Tteokbokki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tteokbokki
Tteokbokki.JPG
Nama Korea
Hangul
떡볶이
Alih AksaraTteokbokki
McCune–ReischauerTtŏkpokki


Tteokbokki (bahasa Korea: 떡볶이) adalah hidangan Korea berupa tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tepung beras yang dipakai berbentuk bulat batang yang memanjang. Makanan ini juga termasuk dalam makanan internasional. Rempah-rempah yang digunakan di masakan ini bisa dibilang akan sedikit familiar di lidah orang-orang.

Pada awalnya, makanan ini berasal dari masakan istana Dinasti Joseon yang disebut gungjung tteokbokki. Pada waktu itu, masakan ini berupa huintteok yang dimasak dengan kecap asin dengan daging sapi, bagogari, kecambah, kacang hijau, peterseli, shiitake, wortel, dan bawang bombay. Rasanya jauh berbeda dari tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang. Selain itu, tteok yang dipakai bisa terdiri dari 5 warna yang melambangkan Korea, yaitu merah, kuning, putih, hitam, dan biru.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kawasan Sindang-dong di Seoul dikenal sebagai tempat makan tteokbokki. Seusai Perang Korea, kios kecil di Sindang-dong adalah kios pertama yang menjual tteokbokki dengan bumbu cabai. Hingga kini, di kawasan Sindang-dong terdapat banyak kios tteokbokki.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yoon, Sook-ja. "Tteokbokki; Stir-fried Sliced Rice Pasta". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-12. Diakses tanggal 13 December 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]