Tour de Pologne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tour de Pologne
Tour de Pologne 2014
Rincian balapan
PelaksanaanAgustus
LokasiPolandia
Nama dalam bahasa InggrisTour of Poland
Nama lokalWyścig Dookoła Polski (Polandia)
DisiplinJalan raya
KompetisiUCI World Tour
TipeBalap tahapan
Sejarah
Edisi pertama1928 (1928)
Edisi terbaru71 (pada tahun 2014)
Juara pertama Feliks Więcek (POL)
Juara terbanyak Dariusz Baranowski (POL)
 Marian Więckowski (POL)
(3 kemenangan)
Juara bertahan Rafał Majka (POL)
Peloton di Tour of Poland 2004.

Tour de Pologne (Bahasa Prancis bagi "Tour of Poland"), secara resmi disingkat sebagai TdP, adalah sebuah balap tahapan jalan raya. Balapan ini terdiri dari tujuh hingga delapan tahapan dan umumnya diadakan pada jarak tempuh sepanjang 1200 km. Balapan pertama diadakan pada tahun 1928. Hingga tahun 1952 balapan diadakan secara tidak teratur, namun sejak saat itu diadakan tahunan. Hingga awal tahun 1993 hanya terbuka dari pembalap amatir dan sebagian besar pemenangnya datang dari Polandia.

Asosiasi bersepeda internasional Union Cycliste Internationale (UCI), membuat TdP termasuk dalam UCI ProTour pada tahun 2005, dan kemudian menjadi bagian dari UCI World Tour.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konsep awal dari balap tahapan TdP dilakukan serelah munculnya Tour de France yang populer. Proposal untuk menyelenggarakan even diserahkan bersama oleh Kelompok Bersepeda Warsawa dan koran olahraga Przegląd Sportowy yang diterbitkan di Kraków. Karena inisiatif mereka, sebuah balapan Wyścig Dookoła Polski (Balap Keliling Polandia, nama asli dari TdP) diadakan pada musim panas tahun 1928. Edisi pertama tersebut diadakan pada 7–11 September 1928. 71 pembalap sepeda berkendara dengan jarak tempuh hampir 1.500 km — pemenangnya adalah Felix Więcek dari Klub Bersepeda Bydgoszcz.

Hingga pecahnya Perang Dunia II, TdP dilakukan sebanyak empat kali, dua diantaranya — diadakan pada tahun 1937 dan 1939 - dimenangkan oleh "Harimau Jalan Raya" - Bolesław Napierała.

Balapan awal jauh berbeda dengan balapan saat ini. Tahapannya jauh lebih panjang (seringkali mencapai jarak lebih dari 300 km), dan pembalap berkali-kali mengalami pecah ban akibat jalanan yang buruk, dan beristirahat di restoran lokal.

Setelah perang usai, ide untuk menyelenggarakan balap sepeda keliling Pilandia muncul kebali. Pada tahun 1947 atas kerjasama dari Asosiasi Bersepeda Polandia, rumah publikasi "Czytelnik" dan sekelompok wartawan, balapan diaktifkan kembali setelah berhenti selama 8 tahun. Pemenang setelah hanya empat tahapan sejauh 606 km (yang terpendek dalam sejarah TdP) adalah Stanislaw Grzelak (Tramwajarz Lodz). Hingga tahun 1993 tidak memungkinkan bagi penyelenggara dari TdP untuk meraih perngkat yang cukup bagi event mereka, Ini karena pendirian resmi dari otoritas dan ketertarikan di balapan yang lain — Peace Race. Yang perlu dicatat selama rentang waktu tersebut: kemenangan dari pembalap asing — Francesco Locatelli (1949), Roger Diercken (1960), José Viejo (1972) dan André Delcroix (from 1974), edisi terpanjang dari balapan - 2.311 km dan 13 tahapan (pada tahun 1953) dan kemenangan tiga kali berturut-turut dari Marian Wieckowski (1954–56), yang hanya bisa disamai oleh Dariusz Baranowski (1991–93).

Sejak tahun 1993, Czesław Lang, peraih medal perak dalam cabang bersepeda di Olimpiade Musim Panas 1980 dan pemenang dari TdP 1980, mengambil alih fungsi dari direktur TdP. Karena usahanya yang terus-menerus, saat ini TdP menjadi bagian dari kalender UCI World Tour.

Pada tahun 1997, pada saat kongres UCI di San Sebastian, TdP meningkat ke kategori professional 2.4, dan sekarang dikelompokkan dalam kategori "Balap Nasional" (pertama bagi negara di Eropa Tengah dan Timur).

Pada Kejuaraan Dunia 1999 di Verona, Komisi Teknis UCI mempromosikan balapan ke level 2.3. Pada 12 Oktober 2001 balapan dipromosikan ke kategori 2.2.

Pada tahun 2005 atas keputusan dari UCI, TdP dimasukkan ke dalam event bersepeda elit — UCI ProTour. Komposisi dari balapan tersebut termasuk juga tiga Grand Tour: Giro d'Italia, Tour de France, Vuelta a España, Piala Dunia Klasik, balap tahapan kategori 2.HC (termasuk juga Paris–Nice, Tour de Suisse), balap klasik 1.HC (seperti La Flèche Wallonne - Panah Walloon) dan TdP, yang meningkat dua kategori menjadi 2.HC.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]