Vattenfall Cyclassics

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Vattenfall Cyclassics
Jalur
Rincian balapan
PelaksanaanAkhir Juli / Agustus
LokasiHamburg, Jerman
DisiplinJalan raya
KompetisiUCI World Tour
TipeSatu hari
PengelolaUpsolut Sports AG
Direktur balapanErik Zabel
Sejarah
Edisi pertama1996 (1996)
Edisi terbaru18 (pada tahun 2013)
Juara pertama Rossano Brasi (ITA)
Juara terbanyak Tyler Farrar (USA) (2 kemenangan)
Juara bertahan Alexander Kristoff (NOR)

Vattenfall Cyclassics adalah sebuah balap satu hari tahunan bagi pembalap amatir dan professional di dalam dan sekitar Hamburg. Balapan ini diawali dengan sebuah balapan yang tidak terkenal pada tahun 1966, namun karena perkembangan popularritas bersepeda yang cepat di Jerman, balapan ini menjadi bagian dari UCI Road World Cup pada tahun 1998. Sejak tahun 2005, balapan ini menjadi bagian dari UCI ProTour, dan saat ini menjadi bagian dari 24 balapan yang ikut memberikan point dalam UCI World Ranking.

tahap terakhir pada edisi tahun 2005.

Rute dari balapan ini bervariasi, namun sering kali berkisar pada jarak 250 km. Karena banyaknya putaran melewati Hamburg, bukit Waseberg didaki beberapa kali. Rute ini juga meliputi jembatan tertinggi di Hamburg, Köhlbrandbrücke.

Sponsor dari balapan Cyclassics, Perusahaan pembangkit listrik Hamburg HEW, mengadopsi sebuah nama baru (Vattenfall Europe Hamburg), dan sejak tahun 2006, balapan ini dikenal sebagai Vattenfall Cyclassics.

Sebuah bagian penting dari Cyclassics adalah Jedermann-Rennen, sebuah event bagi pembalap semi pro dan amatir yang dilakukan di sekitar waktu penyelenggaraan balapan. Siapapun (jedermann) dapat bergabung dengan balapan yang memiliki jarak tempuh sekitar 55 km, 100 km dan 155 km. Jumlah peserta dibatasi dan sebuah tiket masuk harus dipesan pada bulan sebelumnya. Pada tahun 2005 terdapat lebih dari 20000 amatir yang ikut serta.

Balapan tahun 2013 diwarnai oleh protes penduduk lokal yang kecewa dengan kebijakan lingkungan Vattenfall dan usaha Vattenfall untuk mempertahankan kepemilikan sumber tenaga lokal.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tschüss Vattenfall - Kletterprotest im Zielbereich der Cyclassics". Tschüss Vattenfall. Diakses tanggal 13 September 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]