Walia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Walha
Raja Visigoth
Walia-rey-visigodo.png
Berkuasa415–418
PendahuluSigerik
PenerusTheodoric I
Wafat418
Ayahmungkin Atanarik I
IbuRocestes

Wallia atau Walha (dalam bahasa Spanyol: Walia, dalam bahasa Portugis Vália), (skt. 385 – 418) merupakan seorang raja Visigoth dari tahun 415 sampai 418, mendapatkan reputasi sebagai pejuang yang hebat dan penguasa bijaksana. Dia terpilih naik takhta setelah Ataulf dan kemudian Sigerik dibunuh pada tahun 415.

Sejak awal, Walia berdamai dengan Kaisar Honorius dan menerima sebuah perjanjian dengan Kekaisaran Romawi. Dia juga mengembalikan saudari Honorius, Galla Placidia kepadanya. Sebagai keuntungan dari pengaturan ini, Walia diberi Aquitaine pada tahun 417 sebagai wilayah di mana Visigoth akan berbasis sebagai sekutu resmi atau foederatus. Dia mendirikan istananya di Toulouse, yang menjadi ibu kota Visigoth selama sisa abad kelima.

Pada tahun 418 dia menghormati aliansi tersebut dengan menyerang Hispania, di mana pasukannya menghancurkan Vandal Siling dan dengan demikian mengurangi jumlah suku Alan yang tinggal di sana sehingga orang-orang yang selamat berada di bawah kekuasaan Gunderik, raja Vandal Asding.

Beberapa sumber sejarah mengatakan bahwa ia berhubungan dengan Alarik hanya dengan pernikahan. Dia digantikan oleh putra haram Alarik atau menantu Theodoric. Putri Walia menikah dengan Rechila, Raja Suebi, dan merupakan ibunda Ricimer dan ibu mertua Gondioc, Raja Bourgogne.

Walia terkadang dianggap sebagai model sejarah untuk sosok legendaris Walter dari Aquitaine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Raja Walia dari Visigoth
Wafat: 418
Gelar
Didahului oleh:
Sigerik
Raja Visigoth
415–418
Diteruskan oleh:
Theodoric I