Walet Merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Walet Merah

Walet Merah 2nd version by jaladara.jpg
Sampul Walet Merah edisi ke-3, oleh Hans Jaladara, terbitan Elex Media Komputindo.

Penerbit Bendera Indonesia Dwi Djaja Djakarta (1970)
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo (2004)
Muncul
perdana
"Pandji Tengkorak" (1968)
Pencipta Hans Jaladara
Karakteristik
Nama Karakter Warti
Dunia asal Nusantara
Rekan perjuangan Panji Tengkorak
Kemampuan Ilmu silat bersenjata hebat
Pengetahuan ilmu meringankan tubuh hebat

Walet Merah adalah karakter utama dalam serial cerita silat fantasi yang diciptakan oleh komikus Indonesia Hans Jaladara, atau hanya "Hans", pada tahun 1970-an. Komik ini pertama kali terbit pada tahun 1970. Versi daur ulang komik ini diterbitkan Elex Media Komputindo tahun 2004, komik sepanjang delapan jilid ini merupakan daur ulang dari versi 1970-nya dengan gaya gambar yang berbeda dengan versi terdahulunya, karena versi terbaru ini memiliki gaya gambar yang diyakini terpengaruh manga. Buku ini menceritakan pengembaraan Walet Merah mencari Panji Tengkorak.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Nama asli Walet Merah adalah Warti, dijuluki Walet Merah karena menguasai ilmu silat meringankan tubuh sehingga membuatnya gesit seperti burung walet dan selalu mengenakan pakaian merah. Tujuan Walet Merah (Warti) mengembara ialah mencari Panji Tengkorak untuk dipertemukan kembali dengan kakak Warti, Mariani. Padahal Warti sendiri menyimpan perasaan terhadap Panji Tengkorak.

Cerita komik ini tak jauh berbeda dengan versi filmnya, diawali dengan peristiwa terdamparnya Walet Merah di sebuah pulau yang penduduknya ditindas perompak. Setelah membantu penduduk pulau itu Walet Merah terlibat perebutan peta harta karun.

Adaptasi di media lain[sunting | sunting sumber]

Versi film bioskop ini rilis pada tahun 1993 yang disutradarai oleh S.A. Karim. Film ini diperankan oleh Devi Permatasari sebagai Walet Merah, dan Barry Prima sebagai Panji Tengkorak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]