Tupai bergaris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tupai bergaris
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Scandentia
Famili: Tupaiidae
Genus: Tupaia
Spesies: T. dorsalis
Nama binomial
Tupaia dorsalis
Schlegel, 1857
Striped Treeshrew area.png
Striped treeshrew range

Tupai Bergaris (Lat.: Tupaia dorsalis Schologel)[2] adalah spesies tupai dari keluarga Tupaiidae.[2] Tupai dengan ciri khasnya ada garis lurus hitam di punggungnya, dari belakang kepala sampai ke pangkal ekor.[2] Rambut punggung pendek dan halus, berwarna lurik dengan pangkal putih, di tengah kuning sampai kuning kecoklatan, dan ujungnya hitam.[2] Campuran warna ini menjadi coklat kekuningan sampai kuning kehitaman seperti bubuk merica.[2] Permukaan perut berwarna kelabu kekuningan.[2] Diduga mempunyai sifat seperti jenis tupai lainnya.[2] Spesies ini endemik di Kalimantan di mana bisa ditemukan di Sabah, Sarawak (Malaysia), Brunei, dan Kalimantan (Indonesia) kecuali di selatan-timur.[1] Spesies ini belum tercatat di Sabah dalam 20 tahun terakhir.[1] Hal ini karena spesies dataran rendah (meskipun tidak tercatat dari daerah pesisir di jaungkauan bagian utara ), tercatat hingga 1.200 m.[1] Jumlahnya di alam sangat sedikit.[2] Jenis ini dikenal yang cukup langka dan hanya diketahui dari beberapa jenis saja.[1] Meskipun hampir pasti telah mengalami penurunan habitat, dengan tidak adanya informasi mengenai preferensi habitat, spesies ini sementara terdaftar sebagai Data Kurang.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Han, K. H. & Stuebing, R. (2008). "Tupaia dorsalis". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2008. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 30 December 2008. 
  2. ^ a b c d e f g h (Indonesia) Hassan Shadily Ensiklopedi Indonesia Jilid ke-6. 1984. Jakarta: Ictiar Baru- Van Hoeve dan Elsevier Publishing Projects.