Ali Oncom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Ali Oncom adalah tokoh dalam —dan sekaligus judul— strip komik yang muncul di Lembaran Bergambar (Lembergar) harian Pos Kota. Penggubahnya adalah Budi Priyono, komikus kelahiran Magelang tahun 1962. Tokoh ini menurut survai yang dilakukan oleh Pos Kota pada tahun 2000 menyabet posisi kedua setelah tokoh Doyok dalam hal popularitas.

Ali Oncom digambarkan sebagai pemuda berlatar belakang kampung di Jakarta dengan pekerjaan serabutan, seringkali menganggur, tetapi memiliki keinginan untuk hidup dengan gaya seperti orang yang mapan. Akibatnya ia selalu tampil dengan gaya kampungan. Penampilan standarnya adalah potongan rambut cepak di pinggir, gondrong, dan berkucir di belakang, lengan baju digulung bak, kancing dibuka, dalamnya berkaos —semua ini khas gaya 80-an—, celana jins potongan jengki —simbol gaya 70-an—, tetapi botak di tengah.

Komik strip satir ini berkeinginan menggarisbawahi kehidupan pemuda miskin yang berorientasi kehidupan anak orang kaya, yang selalu ketinggalan zaman, dan perilakunya tetap bersumber dari budaya kemiskinan.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]