Universitas Satu Nusa Lampung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Universitas Satu Nusa Lampung adalah perguruan tinggi swasta dibawah naungan Yayasan Pendidikan Satu Nusa (YPSN) Lampung, Yayasan ini didirikan pada 1 Agustus 1986 oleh H. Ismet Inonu, S.E,.M.M.(1948-2021) dan Hj. Rita Herlina, S.Sos., M.M. (1969-2008)

Universitas Satu Nusa Lampung
JenisUniversitas Swasta
Didirikan1 Agustus 1986; 37 tahun lalu (1986-08-01)
Lembaga induk
Yayasan Pendidikan Satu Nusa (YPSN) Lampung
AfiliasiKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
RektorSaddam Hussein Inonu, S.E., M.M.
Alamat
Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No. 17A, Rajabasa
, , ,
Situs webusn-lampung.ac.id

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bermula dari pendirian Lembaga Kursus Bahasa Inggris yang bernama Supreme Collage yang selanjutnya berubah menjadi Lembaga Pendidikan Satu Nusa. Lalu atas persetujuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) Republik Indonesia pada tahun 1990 mendirikan sekolah swasta (SMEA, SMIP dan STM) dengan  program studi akuntansi, perhotelan, perjalanan wisata, dan teknik mesin (saat ini SMK Satu Nusa 1, 2, dan 3). Dengan perjuangan tiada henti pada tahun 1999 para pendiri YPSN Lampung mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Satu Nusa dan Akademi Pariwisata Satu Nusa (AKPARSAN) dan menerima alih kelola beberapa sekolah tinggi yakni STMIK Tunas Bangsa, STBA Yunisla dan STIBUN Lampung. Tidak berhenti sampai disitu dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan serta mengikuti pertumbuhan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), dengan penuh suka duka, pada akhirnya tahun 2022 didirikanlah Universitas Satu Nusa Lampung. Kampus swasta yang disingkat USN Lampung ini berdiri pada 4 April 2022 yang tertuang pada surat keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan,  Riset, dan Teknologi nomor: 245/E/O/2022.

USN Lampung adalah perguruan tinggi swasta (PTS) dibawah naungan Yayasan Pendidikan Satu Nusa (YPSN) Lampung yang dipimpin oleh Ketua Pengurus Yayasan Heditia Umi Ismulyani, S.E., M.M. USN Lampung terbentuk melalui penggabungan 4 (empat) sekolah tinggi, yang terdiri dari: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Satu Nusa,  Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tunas Bangsa, Sekolah Tinggi Perkebunan (STIBUN) Lampung, dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Yunisla.  Kampus USN Lampung memiliki gedung berlantai 5 (lima) untuk mendukung kegiatan akademik dan non akademik yang dibangun diatas tanah seluas 2,7 hektar, beralamat di Jl. Zainal Abidin Pagar Alam, No.17A. Rajabasa, Bandar Lampung.

USN Lampung memiliki 3 (tiga) fakultas beserta 6 (enam) program studi, yakni adalah Fakultas Ekonomi Bisnis dan  Humaniora (FEBHUM) terdiri dari program studi S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan S1 Sastra Inggris; Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) terdiri dari program studi S1 Sistem Informasi dan S1 Informatika; Fakutas Teknologi Pertanian (FATETA) terdiri dari program studi S1 Agroteknologi.

Program studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Satu Nusa Lampung menyelenggarakan pendidikan bidang ilmu sosial dan bidang ilmu sains, sebagai berikut :

No Fakultas Program Studi Jenjang Gelar Akreditasi
1. Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora (FEBHUM) Manajemen

Akuntansi

Sastra Inggris

Sarjana (S1) Sarjana Ekonomi (S.E.)

Sarjana Ekonomi (S.E.)

Sarjana Sastra (S.S.)

Baik

Baik

Baik

2. Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Informatika

Sistem Informasi

Sarjana (S1) Sarjana Komputer (S.Kom) Baik

Baik

3. Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) Agroteknologi Sarjana (S1) Sarjana Pertanian (S.P.) B


Referensi[sunting | sunting sumber]


1. https://usn-lampung.ac.id

2. https://www.datadikti.com/universitas-satu-nusa-lampung

3. https://lampuung.com/universitas-satu-nusa-lampung-resmi-berdiri/