USS Wisconsin (BB-64)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Uss wisconsin pada tahun 1990

USS Wisconsin (BB-64), "Wisky" atau "wisky", merupakan kapal perang dari kelas iowa,milik Angkatan Laut Amerika Serikat yang akan dinamai untuk menghormati negara bagian Wisconsin. Itu dibangun di Philadelphia Naval Shipyard di Philadelphia, Pennsylvania, dan diluncurkan pada 7 Desember 1943 (hari peringatan kedua dari serangan Pearl Harbor), yang disponsori oleh istri Gubernur Walter Goodland dari Wisconsin.

Selama karier kapal, Wisconsin bertugas di Teater Pasifik Perang Dunia II, di mana ia ditembaki benteng Jepang dan disaring Amerika Serikat kapal induk karena mereka melakukan serangan udara terhadap posisi musuh. Selama Perang Korea, Wisconsin dikupas target Korea Utara dalam mendukung PBB dan operasi darat Korea Selatan, setelah itu dihentikan. Kapal itu diaktifkan kembali 1 Agustus 1986, dimodernisasi dan berpartisipasi dalam Operasi Badai Gurun/perang teluk 1 pada bulan Januari dan Februari 1991.

Wisconsin terakhir dinonaktifkan pada September 1991, setelah meraih total enam bintang pertempuran untuk layanan dalam Perang Dunia II dan Korea, serta Angkatan Laut Satuan Commendation untuk layanan selama Januari / Februari 1991 Perang Teluk. Saat ini berfungsi sebagai museum kapal yang dioperasikan oleh Nauticus, The Maritime Center Nasional di Norfolk, Virginia. Wisconsin dipukul dari Kapal Angkatan Laut Register (NVR) 17 Maret 2006, dan, pada 14 Desember 2009, telah disumbangkan untuk digunakan permanen sebagai museum kapal. Pada tanggal 15 April 2010, Kota Norfolk resmi mengambil alih kepemilikan kapal.

terlibat di perang teluk 1[sunting | sunting sumber]

Kapal perang USS WISCONSIN (BB-64) menembakkan putaran dari salah satu senjata Mark 7 16-inch / 50-kaliber di Nomor 3 menara selama Operasi Badai Gurun. Target kapal adalah baterai artileri Irak di Kuwait selatan.

Pada tanggal 2 Agustus 1990, Irak menginvasi Kuwait. Pada pertengahan bulan, Presiden George HW Bush, sesuai dengan Carter Doktrin, dikirim yang pertama dari beberapa ratus ribu tentara, bersama dengan kekuatan yang kuat dari dukungan angkatan laut ke Arab Saudi dan daerah Teluk Persia untuk mendukung multi-nasional kekuatan dalam perseteruan dengan diktator Irak Saddam Hussein.Pada tanggal 7 Agustus, Wisconsin dan kelompok pertempuran diperintahkan untuk menyebarkan membela Kuwait untuk Operasi Desert Shield, dan mereka tiba di Teluk Persia pada 23 Agustus. Pada tanggal 15 Januari 1991 Operasi Badai Gurun mulai beroperasi, dan Wisconsin menemukan dirinya melayani bersama adiknya Missouri, seperti yang dia lakukan di Korea empat puluh tahun sebelumnya. Kedua Wisconsin dan Missouri melancarkan serangan rudal tomahawk terhadap Irak; mereka berada di antara kapal pertama yang menembakkan rudal jelajah selama Perang Teluk 1991.

kedua Wisconsin dan Missouri melewati tanda juta pound dari persenjataan disampaikan pada target Irak oleh presiden saat George HW Bush berakhir permusuhan pada tanggal 28 Februari. Dengan satu salvo terakhir dari senjata besar-nya, Wisconsin menembakkan angkatan laut misi terakhir dukungan tembakan dari perang, dan dengan demikian adalah kapal perang terakhir dalam sejarah dunia untuk melihat tindakan. Wisconsin tetap di Teluk Persia setelah gencatan senjata mulai berlaku, dan kembali ke rumah pada tanggal 28 Maret 1991. Selama delapan bulan Wisconsin dihabiskan di Teluk Persia, ia telah terbang 348 jam UAV, tercatat 661 pendaratan helikopter aman, dikukus 46.000 nm (53.000 mil; 85.000 km), dipecat 319 16 di (410 mm) putaran,881 5-inch (130 mm) putaran, 5200 20 mm Phalanx CIWS putaran,dan, diluncurkan 24 rudal jelajah Tomahawk.karena semua empat kapal perang yang tersisa dinonaktifkan dan dilanda setelah Perang Teluk, ini adalah terakhir kalinya bahwa kapal perang Amerika Serikat secara aktif berpartisipasi dalam perang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]