Ula-ula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ula-ula segitiga
Ula-ula trapesium
Ula-ula ekor-walet berbentuk segitiga

Ula-ula, adalah bendera sempit panjang yang lebih besar pada bagian kerekan daripada pada bagian depan, yaitu. , bendera mulai mengecil saat menjauh dari tiang bendera, jika dilihat dari kiri ke kanan. Bentuknya bisa bermacam-macam, seperti segitiga, lancip (ekor persegi) atau segitiga ekor walet (ekor bercabang), dll. Ula-ula memiliki pengertian lebih sempit daripada umbul-umbul. Umbul-umbul dapat terbentuk dari berbagai rupa dan multifungsi, contohnya dapat berbentuk panjang utuh tanpa penyempitan dan dapat digunakan sebagi sarana iklan. Sedangkan ula-ula lebih sering digunakan sebagai tanda kehormatan, penghargaan atau apresiasi.

Bendera bergaya ula-ula adalah salah satu dari tiga jenis bendera utama yang dibawa selama Abad Pertengahan (dua lainnya adalah bendera spanduk dan bendera standar ). [1] Ula-ula adalah bendera yang bentuknya menyerupai guidon, namun ukurannya hanya setengah. Itu tidak mengandung lambang apa pun, tetapi hanya lambang, semboyan dan perangkat heraldik dan ornamen.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ula-ula kadang-kadang runcing, tetapi umumnya bercabang dua atau berekor burung layang-layang di ujungnya. Pada abad ke-11, ula-ula umumnya berbentuk persegi, ujungnya dihiasi dengan tambahan lidah atau pita runcing, agak mirip dengan oriflamme . Pada masa pemerintahan Henry III, ula-ula memperoleh bentuk ekor burung layang-layang yang khas, atau bentuk runcing tunggal. Versi lain dari ula-ula berujung tunggal diperkenalkan pada abad ke-13. Bentuknya segitiga tak sama panjang, diperoleh dengan memotong spanduk lonjong vertikal secara diagonal.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Swinburne 1911, hlm. 456.