarkan undang-undang no 8 tahun 1995, yang dimaksud dengan insider yaitu orang yang bekerja di emiten atau perusahaan publik dan mengetahui informasi dalam perusahaan yang tidak diketahui publik.

Referensi[sunting | sunting sumber]