Vitaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Vitales)
Vitaceae
Rentang fosil: Maastrichtium – Sekarang[1]
Vitis vinifera
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Vitales
Famili:
Vitaceae
Genera

lihat teks.

Suku anggur-angguran, Vitaceae atau Vitidaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk ke dalam klad Rosidae, dikotil sejati inti atau core Eudikotil, dan dikotil sejati atau Eudikotil tetapi tidak dimasukkan ke dalam bangsa apa pun. Penelitian lanjutan dari Jansen et al. (2006)[2] menegaskan posisi Vitaceae sebagai kerabat Rosidae, tetapi bukan bagiannya, sehingga versi revisi yang tercantum dalam Angiosperm Phylogeny Website menempatkannya dalam bangsa tersendiri, Vitales.[3]

Anggota yang paling dikenal orang adalah anggur (Vitis). Tetrastigma adalah inang bagi padma parasit, Rafflesia. Berikut ini adalah marga yang tergabung di dalam suku ini:

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Vitales". www.mobot.org. Diakses tanggal 2023-12-25. 
  2. ^ Jansen R.K., C. Kaittanis, S. B. Lee, C. Saski, J. Tomkins, A. J. Alverson dan H. Daniell. 2006. Phylogenetic analyses of Vitis (Vitaceae) based on complete chloroplast genome sequences: effects of taxon sampling and phylogenetic methods on resolving relationships among Rosidae. BMC Evolutionary Biology 6:32 (edisi daring)
  3. ^ Vitales pada Angiosperm Phylogeny Website