Sigerik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sigeric (? – 22 Agustus 415) merupakan raja Visigoth yang bertakhta selama tujuh hari pada tahun 415 M. Pendahulunya, Ataulf, terluka parah di kandang istananya di Barcelona oleh seorang pembunuh. Pembunuh itu mungkin adalah pelayan setia Sarus, seorang bangsawan Goth dan musuh pribadi Ataulf sebelumnya yang telah dibunuh. Pada kematian Ataulf, faksi Sarus, Amali, melanggar hukum suksesi dengan segera membuat Sigerik, saudara Sarus, raja.

Edward Gibbon menulis dalam the History of the Decline and Fall of the Roman Empire bahwa tindakan pertama pemerintahan Sigerik "adalah pembunuhan tidak manusiawi" terhadap enam anak Ataulf dari pernikahan yang sebelumnya" yang dia robek, tanpa belas kasihan, dari lengan lemah seorang uskup yang terhormat." Adapun janda Ataulf, Galla Placidia, putri Kaisar Romawi Theodosius, dia "diperlakukan dengan kejam dan semena-mena " karena dipaksa berjalan kaki lebih dari dua belas mil di antara kerumunan tawanan yang dikendarai di depan Sigerik yang sedang dipasang.

Namun melihat penderitaan janda bangsawati itu, menjadi salah satu faktor yang membangkitkan amarah musuh sang perampas, yang dengan cepat membunuh Sigerik dan menggantikannya dengan kerabat Ataulf, Walia.

Karena Sigerik adalah orang Amali, anggota subkelompok wangsa yang bersaing di antara Visigoth ke Balti (yang Ataulf dan Walia adalah bagiannya), maka, dalam suksesi raja-raja biasanya diberi label Wangsa Balti, Sigerik adalah satu-satunya yang tidak termasuk jika kerajaan didefinisikan oleh koneksi Wangsa Balti. Karena fakta ini, sifat pemerintahannya sebagai perampasan, dan karena kekurangan pemerintahannya, Sigerik tidak muncul dalam daftar raja Visigoth.

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

Raja Sigerik dari Visigoth
Wafat: 415
Gelar
Didahului oleh:
Ataulf
Raja Visigoth
415
Diteruskan oleh:
Walia