Banuarli Ambardi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Banuarli Ambardi alias Banuarli Ibnudiman (juga sering disingkat menjadi Banu) adalah seorang komikus kelahiraan Yogyakarta berkebangsaan Indonesia. Salah satu komikus yang menginspirasinya adalah almarhum Harya Suraminata, komikus pencipta karakter Gundala. Dari situlah, ia mempunya ide untuk menciptakan karakter pahlawan super bernama Herbintang. Komik Herbintang tersebut lantas diterbitkan oleh sebuah penerbit kecil di Yogjakarta dan ia menggunakan nama Banuarli Ambardi untuk komik pertamanya ini.

Karakter pahlawan super lain, Untara diciptakan Banu pada tahun 1974, adalah pahlawan super yang mempunyai kekuatan mistis. Pada tahun1994 Banu juga menciptakan Agni, seorang pahlawan super anak.[1]

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Ambardi, ayahnya, memperbolehkan Banu muda untuk menggambar di dinding rumah mereka, sebagian besar berupa gambar karakter wayang. Ketika Banu kecil menduduki kelas 4 SD, ia membuat komik strip di atas kertas bekas. Komik pertamanya berjudul Lahirnya Gatotkaca dan dibaca oleh penggemar dan teman-teman kelasnya.

Pada tahun 60-an, Banu sering bertemu pamannya, Jan Mintaraga, seorang mahasiswa ASRI Jogja. Dengan ketertarikannya pada dunia komik yang semakin besar, Banu meninggalkan cita-cita awalnya untuk menjadi dokter. Banu kemudian mengeyam pendidikan tinggi di Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI) guna memperdalam bakatnya dalam dunia perkomikan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BANUARLI AMBARDI". Bumi Langit. 2016-10-21. Diakses tanggal 2018-12-02.