Universitas Nusa Putra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Nusa Putra Univeristy
Universitas Nusa Putra
Nusa Putra University
MotoAmor Deus, Parentium, Concervis
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan2 Februari 2018; 6 tahun lalu (2018-02-02)
AfiliasiUmum
RektorDr. Kurniawan, ST.,M.Si.,MM
Alamat
Jalan Raya Cibolang Kaler No.21, Kec. Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
,
Indonesia
Situs webwww.nusaputra.ac.id

Universitas Nusa Putra atau Nusa Putra University (NPU) adalah universitas swasta yang berlokasi di Sukabumi Jawa Barat di bawah naungan Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi.[1] Hingga tahun 2023 Universitas Nusa Putra memiliki dua Fakultas yaitu Fakultas Bisnis dan Humaniora yang menaungi empat Program Studi yaitu S1 Manajemen, S1 Hukum, S1 Akuntansi dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Fakultas Teknik, Komputer dan Desain yang menaungi Program Studi S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Sistem Informasi, S1 Desain Komunikasi Visual, S2 Komputer Science dan Program Diploma D3 Teknik Mesin dan D3 Teknik Elektronika.

Universitas Nusa Putra telah mendapatkan pengakuan dan akreditasi baik di tingkat nasional melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) [2] maupun di tingkat internasional melalui Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programs (AQAS).[3]

Sejarah Pendirian Universitas Nusa Putra[sunting | sunting sumber]

Gagasan pendirian Nusa Putra sebagai lembaga pendidikan telah dimulai pada Tahun 2002 dengan didirikannya Warnet atau Warung Internet yang memfasilitasi para pelajar dan warga sukabumi untuk mendapatkan informasi yang diikuti berdirinya Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Nusa Putra (LP2NSP) yang berfokus pada pendidikan dan pelatihan komputer.[4] Pada tahun 2004 resmi berdiri Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi yang kemudian diikuti dengan pendirian Lembaga Pendidikan Informatika Nusa Putra (LPI NSP). Sejak itu, Nusa Putra terus berkembang hingga pada Tahun 2007 Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra (STT Nusa Putra) dengan empat Program Studi S1 yaitu S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi dan S1 Sistem Informasi serta 2 Program Diploma D3 yaitu D3 Teknik Mesin dan D3 Teknik Elektronika.[5] Sebelas tahun kemudian tepatnya pada tahun 2018 Berdirilah Universitas Nusa Putra sebagai perubahan bentuk dari STT Nusa Putra yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 108/KPT/I/2018 tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra di Sukabumi Menjadi Universitas Nusa Putra dengan penambahan enam program studi S1 yaitu S1 Manajemen, S1 Hukum, S1 Akuntansi dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Teknik Mesin, dan S1 Teknik Elektro. Pada Tahun 2019 berdiri program Magister S2 Ilmu Komputer (computer science).[6]


Sebagai sebuah Perguruan Tinggi, Universitas Nusa Putra menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta berorientasi kepada arah kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Di sisi lain, dalam rangka pembinaan kelembagaan, Universitas Nusa Putra juga menganut kebijakan dan ketentuan yang ditetapkan oleh yayasan Perguruan Nusa Putra. Arah kebijakan yang utama yaitu progam internasional yang menyeluruh baik dari aspek akademik maupun non-akademik. Kebijakan tersebut diwujudkan dengan pembukaan kelas internasional dan penerimaan mahasiswa asing pada semua program studi. Hingga tahun 2023, tercatat ada sebanyak 230 mahasiswa asing yang berasal dari 38 negara seperti Armenia, Prancis, Yaman, Palestina, Myanmar dan negara-negara lainnya.

Trilogi Nusa Putra[sunting | sunting sumber]

Universitas Nusa Putra memiliki nilai-nilai luhur sekaligus juga merupakan manifesto dalam perjuangannya meraih visi misi. Nilai-nilai itu disebut dengan Trilogi Nusa Putra[7] yang harus dijungjung tinggi dan menjadi bagian dalam kehidupan seluruh insan Nusa Putra. Nilai-nilai tersebut adalah:


1. Amor Deus atau Cinta Kasih Tuhan

Niali ini dimaksudkan bahwa sebagai anugerah cahaya illahiah, insan Nusa Putra harus tetap menjalankan syariat agama, beragama bagi insan Nusa Putra merupakan kebutuhan dan wujud kecintaan kepada Tuhan, bukan dipandang sebagai sebuah kewajiban.


2. Amor Parentium atau Cinta Kasih Orang Tua

Sebagai kekuatan insan Nusa Putra untuk menjaga ajaran dan nilai-nilai luhur rasul, leluhur, kedua orang tua dan guru-guru serta orang orang soleh terdahulu.


3. Amor Concervis atau Cinta Kasih Sesama

Sebagai pengikat insan Nusa Putra untuk menjalani hidup berdampingan secara damai dalam menyikapi setiap perbedaan, karena Tuhan berkehendak atas adanya perbedaan itu sendiri.

Fakultas dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Nusa Putra menyelenggarakan:[8]

  • Fakultas Teknik, Komputer dan Desain
    • Magister Informatika (S2)
    • Teknik Informatika (S1)
    • Sistem Informasi (S1)
    • Desain Komunikasi Visual (S1)
    • Teknik Sipil (S1)
    • Teknik Elektro (S1)
    • Teknik Mesin (S1)
    • Teknik Elektronika (D3)
    • Teknik Mesin (D3)
  • Fakultas Bisnis dan Humaniora
    • Manajemen (S1)
    • Akuntansi (S1)
    • Hukum (S1)
    • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
  • Serta program Pascasarjana
    • Magister Informatika (S2)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dikti, Sisinfo (2019). "Direktori Perguruan Tinggi" (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 4 Januari 2023 – via LLDikti 4. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ "Distribusi Peringkat". Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-01-15. 
  3. ^ "Nusa Putra University". EQAR (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-01-15. 
  4. ^ "Universitas Nusa Putra" (dalam bahasa Indonesia). 2023. Diakses tanggal 4 Januari 2023 – via Mau Kuliah. 
  5. ^ "Universitas Nusa Putra" (dalam bahasa Indonesia). 2023. Diakses tanggal 4 Januari 2023 – via QuBisa. 
  6. ^ Nur Afitria Cika Handayani (2 November 2020). "Nusa Putra University" (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 4 Januari 2023 – via Tribunnews. 
  7. ^ "Nilai-nilai Luhur". Nusa Putra University. Diakses tanggal 2023-04-01. 
  8. ^ Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (2020). "Universitas Nusa Putra" (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 4 Januari 2023 – via Dikti. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]