Critérium du Dauphiné

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Critérium du Dauphiné
2014 Critérium du Dauphiné
Critérium du Dauphiné 2011 - Départ Pontcharra.JPG
Rincian balapan
PelaksanaanAwal Juni
LokasiDauphiné, France
Nama dalam bahasa InggrisDauphiné Libéré Tour
Nama lokalCritérium du Dauphiné(Prancis)
JulukanDauphiné Libéré
DisiplinJalan raya
KompetisiUCI World Tour
TipeBalap tahapan
PengelolaAmaury Sport Organisation
Sejarah
Edisi pertama1947 (1947)
Edisi terbaru66 (pada 2014)
Juara pertama Edouard Klabinski (POL)
Juara terbanyak Nello Lauredi (FRA)
 Luis Ocaña (ESP)
 Charly Mottet (FRA)
 Bernard Hinault (FRA)
(3 kemenangan)
Juara bertahan Andrew Talansky (USA)

Critérium du Dauphiné (dikenal sebagai Critérium du Dauphiné Libéré sebelum tahun 2010) adalah sebuah balap sepeda jalan raya tahunan, diadakan sebanyak delapan tahapan di wilayah Dauphiné di Prancis selama paruh pertama bulan Juni. Balapan diresmikan pada tahun 1947 oleh sebuah koran lokal, Dauphiné Libéré, yang memberi nama terhadap event tersebut. Selama beberapa tahun, penyelenggaraan balapan dibagi antara penerbit koran dengan Amaury Sport Organisation (ASO); pada tahun 2010, koran tersebut memberikan seluruh tanggung jawab penyelenggaraan kepada ASO, dan nama balapannya kemudian diganti. Bersama dengan Tour de Suisse, Dauphiné adalah balapan penting untuk persiapan menjelang Tour de France pada bulan Juli, dan menjadi bagian dari kalender UCI World Tour.

Karena Dauphiné adalah wilayah pegunungan, pemenangnya sering kali merupakan spesialis tanjakan. Banyak tanjakan yang juga terkenal pada Tour de France – seperti Mont Ventoux, Col du Galibier atau Col de la Chartreuse – sering muncul juga dalam Dauphiné Libéré. Seluruh pembalap yang memenangkan Tour de France sebanyak lima kali juga memenangkan Dauphiné Libéré.

Dauphiné Libéré pertama diadakan pada tahun 1947 saat Edouard Klabinski dari Polandia menjadi pemenangnya. Nello Lauredi, Luis Ocaña, Charly Mottet dan Bernard Hinault berbagi rekor kemenangan terbanyak, dengan tiga kemenangan masing-masing.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah Perang Dunia II, bersamaan dengan pulihnya bersepeda setelah berhenti di hampir seluruh dunia selama lima atau enam tahun, koran Dauphiné Libéré memutuskan untuk membuat dan mengorganisir sebuah balap sepeda tahapan di wilayah Dauphiné. Balapan ini diadakan pada bulan Juni, tepat sebelum Tour de France. Dari awalnya balapan ini digunakan sebagai persiapan untuk Tour de France oleh pembalap Prancis, termasuk Louison Bobet dan John Robic. Balapan ini juga menjadi ajang uji coba bagi perlengkapan terbaru para pembalap dan kelompok penyiaran, yang terpusat d daerah pegunungan.

Bentuk Critérium saat ini adalah konsekuensi penggabungan balapan dengan Circuit of the Six-Provinces-Dauphiné pada tahun 1969.

Critérium ini telah dimenangkan oleh seluruh pembalap yang memenangkan lima balapan dari Tour de France (Anquetil, Merckx, Hinault, dan Indurain). Sembilan pembalap juga memenangkan Dauphiné Libéré dan Tour de France pada tahun yang sama: Louison Bobet pada tahun 1955, Jacques Anquetil pada tahun 1963, Eddy Merckx pada tahun 1971, Luis Ocaña pada tahun 1973, Bernard Thévenet pada tahun 1975, Bernard Hinault pada tahun 1979 dan 1981, Miguel Indurain pada tahun 1995, Bradley Wiggins pada tahun 2012 dan Chris Froome pada tahun 2013.

Kota yang paling sering menyelenggarakan start dan finish adalah: Grenoble (44 kali), Avignon (32), Saint-Étienne (23), Annecy (22), Chambéry (21), Gap (21), Lyon (19), Aix-les-Bains (18), Valence (16), Briançon (15) dan Vals-les-Bains (15).

Jaket pemenang[sunting | sunting sumber]

Pemimpin dari klasifikasi umum menggunakan sebuah jaket kuning dengan garis biru, untuk membedakan dari balapan lain. Pada tahun 1948 sebuah jaket merah dengan polkadot putih diberikan kepada spesialis tanjakan karena wilayah penyelenggaraan yang bergunung-gunung, Pada tahun 1955, jaket hijau diberikan kepada sprinter terbaik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]