Gent–Wevelgem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gent–Wevelgem
Gent–Wevelgem logo.svg
Rincian balapan
Pelaksanaan Akhir Maret
Lokasi Flanders, Belgia
Nama dalam bahasa Inggris Ghent-Wevelgem
Nama lokal Gent–Wevelgem (Belanda)
Julukan Ghent-Bubblegum
Disiplin Jalan raya
Kompetisi UCI World Tour
Tipe Satu hari
Direktur balapan Luc Gheysens
Sejarah
Edisi pertama 1934 (1934)
Edisi terbaru 76 (as of 2014)
Juara pertama  Gustave Van Bell (BEL)
Juara terbanyak  Robert Van Eenaeme (BEL)
 Rik Van Looy (BEL)
 Eddy Merckx (BEL)
 Mario Cipollini (ITA)
 Tom Boonen (BEL)
(3 kemenangan)
Juara bertahan  John Degenkolb (GER)

Gent–Wevelgem adalah balap sepeda jalan raya klasik yang diadakan di Belgia pada akhr bulan Maret setiap tahun. Event ini pertama diadakan pada tahun 1934, dan sering disebut sebagai klasik sprinter karena lintasan akhir yang datar.[1] Tanggal penyelenggaraan di awal musim berarti pembalap akan sering diuji oleh angin dan hujan. Tantangan lain meliput sejumlah tanjakan, termasuk dua tanjakan berbatu, dan Kemmelberg yang sulit.

Lintasan yang selektif berarti hanya sedikit edisi dari Gent–Wevelgem yang berakhir dengan sprint massal. Sebuah kelompok kecil (termasuk beberapa sprinter) seringkali bertarung menjelang garis finish. Pada tahun-tahun terakhir, balapan diletakkan pada hari Rabu antara Tour of Flanders dan Paris–Roubaix, dan meskipun tidak secara resmi termasuk dalam Vlaamse Wielerweek (Pekan bersepeda Flemish), ini dapat disebut sebagai akhir tidak resmi dari seri balap sepeda klasik di Flanders.

Balapan tidak pernah dimulai dari Ghent sejak tahun 2004, meskipun menggunakan namanya, dan secara tradisional dimulai dari pusat pasar di Deinze di dekatnya. Lintasan kemudian berjalan ke barat menuju wilayah pantai Belgia, dan kemudian mengarah ke selatan ke dekat perbatasan dengan Prancis di Monteberg dan Kemmelberg, sebelum mengarah ke Wevelgem.

Sejak tahun 2005 balapan ini menjadi bagian dari UCI ProTour,[1] dan sejak tahun 2009, menjadi bagian dari kalender UCI World Tour. Pada tahun 2010 tanggal pasti balapan diubah ke hari Rabu setelah Tour of Flanders ke har minggu sebelumnya.[2] Edisi ke-73 diadakan pada 27 Maret 2011, dan menempuh jarak 219 kilometer. Sejak tahun 2012 terdapat pula balapan wanita.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Edisi pertama diadakan pada 9 September 1934 sebagai balapan junior dengan jarak 120 km. Pada awalnya diadakan untuk menghormati Gaston Rebry (penduduk Wevelgem) yang pada tahun tersebut memenangkan Tour of Flanders dan Paris-Roubaix. Setelah Perang Dunia II, penyelenggaraan bagi pembalap professional pada 29 Juli 1945 dengan jarak tempuh 200 km, dengan penyelenggara, hingga sekarang adalah klub bersepeda "Het Wiel Vliegende."

Pada tahun 1947, waktu penyelenggaraan Gent–Wevelgem digabungkan dengan "klasik musim semi" dan kemudian, pada tahun 1957–1959 "Trofee van Vlaanderen (Flanders Trophy) diberikan setelah Omloop Het Volk.

Start balapan pada tahun 2004 dimulai di dekat Ghent yaitu Deinze tanpa mengubah namanya. Bagian awal rute Gent–Wevelgem menyusuri pantai, sebelum mengarah ke tengah daratan. Angin di dekat Veurne sering kali mulai memecah kelompok, karena wilayah Flemish yang cenderung memiliki angin yang kuat dan hal ini membuat pertandingan lebih menarik. Tantangan utama adalah di Kemmelberg, sebuah tanjakan terjal berbatu yang harus didaki sebanyak dua kali, dan juga memiliki turunan yang berbahaya, yang telah menjatuhkan banyak pembalap. Bagian dari Monteberg Kemmelberg menjadi titik utama yang memisahkan kelompok pembalap. Setelah itu, jalanan yang relatif datar membuat akhir balapan di Wevelgem seringkali berakhir dengan sprint dari kelompok kecil.

Sejak tahun 2008 lintasan diubah secara mendasar dan pembalap tidak lagi menyusuri pantai, namun mengambil jalan lain melewati Steenstraat (Bovekerke-Works) dan kemudian mendekati Furnes dari tanggul dengan arah dari pantai, kemudian melewati wilayah Bukit, dengan Vidaigneberg, Rodeberg, Monteberg (melewati puncak kemudian belok kanan), melewati jalan pintas untuk mendekati Kemmelberg dari desa Kemmel. Turunan kemudian diubah untuk menghindari turunan berbahaya sehingga menghindari potensi tabrakan. WIlayah perbukitan ini kemudian dilewati sekali lagi dengan urutan yang sama sebelum mengarah ke Wevelgem. Jalan baru ini mendapat tanggapan dari banyak pembalap, yang menyebutkan pembukaan jalur Kemmelberg cukup aneh namun menurut direktur balapan Hans De Clercq hal ini adalah normal.

Pada tahun 2010 sebuah perubahan besar lainnya dilakukan. Tanggal penyelenggaraan diubah dari hari Rabu antara Tour of Flanders dan Paris-Roubaix ke hari Minggu sebelum Tour of Flanders. Selain itu lebih banyak tanjakan diberikan sebelum tanjakan Kemmel yaitu, Scherpenberg, Mont des Cats, Berthe, Black Mountain, Baneberg, dan baru kemudian Rodeberg Monteberg dan Kemmelberg. Deretan bukit ini dilewati dua kali sebelum mencapai garis finish di Wevelgem.

Balap ini diadakan pada hari minggu sebelum Tour of Flanders, dan meskipun tidak menjadi bagian dari Pekan Bersepeda Flemish, balapan ini dapat dianggap sebagai penutup seri balap klasik tidak resmi di Flanders.

Sejak tahun 2010, balapan ini menjadi bagian dari kalender UCI World Tour.

Sejarh rute[sunting | sunting sumber]

Kemmelberg adalah tantangan utama di Gent-Wevelgem

Balapan pertama diadakan pada tahun 1934, dan diadakan untuk pembalap junior. Edisi kedua pada tahun 1935, yangjuga diadakan bagi pembalap junior diadakan Ardennes Flemish dengan beberapa tanjakan seperti Kwaremont, Kluisberg dan Tiegemberg.

Dari tahun 1936 hingga 1939 balapan dibuka bagi pembalap amatir independen. Balapan berlangsung dari Ghent dan Kortrijk kemudian melalui wilayah sekitarnya termasuk Gunung Lauw yang cukup tinggi.

Pada tahun 1945, setelah Perang Dunia II, Gent-Wevelgem menjadi balapan bagi para professional. Sebuah lintasan yang benar-benar baru melalui Ardennes Flemish menuju Wevelgem dan kemudian berputar kembali melewati perbukitan Flemish. Edelareberg, Hoppenberg, Kwaremont, Zwarteberg (Gunung Hitam) dan Rodeberg (Gunung Merah) menjadi perbukitan yang dilintasi. Pada tahun 1947 dan 1948 lintasan menyusuri garis pantai.

Pada tahun 1957, Tour of Flanders, Omloop Het Volk, dan Gent–Wevelgem dilakukan bersama-sama, dan pembalap berrtarung memperebutkan hadiah bersama, "Trophy of Flanders." Pada waktu tersebut, Gent–Wevelgem menambahkan tanjakan di Flanders Prancis (Black Mountain, Catsberg, Kite Mountain, Kasselberg) sebagai pendahulu sebelum Kemmelberg. Pada tahun 1958, tanjakan Franco-Flemish tersebut tidak dimasukkan; perlitasan perbatasan berarti terlalu banyak kegiatan adminstratif harus dilakukan. Setelah menyusur garis pantai, rute tersebut hanya melewati Rodeberg, Vidaigneberg dan Kemmelberg di wilayah perbukitan.

Pada tahun 1960 konflik jadwal menandai akhir dari Trophy of Flanders. Pada waktu tersebut Gent–Wevelgem yang tidak terlalu prestisius diletakkan di antara dua balap klasik yang lebih populer. Pada tahun tersebut, selain tanjakan di Geraardsbergen, Kwaremont, dan Kluisberg Tiegemberg di Ardennes Flemish, terdapat pula Vidaigneberg, Kemmelberg dan turunan Mesen di perbukitan.

Pada tahun 1961, Gent–Wevelgem menerapkan balapan dua hari. Hari pertama melewati Ghent dan Antwerp dan kedua adalah Gent–Wevelgem dengan tanjakan hanya di wilayah perbukitan (Rodeberg, Vidaigneberg, Kemmelberg, Turunan Mesen).

Dari tahun 1962 hingga 1976 Gent–Wevelgem diadakan melewati pantai menuju wilayah perbukitan, dengan Rodeberg, Vidaigneberg dan Kemmelberg menjadi jalur tetap, kadang kala dilengkapi dengan Monteberg, Baneberg, Sulferberg, Goeberg, Suikerberg (Gunung Gula), dan juga tanjakan di Nieuwkerke, Geluveld, Gunung Gagak atau Scherpenberg. Hal ini juga dilakukan pada tahun 1978 hingga sekarang. Pada periode tahun 1993 hingga 1995, tanjakan Franco-Flemish kembali dimasukkan, damun pada tahun 1996 jalur tradisional dikembalikan lagi.. Wilayah Ardennes Flemish tidak pernah trerpengaruh karena telah menjadi akar dari Gent–Wevelgem dan para pembalap tidak ingin dihapuskan.

Pada tahun 1977 lintasan berubah drastis dan wilayah Ardennes Flemish dilewati dengan 11 tanjakan signifikan (termasuk Edelareberg, Kattenberg, Varent, Kluisberg dan Tiegemberg). Juga pada Tour of Flanders 1976 dengan masuknya rute Koppenberg, sedangkan pada Gent–Wevelgem dimasukkan tanjakan Steengat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Gent-Wevelgem
  2. ^ (tempat sebelumnya diadakan balapan Brabantse Pijl)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]