The Untamed

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Untamed
GenreXianxia, Misteri
BerdasarkanMo Dao Zu Shi oleh Mo Xiang Tong Xiu
Ditulis olehYang Xia
Deng Yaoyu
Ma Jing
Guo Guangyun
SutradaraZheng Weiwen
Chen Jialin
PemeranXiao Zhan
Wang Yibo
Pengisi suaraLu Zhixing
Bian Jiang[1]
Lagu pembuka"陈情令" (Chén Qíng Lìng, The Untamed)
Lagu penutup"无羁" (Wú Jī, Tak Terbatasi) oleh Xiao Zhan & Wang Yibo
Penata musikLin Hai
Negara asalTiongkok
Bahasa asliMandarin
Jmlh. musim1
Jmlh. episode50
Produksi
Produser eksekutifFang Fang
Yang Xia
Zhang Meng
Wang Chu
Ren Qiang
Liu Mingtie
Wang Wan'ning
Han Weijie
ProduserSun Huaizhong
Wang Xin
Lokasi produksiHengdian World Studios
Guizhou
Durasi~40 menit per episode
Rumah produksiTencent Penguin Pictures
New Style Media
Rilis asli
JaringanTencent Video
Rilis27 Juni (2019-06-27) –
20 Agustus 2019 (2019-08-20) (Tanggal 14 Agustus untuk VIP dan 7 Agustus untuk VVIP)
Acara terkait
Mo Dao Zu Shi

The Untamed (Hanzi: 陈情令; Pinyin: Chén Qíng Lìng) adalah serial web Tiongkok yang ditayangkan pada tahun 2019. Serial ini diadaptasi dari novel BL xianxia karangan Mo Xiang Tong Xiu, Mo Dao Zu Shi, dan dibintangi oleh Xiao Zhan dan Wang Yibo.[2][3] Serial ini menceritakan tentang petualangan 2 orang kultivator yang berusaha memecahkan sebuah misteri pembunuhan yang melibatkan roh dari pedang yang muncul di Desa Mo dan mencari pelakunya. Di Tiongkok, serial ini mulai tayang di Tencent Video mulai tanggal 27 Juni 2019.[4]

Sebuah edisi spesial berjumlah 20 episode ditayangkan mulai tanggal 25 Desember 2019 di aplikasi WeTV (Tencent Video). Edisi spesial tersebut berisi potongan-potongan adegan dari serial The Untamed, namun dengan beberapa adegan tambahan atau perubahan lainnya.[5]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai dari 16 tahun setelah hilangnya sang Tetua Yiling (夷陵老祖, Yí Líng Lǎo Zǔ), Wei Wuxian, setelah penyerbuan oleh 4 sekte besar yang bersatu untuk mengalahkannya. Mo Xuanyu adalah keponakan dari pemimpin desa Mo yang dianggap gila dan dikucilkan oleh keluarganya. Karena rasa bencinya pada keluarga Mo, ia menggunakan sebuah ritual terlarang untuk memanggil Wei Wuxian untuk membalaskan dendamnya. Wei Wuxian dengan menggantikan posisi Mo Xuanyu pun memulai petualangan barunya. Satu persatu tokoh dari masa lalunya muncul kembali, termasuk Lan Wangji, sang Hanguang-Jun (含光君, Hánguāng-jūn), teman sekaligus musuhnya yang dahulu selalu menentang kultivasi iblisnya. Bersama dengan Lan Wangji, Wei Wuxian berusaha memecahkan misteri dari roh pedang yang telah membunuh banyak orang dan mengungkap dalang di balik semua itu.

Dalam perjalanannya, masa lalu Wei Wuxian yang berperan besar dalam cerita juga diungkap. Wei Wuxian muda yang ceria dan bebas bersama dengan Lan Wangji yang dingin dan selalu taat pada aturan menemukan rahasia Sekte Lan yang selama ini disimpan di goa bawah air Sekte Lan, salah satu kepingan besi Yin yang dapat mengendalikan mayat. Sementara itu, Sekte Wen yang ambisius dan kejam juga berusaha untuk mengumpulkan keempat kepingan besi tersebut.[6]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Serial ini ditayangkan setiap hari Kamis dan Jumat (GMT +08:00) dengan dua episode dalam sekali tayang, sementara untuk anggota VIP dapat menonton 4 episode selanjutnya yang belum ditayangkan. Pada hari pertamanya dirilis, total 6 episode tersedia untuk anggota VIP. Pada tanggal 30 Juni 2019, situs Weibo resmi mereka merilis jadwal penayangan baru,[7] yaitu setiap hari Senin sampai Rabu. Serial ini dijadwalkan untuk tamat pada tanggal 20 Agustus 2019 dengan total 50 episode. Sementara untuk anggota VIP, serial ini tamat pada tanggal 14 Agustus 2019. Pada tanggal 29 Juli 2019, dalam sebuah acara jumpa penggemar resmi, diumumkan bahwa anggota VVIP akan dapat menonton akhir dari serial ini lebih awal yaitu pada tanggal 7 Agustus.[8]

Saluran Negara Tanggal Penayangan Jadwal
Tencent Video  Tiongkok 27 Juni 2019 Setiap hari Senin-Rabu, pukul 20:00.[catatan 1]
WeTV

 Taiwan
 Thailand
 Vietnam
 Filipina
 India
 Indonesia

Viki Amerika
Eropa
ODC
Youtube 2 Juni 2019 Setiap hari Selasa-Kamis, pukul 19:00
AsiaUHD  Korea Selatan 21 Oktober 2019 Setiap hari Senin-Kamis, pukul 22:00 (WSK)
Netflix Amerika Utara
Amerika Selatan
Eropa
 Filipina
 India
25 Oktober 2019 Setiap hari Jumat
WOWOW  Jepang 19 Maret 2020 Setiap hari Kamis, pukul 00:00 (WSJ)

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran utama[sunting | sunting sumber]

Pemeran Karakter Keterangan
Xiao Zhan Wei Wuxian
(Hanzi: 魏无羡)
Nama lahir: Wei Ying (Hanzi: 魏婴)

Juga dikenal sebagai Tetua Yiling (Hanzi: 夷陵老祖; Pinyin: Yí Líng Lǎo Zǔ), ia adalah salah satu murid Sekte Jiang yang kemudian beralih mempelajari Kultivasi Iblis. Ia adalah pria yang ceria, optimis, dan sedikit nakal namun baik hati. Senjata yang ia gunakan adalah pedang bernama Suibian (Hanzi: 随便) dan seruling bernama Chenqing (Hanzi: 陈情). Ia dikenal dengan kemampuannya menciptakan jurus dan teknik spiritual baru dan penemuan-penemuan lainnya.

Mo Xuanyu
(Hanzi: 莫玄羽)
Anak haram dari Jin Guangshan dan merupakan mantan murid dari sekte Jin. Ia mengorbankan tubuhnya untuk memanggil Wei Wuxian melalui sebuah ritual untuk balas dendam.
Wang Yibo Lan Wangji
(Hanzi: 蓝忘机)
Nama lahir: Lan Zhan (Hanzi: 蓝湛).

Juga dikenal senagai Hanguang-Jun (Hanzi: 含光君), ia adalah tuan muda kedua Sekte Lan dan merupakan salah satu dari "Dua Jade dari Lan" bersama dengan kakaknya, Lan Xichen. Ia adalah pria yang dingin, penyendiri, dan tegas, tetapi peduli pada Wei Wuxian. Senjata yang ia gunakan adalah pedang bernama Bichen (Hanzi: 避尘) dan zither bernama Wangji (Hanzi: 忘机).

Pemeran pendukung[sunting | sunting sumber]

Sekte Gusu Lan[sunting | sunting sumber]

Pemeran Karakter Keterangan
Liu Haikuan[9] Lan Xichen
(China: 蓝曦臣)
Nama lahir: Lan Huan (Hanzi: 蓝涣).

Juga dikenal sebagai Zewu-Jun (Hanzi: 泽芜君), ia adalah Ketua dari Sekte Lan, tuan muda pertama Sekte Lan, dan salah satu dari "Dua Jade dari Lan". Ia adalah pria yang hangat, lembut, dan setia, dan merupakan saudara angkat dari Jin Guangyao dan Nie Mingjue. Senjata yang ia gunakan adalah pedang bernama Shuoyue (Hanzi: 朔月) dan seruling bernama Liebing (Hanzi: 裂冰).

Huang Ziteng Lan Qiren
(Hanzi: 蓝启仁)
Tetua Sekte Lan yang sangat dihormati. Ia adalah paman dari Lan Xichen dan Lan Wangji.
Zheng Fanxing[10] Lan Sizhui
(Hanzi: 蓝思追)
Nama lahir: Sebelumnya Wen Yuan (Hanzi: 温苑), dan sekarang Lan Yuan (Hanzi: 蓝愿).

Salah satu murid Sekte Lan. Ia adalah salah satu sisa anggota Sekte Wen yang ditemukan dan dirawat oleh Wei Wuxian. Setelah kematian Wei Wuxian, ia dibawa ke Sekte Lan oleh Lan Wangji. Ia adalah anak yang disiplin dan bijaksana. Ia adalah teman dekat dari Lan Jingyi dan Jin Ling.

Guo Cheng[11] Lan Jingyi
(Hanzi: 蓝景仪)
Salah satu murid Sekte Lan. Ia adalah anak yang mudah marah dan membenci keributan. Ia adalah teman dekat dari Lan Sizhui dan Jin Ling.
Carman Lee[12] Lan Yi
(Hanzi: 蓝翼)
Satu-satunya ketua sekte perempuan di sejarah Sekte Lan. Ia adalah pencipta dari "Akord Pembunuh" yang terkenal.

Sekte Lanling Jin[sunting | sunting sumber]

Pemeran Karakter Keterangan
Shen Xiaohai Jin Guangshan
(Hanzi: 金光善)
Ketua Sekte Jin. Ayah dari Jin Guangyao, Jin Zixuan, dan Mo Xianyu.
Hu Xiaoting Nyonya Jin
(Hanzi: 金夫人; Pinyin: Jīn fūrén)
Istri dari Jin Guangshan dan ibu kandung Jin Zixuan. Ia adalah teman baik Nyonya Yu, ibu Jiang Cheng dan Jiang Yanli.
Zhu Zanjin[13] Jin Guangyao
(Hanzi: 金光瑶)
Nama lahir: Meng Yao (Hanzi: 孟瑶).

Juga dikenal sebagai Lianfang-Zun (Hanzi: 敛芳尊), ia adalah anak haram dari Jin Guangshan yang nantinya menjadi Ketua Sekte Jin menggantikan ayahnya yang meninggal. Senjata yang ia gunakan adalah pedang bernama Hensheng (Hanzi: 恨生). Awalnya, ia bekerja sebagai pelayan di Klan Nie sebelum akhirnya diakui oleh ayahnya dan bergabung dengan Sekte Jin. Karena identitasnya sebagai anak pelacur, ia selalu merasa rendah diri dan selalu berusaha membuktikan dirinya. Ia adalah teman dekat dan saudara angkat dari Lan Xichen, yang juga orang yang sangat ia kagumi.

Cao Yuchen[14] Jin Zixuan
(Hanzi: 金子轩)
Anak dari Jin Guangshan, ayah Jin Ling, dan suami Jiang Yanli. Ia adalah satu-satunya anak resmi dari Jin Guangshan dan memiliki karakter yang sombong, namun sebenarnya baik hati dan pembela keadilan.
Jin Luying Qin Su
(Hanzi: 秦愫)
Istri dari Jin Guangyao dan anak dari Qin Cangye, Ketua Sekte Laoling Qin, cabang dari Sekte Jin.
Qi Peixin[15] Jin Ling
(Hanzi: 金凌)
Nama kehormatan: Jin Rulan (Hanzi: 金如兰).

Satu-satunya pewaris Sekte Jin. Ia adalah putra kandung Jin Zixuan dan Jiang Yanli dan memiliki karakter yang sombong dan mudah marah, namun sebenarnya baik hati. Ia adalah teman dekat dari Lan Sizhui dan Lan Jingyi. Senjata yang ia gunakan adalah pedang Suihua (Hanzi: 岁华), yang merupakan warisan dari ayahnya.

Yao Shuhao[14] Jin Zixun
(Hanzi: 金子勋)
Sepupu dari Jin Zixuan.
Wang Yifei[16] Luo Qingyang
(Hanzi: 罗青羊)
Juga dikenal sebagai Mian Mian (Hanzi: 绵绵). Ia adalah salah satu murid Sekte Jin.
Liu Yinjun Jin Chan
(Hanzi: 金阐)
Salah satu murid Sekte Jin. Ia membully Jin Ling dan kemudian dihentikan oleh Wei Wuxian.

Sekte Qinghe Nie[sunting | sunting sumber]

Pemeran Karakter Keterangan
Wang Yizhou[14] Nie Mingjue
(Hanzi: 聂明玦)
Juga dikenal sebagai Chifeng-Zun (Hanzi: 赤锋尊), ia adalah Ketua Sekte Nie dan memiliki karakter yang tegas, keras, dan mudah marah. Ia adalah saudara angkat dari Lan Xichen dan Jin Guangyao. Senjata yang ia gunakan adalah golok bernama Baxia (Hanzi: 霸下).
Ji Li[14] Nie Huaisang
(Hanzi: 聂怀桑)
Ketua Sekte Nie menggantikan kakaknya setelah Nie Mingjue meninggal. Ia adalah adik satu ayah beda ibu dari Nie Mingjue. Ia dikenal dengan ketidak kompetenannya dan memiliki julukan Penggeleng-Kepala karena ia selalu menggelengkan kepalanya saat ditanya apapun. Ia adalah teman baik dari Wei Wuxian dan Jiang Cheng.

Sekte Qishan Wen[sunting | sunting sumber]

Pemeran Karakter Keterangan
Xiu Qing Wen Ruohan
(Hanzi: 温若寒)
Ketua Sekte Wen, Ketua Kultivator, dan ayah dari Wen Xu dan Wen Chao. Ia adalah pria ambisius yang ingin menguasai 5 sekte.
He Peng[17] Wen Chao
(Hanzi: 温晁)
Anak kedua dari Ketua Sekte Wen, Wen Ruohan. Ia adalah pria yang sombong, kejam, dan suka bermain wanita.
Wang Rong Wen Xu
(Hanzi: 温旭)
Anak sulung dari Wen Ruohan.
Meng Ziyi[18] Wen Qing
(Hanzi: 温情)
Seorang tabib terkenal yang berasal dari Sekte Wen dan merupakan kakak kandung dari Wen Ning. Ia ditugaskan untuk mencari kepingan "Besi Yin" (Hanzi: 阴铁; Pinyin: Yīn Tiě) oleh Wen Ruohan.
Yu Bin[19] Wen Ning
(Hanzi: 温宁)
Nama kehormatan: Wen Qionglin (Hanzi: 温琼林).

Juga dikenal sebagai sang "Jendral Hantu" (Hanzi: 鬼将军; Pinyin: Guǐ Jiāngjūn), ia adalah tangan kanan dari Wei Wuxian saat menjadi Tetua Yiling. Ia adalah pria yang pemalu dan mudah sakit semasa hidupnya. Ia menjadi pengikut setia Wei Wuxian dan memiliki kepercayaan penuh padanya karena kebaikan Wei Wuxian padanya.

Feng Mingjing Wen Zhuliu
(Hanzi: 温逐流)
Juga dikenal sebagai Tangan Peleleh-Inti (Hanzi: 化丹手; Pinyin: Huà Dān Shǒu) karena kemampuannya melelehkan Inti Emas.[catatan 2] Ia adalah pengawal setia Wen Chao.
Lu Enjie Wang Lingjiao
(Hanzi: 王灵娇)
Mantan pembantu dari istri Wen Chao yang kemudian menjadi kekasih Wen Chao. Ia adalah wanita yang sombong dan kejam.
Zhang Bin Wen Mao
(Hanzi: 温卯)
Leluhur Sekte Wen.

Sekte Yunmeng Jiang[sunting | sunting sumber]

Pemeran Karakter Keterangan
Lu Jianmin Jiang Fengmian
(Hanzi: 江枫眠)
Ketua Sekte Jiang dan ayah dari Jiang Yanli dan Jiang Cheng.
Zhang Jingtong Yu Ziyuan
(Hanzi: 虞紫鸢)
Juga dikenal sebagai Nyonya Yu. Ia adalah istri dari Jiang Fengmian dan ibu dari Jiang Yanli dan Jiang Cheng. Ia adalah pemilik asli dari cincin Zidian (Hanzi: 紫电).
Wang Zhuocheng[21] Jiang Cheng
(Hanzi: 江澄)
Nama kehormatan: Jiang Wanyin (Hanzi: 江晚吟).

Juga dikenal sebagai Sandu Shengshou (Hanzi: 三毒圣手), ia adalah Ketua Sekte Jiang menggantikan ayahnya setelah Jiang Fengmian meninggal. Ia adalah pria yang taat pada aturan dan baik hati. Ia adalah sahabat baik dari Wei Wuxian dan menyukai Wen Qing, namun hubungan tersebut hancur setelah Wen Ning membunuh kakak iparnya dan kakaknya, Jiang Yanli, mati melindungi Wei Wuxian. Ia menjadi sangat membenci Wei Wuxian dan Sekte Wen. Ia sangat memanjakan keponakannya, Jin Ling. Senjata yang ia gunakan adalah pedang bernama Sandu (Hanzi: 三毒) dan cincin bernama Zidian (Hanzi: 紫电) yang dapat berubah menjadi cambuk, warisan dari ibunya.

Xuan Lu[22] Jiang Yanli
(Hanzi: 江厌离)
Kakak kandung Jiang Cheng, kakak seperguruan Wei Wuxian, istri Jin Zixuan, dan ibu dari Jin Ling. Ia adalah wanita yang baik dan perhatian yang selalu melindungi saudara-saudaranya dan memberi mereka dukungan mental.

Arc Kota Yi[sunting | sunting sumber]

Pemeran Karakter Keterangan
Song Jiyang[23] Xiao Xingchen
(Hanzi: 晓星尘)
Juga dikenal sebagai Daozhang (Hanzi: 道长), ia adalah salah satu murid dari Baoshan Sanren yang meninggalkan gunung Baoshan Sanren untuk berkelana di dunia fana dan merupakan sahabat baik dari Song Lan. Senjata yang ia gunakan adalah pedang bernama Shuanghua (Hanzi: 霜华).
Li Bowen[24] Song Lan
(Hanzi: 宋岚)
Nama kehormatan: Song Zichen (Hanzi: 宋子琛).

Seorang kultivator dari Kuil Baixue, dan merupakan teman baik dari Xiao Xingchen. Senjata yang ia gunakan adalah pedang bernama Fuxue (Hanzi: 拂雪).

Wang Haoxuan[25] Xue Yang
(Hanzi: 薛洋)
Nama kehormatan: Xue Chengmei (Hanzi: 薛成美).

Seorang murid tamu dari Sekte Wen yang membantu Wen Ruohan menggumpulkan kepingan "Besi Yin". Senjata yang ia gunakan adalah pedang bernama Jiangzai (Hanzi: 降灾).

Chen Zhuoxuan[26] Ah Qing
(Hanzi: 阿箐)
Seorang gadis muda yang tinggal di jalanan dan berpura-pura menjadi buta untuk menarik simpati dan mencuri. Setelah pertemuannya dengan Xiao Xingchen, ia memutuskan untuk mengikutinya.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Pemeran Karakter Keterangan
Feng Cong[27] Su She
(Hanzi: 苏涉)
Nama kehormatan: Su Minshan (Hanzi: 苏悯善).

Ketua Sekte Moling Su dan mantan murid luar Sekte Lan.

Liu Tingyu Cangse Sanren
(Hanzi: 藏色散人)
Ibu kandung dari Wei Wuxian. Ia meninggal di perburuan malam bersama dengan suaminya.
Cao Junxiang[28] Ouyang Zizhen
(Hanzi: 欧阳子真)
Putra tunggal Ketua Sekte Baling OuYang.
Yu Zikuan Xue Chonghai
(Hanzi: 薛重亥)
Pencipta dari "Besi Yin" (Hanzi: 阴铁; Pinyin: Yīn Tiě).
Sun Shengxuan Mo Ziyuan
(Hanzi: 莫子渊)
Sepupu Mo Xuanyu yang menganiayanya.
Fan Huawei Bi Cao
(Hanzi: 碧草)
Pelayan dari ibu Qin Su.
Su Yue Si Si
(Hanzi: 思思)
Pelacur yang disewa Jin Guangyao untuk kematian Jin Guangshan.
Lin Chenyue Adik seperguruan keenam
(Hanzi: 六师弟)
Murid Sekte Jiang.
Jiang Weijia Jendral Klan Nie
(Hanzi: 聂氏总领)
Ia selalu membully Jin Guangyao dan berakhir mati di tangan Jin Guangyao.
Niu Zhiqiang Ketua Yao
(Hanzi: 姚宗主)
Salah satu ketua yang suka menggosip. Ia tidak menyukai Wei Wuxian dan sering menyebarkan rumor buruk tentangnya.
Pu Changcheng Ketua Ouyang
(Hanzi: 欧阳宗主)
Ketua Sekte Baling Ouyang. Ayah kandung dari Ouyang Zizhen.
Zhang Ye Yi Weichun
(Hanzi: 易为春)
Xu Xiaowen Fang Mengchen
(Hanzi: 方梦臣)
Cai Yingchun Nenek Wen
(Hanzi: 温婆婆)
Kerabat dari Wen Qing, Wen Ning, dan Wen Yuan.
Yi Jianxiang Paman keempat Wen
(Hanzi: 温四叔)
Kerabat Wen Qing, Wen Ning, dan Wen Yuan.
Jia Shuyi Nyonya Mo
(Hanzi: 莫夫人)
Bibi Mo Xuanyu yang menganiayanya.
Liu Damin Tuan Mo
(Hanzi: 莫老爷)
Suami dari Nyonya Mo, paman dari Mo Xuanyu.
Feng Qiruo Ah Ding
(Hanzi: 阿丁)
Salah satu pelayan di keluarga Mo.
Feng Qiruo Ah Tong
(Hanzi: 阿童)
Salah satu pelayan di keluarga Mo.
Zhang Linran Ah Yan
(Hanzi: 阿胭)
Gadis yang dikutuk oleh patung Wanita Suci.
Li Lujin Ibu Ah Yan
(Hanzi: 阿胭娘)
Zhang Jing Jin Zhu
(Hanzi: 金姝)
Pelayan dari Yu Ziyuan (Nyonya Yu).
Liu Xiaobin Yin Zhu
(Hanzi: 银姝)
Pelayan dari Yu Ziyuan (Nyonya Yu).
Jiao Changshun Guru Song Lan
(Hanzi: 宋岚师傅)
Shen Xin Pemilik Toko Pemakaman
(Hanzi: 丧葬老太)
Huang Ying Nenek Liu
(Hanzi: 刘婆婆)
Liu Fengmin[29] Lao Zhang (Wen Chao)
(Hanzi: 老丈(温晁))
Sun Liang[29] Lao Zhang (Nie Huaisang)
(Hanzi: 老丈(聂怀桑))
Jiang Yiteng Wen Yuan (Hanzi: 温苑) Masa kecil
Su Yaxin Wei Wuxian (Hanzi: 魏无羡)
Chen Junkai Lan Wangji (Hanzi: 蓝忘机)
Shen Yifeng Lan Xichen (Hanzi: 蓝曦臣)
Huang Zhenchen Jiang Cheng (Hanzi: 江澄)
Ye Xuantong Jiang Yanli (Hanzi: 江厌离)

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pra-produksi dan syuting[sunting | sunting sumber]

Pra-produksi dari drama ini memakan waktu dua setengah tahun; termasuk penulisan dan modifikasi naskah, pembangunan struktur pandangan dunia dan konsep seni, serta pembangunan latar.[30] Proyek drama ini pertama kali diumumkan pada bulan Maret 2018.[2] Xiao Zhan dan Wang Yibo diumumkan sebagai pemeran utama drama ini pada bulan berikutnya, April 2018.[3]

Serial ini disutradarai oleh Zheng Weiwen dan Chen Jialin; dan naskahnya ditulis oleh tim yang terdiri dari Yang Xia, Deng Yaoyu, Ma Jing dan Guo Guangyun. Produser utama untuk serial ini adalah Fang Fang, Yang Xia, Wang Chu dan Liu Mingyi; sementara Yang Xia dan Ji Peng berperan sebagai sutradara seni.[31] Serial ini mulai syuting sejak bulan April 2018 hingga Agustus 2018 di Hengdian World Studios dan Guizhou.[32][33]

Karena alasan aturan penyensoran di China, seluruh adegan BL yang ada di novel ditiadakan dan banyak perubahan dibuat untuk alurnya.[34] Meskipun dikategorikan sebagai drama xianxia, "The Untamed" terdiri dari banyak elemen tradisional wuxia yang dicampur dengan gaya baru.[35]

Casting[sunting | sunting sumber]

Sutradara casting serial ini memberikan "kartu karakter" kepada tiap anggota cast; yang berisi deskripsi detail dari karakter yang akan diperankannya mulai dari rupa, tinggi badan, gaya berpakaian dan bahkan detail spesifik seperti "Wei Wuxian memiliki muka tersenyum secara alami".[30]

Xiao Zhan dan Wang Yibo diumumkan sebagai pemeran utama serial ini pada bulan April 2018.[32] Xiao direkomendasikan oleh seorang teman kepada produser Yang Xia, yang memutuskan untuk memilihnya karena Xiao memiliki "pandangan yang jernih". Wang mendapatkan perannya melalui sebuah audisi, karena "sikap dinginnya yang natural".[36][37]

Lu Zhixing dan Bian Jiang, yang merupakan pengisi suara dari Wei Wuxian dan Lan Wangji di versi drama audio dan donghua ditunjuk untuk mengisi suara Wei Wuxian dan Lan Wangji di serial ini.[38]

Desain dan konsep[sunting | sunting sumber]

Menurut produser Yang Xia, saat mendesain latar dan kostum untuk sekte yang berbeda-beda, kru memulai dari mencari penempatan budaya yang dapat dijadikan sebagai dasar desain. Melalui konsep artistik tersebut, esensi budaya China yang paling menakjubkan dapat tersebar luas.[30]

Untuk sekte Gusu Lan, pengaruh dari Dinasti Song dimasukkan ketika mendesain latar dan kostum. Sementara desain dari jingshi, nuansa biru dan hijau digunakan untuk menunjukkan karakter elegan dan bermartabat dari sekte tersebut; sementara nuansa hutan yang lebih gelap untuk menunjukkan keindahannya. Jubah yang menjuntai digunakan sebagai desain kostumnya, untuk menunjukkan keketatan aturan sekte.[30]

Untuk sekte Yunmeng Jiang, pengaruh dari distrik Hubei dan Jianghan diambil. Warna yang hangat dan cerah digunakan untuk menunjukkan sifat alami sekte yang ceria dan berjiwa bebas. Gaya bangunan dan latar di desain sangat luas dan memanjang untuk menciptakan suasana "lembut". Jubah yang sempit dan desain yang rapi digunakan untuk menciptakan suasana "petarung pengembara" sekte tersebut. Sebuah alat daur ulang air digunakan di latar danau lotus, untuk memunculkan riak di permukaan air. Sebuah atap spesial dibangun untuk ruang leluhur.[30]

Untuk sekte Qinghe, latarnya di desain dengan dikelilingi oleh tembok-tembok yang tinggi dan gerbang masuknya tersembunyi karena sering diserang oleh sekte Qishan Wen. Untuk sekte Qishan Wen, desain dari dinasti Shang digunakan. Untuk sekte Lanling Jin, desainnya terinspirasi dari dinasti Tang yang megah dan elegan.[39]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Terjadi kebakaran pada tanggal 11 Juli 2018 ketika para pemain dan anggota kru yang tergabung sedang melakukan syuting di Hengdian World Studios. Kebakaran tersebut dilaporkan menyebar hingga seluas 300 meter persegi dan memakan 2 korban jiwa yang merupakan anggota kru dari "The Untamed".[40]

Selama syuting, tersebar rumor bahwa aktris Meng Ziyi menggunakan uangnya untuk menyogok tim produksi agar karakternya dapat memiliki lebih banyak adegan. Rumor tersebut membuat marah para penggemar novel Mo Dao Zu Shi karena penambahan adegan tersebut disebut-sebut dirinya akan dipasangkan dengan salah satu tokoh utama, padahal menurut novel aslinya Lan Wangji dan Wei Wuxian merupakan pasangan.[41] Sebagai tanggapan, tim produksi telah membantah rumor tersebut.[42]

Pada tanggal 29 Juli 2019, Tencent mengumumkan bahwa anggota VIP memiliki pilihan untuk membayar untuk menonton sisa episode yang belum ditayangkan. Dimulai dari tanggal 7 Agustus, episode akhir dari drama ini akan dirilis awal untuk anggota VIP tersebut. Hal itu menyebabkan keributan di antara penonton The Untamed yang khawatir jika akhir dari drama ini akan bocor dan kemungkinan bahwa episode-episode tersebut akan dibajak, yang akan membawa dampak buruk untuk jumlah penonton. Sebagai tanggapan, Tencent telah menjelaskan bahwa mereka hanya memenuhi permintaan beberapa penonton yang ingin episode-episode tersebut untuk dirilis lebih awal, sementara untuk penonton lainnya dapat tetap menonton dengan kecepatan yang mereka inginkan.[43]

Promosi[sunting | sunting sumber]

Tanggal Acara Peserta Ref.
12 Juli 2019 Acara Jumpa Penggemar Xiao Zhan, Wang Yibo, Yu Bin, Liu Haikuan, Zhu Zanjin, Wang Haoxuan, Wang Yizhou, Song Jiyang, Li Bowen, Qi Peixin, Zheng Fanxing, Guo Cheng [44]
26 Juli 2019 Harper's Bazaar China Xiao Zhan, Wang Yibo [45]
28 Juli 2019 Day Day Up [46]
29 Juli 2019 Acara Jumpa Penggemar Xiao Zhan, Wang Yibo, Liu Haikuan, Zheng Fanxing [47]
10 Agustus 2019 Happy Camp Xiao Zhan, Wang Yibo, Yu Bin, Wang Zhuocheng [48]
25 Agustus 2019 Crazy Magic Show Yu Bin, Liu Haikuan, Wang Zhuocheng, Xuan Lu, Meng Ziyi [49]
21 September 2019 Acara Jumpa Penggemar di Thailand Xiao Zhan, Wang Yibo, Yu Bin, Liu Haikuan, Cao Yuchen, Wang Zhuocheng, Song Jiyang, Chen Zhuoxuan [50]
1 November 2019 The Untamed National Style Concert Aktor: Xiao Zhan, Wang Yibo, Yu Bin, Wang Zhuocheng, Liu Haikuan, Zhu Zanjin, Ji Li, Wang Yizhou, Song Jiyang, Li Bowen, Cao Yuchen, Qi Peixin, Zheng Fanxing, Guo Cheng, Chen Zhuoxuan
Penyanyi: Gao Qiuzi, Liang Xinyi, Wang Ju, Yang Qiyu, Yin Lin, Zhou Shen, Zhu Xingjie
[51]
2 November 2019 Aktor: Xiao Zhan, Wang Yibo, Yu Bin, Wang Zhuocheng, Liu Haikuan, Zhu Zanjin, Wang Haoxuan, Ji Li, Wang Yizhou, Song Jiyang, Li Bowen, Cao Yuchen, Qi Peixin, Zheng Fanxing, Guo Cheng, He Peng, Lu Enjie, Wang Yifei, Chen Zhuoxuan, Zhang Jingtong
Penyanyi: Gao Qiuzi, Liang Xinyi, Wang Ju, Yang Qiyu, Yin Lin, Zhou Shen, Zhu Xingjie

The Untamed Roadshow[52][sunting | sunting sumber]

Tanggal Daerah Peserta Ref.
20 Juli 2019 Hangzhou Yu Bin, Song Jiyang, Zheng Fanxing [53]
21 Juli 2019 Nanjing
26 Juli 2019 Xi'an Cao Yuchen, Qi Peixin, Zheng Fanxing [54]
27 Juli 2019 Wuhan Yu Bin, Wang Haoxuan, Song Jiyang
28 Juli 2019 Chongqing Wang Haoxuan, Song Jiyang, Li Bowen
2 Agustus 2019 Zhengzhou Qi Peixin, Zheng Fanxing, Guo Cheng [55]
4 Agustus 2019 Shanghai Yu Bin, Wang Zhuocheng, Liu Haikuan, Zhu Zanjin, Chen Zhuoxuan [56]
10 Agustus 2019 Qingdao Yu Bin, Liu Haikuan, Zhu Zanjin, Wang Haoxuan, Song Jiyang, Qi Peixin, Zheng Fanxing, Guo Cheng, Li Bowen, Chen Zhuoxuan, Ji Li, Wang Yizhou, He Peng [57]

Jumpa penggemar di Thailand[sunting | sunting sumber]

Acara jumpa penggemar diadakan di Bangkok tepatnya di Impact Theater pada tanggal 21 September 2019. Hasil dari acara jumpa penggemar tersebut didonasikan untuk Provinsi Ratchathani yang mengalami musibah banjir.[58]

The Untamed National Style Concert[sunting | sunting sumber]

Konser ini diadakan pada tanggal 1 dan 2 November 2019 di Qingdao Sports Park Nanjing yang memiliki kapasitas 20.000 tempat duduk. Tan Yizhe bergerak sebagai eksekutif musik konser tersebut, sementara Yuan Jing sebagai sutradara kreatifnya. Tiket dijual dari harga 627 yuan hingga 1980 yuan, untuk mengenang tanggal penayangan pertama dan tanggal penayangan terakhir The Untamed. Total 16 lagu dinyanyikan di konser tersebut, ditambah segmen untuk interaksi dan permainan.[59] Sebelum dapat membeli tiket di Maoyan, para penggemar harus menjawab beberapa pertanyaan tebakan yang berhubungan dengan The Untamed. Para penonton juga dapat menonton secara live-streaming konser tersebut dengan membayar sebesar 30 hingga 50 yuan.[60]

Permainan ponsel[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan ponsel yang didasarkan dari serial The Untamed dijadwalkan untuk dirilis via NetEase.[61]

The Untamed Boys[sunting | sunting sumber]

Sebuah grup beranggotakan 6 orang pemain The Untamed bernama "The Untamed Boys (TUBS)" (Hanzi: 陈情少年). Grup ini beranggotakan Yu Bin, Ji Li, Cao Yuchen, Zheng Fanxing, Song Jiyang dan Li Bowen. Mereka membuat penampilan pertama mereka di acara The Untamed National Style Concert dengan menampilkan lagu "Fearless". Kemudian mereka muncul di Festival Belanja 11/11 T Mall dengan menampilkan lagu Tong Hua. Mereka juga muncul di majalah New Youth Elle Men.[62] Sebuah acara varietas yang didedikasikan untuk mereka bernama Youths Learning In Progress (Hanzi: 少年听学中), ditayangkan di Tencent Video mulai tanggal 5 Desember 2019.[63]

Diumumkan bahwa "The Untamed Boys" akan mengadakan sebuah acara jumpa penggemar di Bangkok, Thailand pada tanggal 26 Januari 2020. Harga tiket dijual mulai dari 2.200 baht hingga 5.500 baht.[64]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Komposer utama untuk soundtrack serial ini adalah Lin Hai.[65] Lagu tema drama ini berjudul "忘羡" (Pinyin: Wàngxiàn) sebelum akhirnya pada episode 11 diganti nama menjadi "无羁 (Pinyin: Wú jī;)".[66] Pada tanggal 8 Juli 2019, versi lengkap dari lagu tersebut dan klip spesial lainnya dirilis sebagai album di QQMusic.[67]

OST The Untamed
Album lagu tema karya Berbagai artis
Dirilis05 Agustus 2019 (2019-08-05)
Direkam2018–2019
GenreSoundtrack
Bahasa
Label
ProduserLin Hai
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Wú Jī (无羁, Tak Terbatasi)" (Lagu tema – versi duet)Cheng Yi, Ming FengLin HaiXiao Zhan & Wang Yibo04:13
2."Wú Jī (无羁, Tak Terbatasi)" (Lagu tema – versi solo)Cheng Yi, Ming FengLin HaiXiao Zhan04:13
3."Wú Jī (无羁, Tak Terbatasi)" (Lagu tema – versi solo)Cheng Yi, Ming FengLin HaiWang Yibo04:13
4."Yì Nán Píng (意难平, Keinginan yang Tak Dapat Terkabul)" (Lagu insert)Cheng Yi, He SiweiLin HaiYin Lin04:16
5."Qū Jìn Chén Qíng (曲尽陈情, Lagu yang Diakhiri Dengan Chen Qing)" (Lagu tema Wei Wuxian)Yi Zhe Lian Xiao Zui Qing HeWithin_Yi MingXiao Zhan03:53
6."Bù Wàng (不忘, Tidak Akan Lupa)" (Lagu tema Lan Wangji)Song Bingyang, Yang XiaSong BingyangWang Yibo05:16
7."Chìzǐ (赤子, Anak Merah)[catatan 3]" (Lagu tema Wen Ning)Zhang PengpengZhang GuofengYu Bin04:18
8."Hèn Bié (恨别, Perpisahan yang Dipenuhi Kebencian)" (Lagu tema Jiang Cheng)Yi Zhe Lian Xiao Zui Qing HeChao Xi_TideWang Zhuocheng03:43
9."Bùyóu (不由, Tidak Diinginkan)" (Lagu tema Lan Xichen)Ming FengWindbell ProjectLiu Haikuan04:44
10."Qīnghé Jué (清河诀, Perpisahan di Qing He)" (Lagu tema Nie Mingjue & Nie Huaisang)Lin Qiao, Liu EnxunChen XueranAyunga03:44
11."Wú Jī (无羁, Tak Terbatasi)" (Lagu tema – versi spesial)Cheng Yi, Ming FengLin HaiBibi Zhou04:12
12."Huāngchéng Dù (荒城渡, Melewati Kota yang Telah Ditinggalkan)" (Lagu tema Xue Yang)Zhang YingXia Heng, Deng QiangzhongCharlie Zhou04:19
13."Bù Wǎng (不枉, Tidak Sia-Sia)" (Lagu grup)Yi Zhe Lian Xiao Zui Qing HeYin LinNaomi Wang03:55
14."Shū Lín Rú Yǒu Sù (疏林如有诉, Jika Hutan Memiliki Sesuatu yang Ingin Dikatakan)" (Lagu tema Wen Qing)Zhong WuyiChen YimingGao Qiuzi03:53
15."Gūchéng (孤城, Kota yang Sepi)" (Lagu tema Kota Yi)Lin QiaoYu HonglongSun Bolun & Chen Zhuoxuan03:52
16."Zuì Shì Shàonián Bùkě Qī (最是少年不可欺, Pemuda yang Paling Tidak Dapat Diremehkan)" (Lagu tema grup generasi muda)Yu CiChen YimingZui Xue, Qi Peixin, Zheng Fanxing, Guo Cheng03:59
17."Yong Ge (永隔, Perpisahan Selamanya)" (Lagu tema Jiang Yanli & Jin Zixuan)Lin QiaoYu HonglongLiang Xinyi & Yang Qiyu03:37
18."Duo Hen Sheng (多恨生, Kehidupan yang Penuh Kebencian)" (Lagu tema Jin Guangyao)Within_Yi MingLuo XizhuZhu Xingjie04:25

Lainnya[sunting | sunting sumber]

No.JudulDurasi
1."Wu Xian (无羡, Tidak Memiliki Rasa Iri)"03:15
2."Chen Qing Ling (陈情令, The Untamed)"02:02
3."Wu Ji (无羁, Tak Terbatasi)" (Versi instrumental)02:33
4."Wang Ji (忘机, Bebas Dari Urusan Duniawi)"01:02
5."Ting Xue (听学, Mendengar dan Mempelajari)"02:00
6."Qing Qian (情牵, Perasaan yang Tergerak)"02:00
7."Lian Hua Wu (莲花坞, Dermaga Teratai)"02:09
8."Yu Di (御笛, Seruling Pemberi Perintah)"02:16
9."Lie Bing (裂冰, Es yang Retak)"03:26
10."Zui Meng (醉梦, Mimpi Mabuk)"03:28
11."Luan Zang Gang (乱葬岗, Lembah Kuburan)"02:24
12."Shang Qing (伤情, Perasaan yang Terluka)"03:01
13."Qiong Lin (琼林, Hutan yang Indah)"01:27
14."Ren Sheng Ruo Zhi Ru Chu Jian (人生若只如初见, Jika Saja Kehidupan Seperti Pertemuan Pertama)"02:37
15."Bu Hui (不悔, Tidak Menyesal)"02:47
16."Po Ye (泼野, Tak Terkendali dan Liar)"01:43
17."Ye Ben (夜奔, Malam yang Berlalu Dengan Cepat)"03:51
18."Wu Mei (寤寐, Saat Terbangun dan Tertidur)"01:26
19."Qing Xin Yin: Luan Po Chao (清心音·乱魄抄, Musik Pembersih Hati: Versi Pengacau Jiwa)"05:11
20."An Xi (安息, Beristirahat Dengan Tenang)"02:22
21."Nuan Yang (暖阳, Matahari yang Hangat)"02:34
22."Cao Mu (草木, Rumput dan Kayu)"02:33
23."Yi Cheng (义城, Kota Yi)"01:04
24."Jiao Tong (狡童, Anak Laki-Laki yang Cantik)"01:44
25."Wen Ling (问灵, Bertanya pada Roh)"02:37
26."She Ri (射日, Memanah Matahari)"02:38
27."Wu Ji (无羁, Tak Terbatasi)" (Versi piano)01:24
28."Qing Xin Yin (清心音, Musik Pembersih Hati)"01:43
29."Qing Xin Yin (清心音, Musik Pembersih Hati)" (Versi seruling)05:49

Pada tanggal 19 Agustus, QQ Music mengumumkan bahwa penjualan untuk album soundtrack drama ini telah menembus angka 15 juta copy dan secara resmi memperoleh sertifikasi platinum. Untuk saat ini, album ini menjadi album soundtrack dengan penjualan tertinggi disana dan menempati nomor ke-15 album digital dengan penjualan terbaik.[68]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Serial ini mendapat penerimaan yang sangat baik di negara asalnya dan dunia internasional dengan total ditonton lebih dari 8 miliar kali hingga bulan Mei 2020.[69][70] Di douban sendiri serial ini telah memperoleh rating sebesar 8.0 sejak tanggal 25 Agustus, dimana sebelumnya serial ini hanya mendapat rating sebesar 4.8 pada bulan Juni[71] dan menjadi drama China dengan jumlah review terbanyak sepanjang masa di platform tersebut.[72] Serial ini memperoleh kesuksesan besar karena alur ceritanya yang dianggap setia pada karya orisinalnya.[73] Selain itu, alur yang kuat, karakter yang dibangun dengan sempurna, serta pakaian, makeup, dan latar yang indah juga menjadi faktor kesuksesan serial ini. Kisah heroik dengan nilai-nilai masa kini yang ada di dalam serial ini dikatakan telah berhasil mengambil hati masyarakat internasional. Selain itu, serial ini juga membantu mempromosikan budaya-budaya tradisional China ke dunia yang membuat banyak orang menjadi tertarik dengan drama China.[74][75][76] The Untamed berhasil mendapatkan rating sebesar 9,8 di situs streaming Viki dan 9,4 di situs rating drama MyDramaList, membuatnya menjadi serial TV dengan rating tertinggi di situs tersebut.[77] Serial ini juga berhasil menempati tempat ke #36 di daftar Top Live-Action TV 2019 Tumblr, menjadi satu-satunya serial TV China yang berhasil masuk ke daftar tersebut.[78]

Serial ini dipuji oleh Harian Rakyat untuk "penyajian karakteristik China yang sangat bagus"; menampilkan elemen-elemen budaya tradisional China melalui kostum yang sangat indah, instrumen musik tradisional China; serta menyebarkan nilai-nilai positif seperti keberanian, kesopanan dan rasa cinta terhadap negara.[79] Hampir sama dengan Harian Rakyat, China News Service menyoroti kostum yang indah dan penampilan etika tradisional, serta memuji alur yang menegangkan dan jalan cerita yang menyambung dengan baik.[80]

Pengaruh di perekonomian[sunting | sunting sumber]

The Untamed disebut sebagai drama dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2019, dengan total pendapatan lebih dari 97,87 juta yuan (hingga 15 Agustus 2019). Pendapatan tersebut merupakan akumulasi pendapatan dari acara jumpa penggemar, streaming, penjualan album, dan merchandise.[81][82]

Saat diumumkan bahwa anggota VVIP akan dapat menonton episode akhir lebih dahulu, lebih dari 2,6 juta pelanggan membayar untuk menjadi VVIP dan pendapatan yang diperoleh mencapai angka 78 juta yuan. Lebih dari 1 juta copy album soundtrack dari serial ini terjual. Ditambah sebuah toko merchandise yang dibuka di Taobao dan merchandise resmi lainnya yang dijual, pendapatan dari penjualan merchandise-merchandise tersebut mencapai angka 1,17 juta yuan.[82] Pendapatan lain juga didapat dari membuka musik video resmi dari lagu "Wu Ji" dan akses streaming berbayar lainnya. Selain itu, Majalah Bazaar yang menampilkan Xiao Zhan dan Wang Yibo terjual lebih dari 330.000 copy dalam waktu 3 hari, sebelum akhirnya mencapai angka 1,1 juta copy.[60]

Sebuah sistem spesial diperkenalkan oleh Tencent, dimana anggota VIP harus mengumpulkan "poin bintang" untuk mendapatkan tiket konser dan jumpa penggemar. Lebih dari 326,7 juta orang membayar sekitar 30 sampai 50 yuan untuk menonton penayangan live dari The Untamed National Style Concert di Tencent Video. Diperkirakan Tencent berhasil memperoleh sekitar 100 juta yuan dari penayangan live tersebut. Tiket dari konser tersebut terjual dalam waktu 5 detik, dan tiket-tiket yang tersisa dijual dengan harga mencapai 150.000 yuan oleh calo-calo tiket, padahal harga aslinya hanyalah sekitar 627 yuan.[83][81][84]

Untuk pasar luar negeri, Tencent mengumumkan pada bulan Oktober 2019 bahwa The Untamed telah meningkatkan pertumbuhan WeTV sebesar 250 persen dengan sekitar 1 juta orang mengunduh aplikasi WeTV sejak ditayangkannya The Untamed pada bulan Juni 2019.[85][86]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Kategori Penerima Nominasi Hasil Ref.
The Third Internet Film Festival Sutradara Terbaik Chen Jialin Menang [87]
Aktor Pendatang Terbaik Zhu Zanjin
GQ Men of The Year 2019 Breakthrough Actor of The Year Wang Yibo Menang [88]
The 6th Hengdian Film & TV Festival: Wen Rong Award Drama Terbaik The Untamed Nominasi [89]
Sutradara Terbaik Chen Jialin Menang
Produser Terbaik Fang Fang Menang
The 6th Actors of China Award Aktor Terbaik (seri web) Xiao Zhan Nominasi [90]
Sofa Film Festival Aktor Terpopuler di Musim Gugur Xiao Zhan Menang [91]
Golden Tower Award Drama Terpopuler The Untamed Menang [92]
Aktor Terpopuler Xiao Zhan Menang
Wang Yibo Nominasi
The 3rd Yinchuan Internet Film Festival Serial Web Terbaik The Untamed Nominasi [93]
Aktor Terbaik (seri web) Xiao Zhan Menang [94]
26th Huading Awards Serial Televisi Terbaik The Untamed Ke-10 [95][96]
Sutradara Terbaik Chen Jialin, Zheng Weiwen Nominasi
Produser Terbaik Yang Xia, Fang Fang, Wang Chu, Liu Mingtie Nominasi
Pendatang Baru Terbaik Xiao Zhan Menang
Wang Yibo Nominasi
Top Ten Aktor Terfavorit Menang
2nd Cultural and Entertainment Industry Congress Aktor Terbaik (Drama) Xiao Zhan Nominasi [97]
Breakthrough Actor (Drama) Nominasi
Wang Yibo Nominasi
Pasangan Terbaik Xiao Zhan dan Wang Yibo Nominasi
China Entertainment Industry Summit
(Golden Pufferfish Awards)
Drama Terbaik The Untamed Menang [98][99]
Pemasaran Terbaik Menang
Producer of the Year Yang Xia Menang
7th Thailand Headlines Person of The Year Awards Penghargaan Paling Berpengaruh Pemeran The Untamed Menang [100][101]
Tencent Music Entertainment Awards Song of the Year "Wu Ji" (oleh Xiao Zhan & Wang Yibo) Menang [102]
China Golden Rooster and Hundred Flowers Film Festival
(1st Network Drama Awards)
Aktor Terpopuler Wang Yibo Menang [103]
Aktor Paling Dinantikan He Peng Menang
20th China Video Awards IP of the Year The Untamed Menang [104]
Weibo TV Series Awards Serial Televisi Terpopuler Menang [105][106]
Aktor Terpopuler Xiao Zhan Ke-3 [107][108]
Wang Yibo Ke-2
Song Jiyang Nominasi
Wang Zhuocheng Nominasi
Yu Bin Nominasi
Zheng Fanxing Nominasi
Liu Haikuan Nominasi
Golden Bud - The Fourth Network Film And Television Festival Serial Web Terbaik The Untamed Nominasi [109][110]
Serial Web Paling Berpengaruh Menang
Film Web Terbaik The Living Dead Nominasi
Sutradara Terpopuler Chen Jialin Menang
Aktor Terbaik Xiao Zhan Nominasi
Wang Yibo Nominasi
Pendatang Baru Terbaik Guo Cheng Nominasi
Song Jiyang Nominasi
Wang Zhuocheng Nominasi
Zheng Fanxing Nominasi
Wang Haoxuan Nominasi
New Force Energy Menang
Sougou In Award Drama of the Year The Untamed Menang [111]
Tencent Entertainment White Paper TV Drama Actor of the Year Xiao Zhan Menang [112]
Kugou Music Awards Song of the Year "Wu Ji" (oleh Xiao Zhan & Wang Yibo) Menang [113]
Film and TV Role Model 2019 Ranking Drama of the Year The Untamed Nominasi [114]
Actor of the Year Xiao Zhan Nominasi
Baidu Fudian Awards Top 10 Serial Televisi The Untamed Menang [115]
Sina Film & TV Awards Menang [116]
8th China Student Television Festival Serial Televisi Paling Banyak Ditonton Menang [117]
Tencent Video All Star Awards Web Drama of the Year Menang [118]
Popular Actors of the Year Xiao Zhan Menang
Wang Yibo Menang
Aktor Paling Menjanjikan Liu Haikuan Menang
Doki New Force Wang Zhuocheng Menang
Tencent Entertainment White Paper Actor of the Year (serial TV) Xiao Zhan Menang [119]
Actor of the Year (daftar bintang serial TV) Menang [120]
Weibo Awards Ceremony Hot Drama of the Year The Untamed Menang [121]
Media and Entertainment Industry Reporter Innovative Marketing of the Year Menang [122]
Hengdian World Studio Classic Ranking Drama Terpopuler Menang [123]
Karakter Terpopuler Wei Wuxian (Xiao Zhan) Menang [124]

Spin-off[sunting | sunting sumber]

The Living Dead[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 6 Agustus 2019, akun weibo resmi dari drama The Untamed mengumumkan sebuah film spin-off yang diberi judul The Living Dead (Hanzi: 生魂; Pinyin: Shēng Hún).[125] Film tersebut akan berfokus pada kisah petualangan sang Jendral Hantu, Wen Ning, dan Lan Sizhui.[126] Film ini dirilis di iQiyi pada tanggal 7 November 2019.[127]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di dekat Gunung Qishan, terdapat sebuah kota kecil bernama Kota Fu Feng. Kota tersebut dahulu memiliki julukan "Kota Bu Ye Tian Kecil" (小不夜天城) atau "Kota Tanpa Malam Kecil". Kota tersebut dikenal sebagai penghasil lentera-lentera yang menyumbang cahaya dalam Kota Tanpa Malam (不夜天城). Keluarga Xiao adalah salah satu keluarga pengrajin lentera yang paling terkenal. Hingga suatu hari, keluarga Xiao dibantai tanpa tersisa oleh sesosok makhluk misterius dan sejak saat itu Kota Fu Feng yang selalu terang benderang menjadi berubah total. Kota yang dahulu selalu dipenuhi lentera dan memancarkan cahaya, kini bahkan tidak ada satu cahaya pun yang tampak. Seluruh warga kota tidak berani menyalakan cahaya saat matahari telah terbenam karena akan menarik perhatian makhluk mengerikan pemakan jiwa. Wen Ning datang ke kota tersebut dan memutuskan untuk menyelidiki makhluk tersebut. Saat berusaha menangkap makhluk tersebut ia justru bertemu dengan Lan Sizhui yang juga sedang menyelidiki makhluk yang sama. Wen Ning dan Lan Sizhui pun bekerja sama untuk memecahkan misteri Kota Fu Feng.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Yu Bin sebagai Wen Ning
  • Zheng Fanxing sebagai Lan Sizhui
  • Wang Yifei sebagai Xiao Qing
  • Gao Han sebagai Xiao Yi
  • He Longlong sebagai Zhou Zishu[128]

Fatal Journey[sunting | sunting sumber]

Diumumkan juga film spin-off lainnya yang berjudul Fatal Journey (Hanzi: 乱魄; Pinyin: Luàn Pò). Film ini berpusat pada petualangan Nie bersaudara bersama anggota klan Nie lainnya dan ditayangkan di iQiyi pada tanggal 26 Maret 2020.[129]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Seorang pencuri makam berusaha mencuri benda berharga dari makam pedang Keluarga Nie, tapi justru merusak tatanan makam yang menyebabkan makam tersebut memakan banyak korban jiwa. Nie Mingjue pun membawa Nie Huaisang dan beberapa anggota klan Nie untuk memperbaiki tatanan makam. Nie Huaisang yang sama sekali tidak mahir dalam menggunakan pedang sama sekali tidak tertarik dengan perjalanan tersebut, namun Nie Mingjue yang ingin memberi adiknya pengalaman memaksanya untuk ikut. Namun diluar dugaan, ternyata perjalanan tersebut jauh lebih berbahaya dari yang Nie Mingjue kira. Tradisi klan Nie yang telah lama terpendam di makam tersebut dan Nie Mingjue yang mulai tidak dapat mengendalikan amarah baxia (goloknya) yang merasukinya. Sebelum pergi, Jin Guangyao mengajarkan lagu penenang jiwa kepada Nie Huaisang untuk digunakan saat Nie Mingjue lepas kendali. Namun siapa sangka lagu tersebut justru menjadi awal dari segala petaka yang terjadi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Ji Li sebagai Nie Huaisang
  • Wang Yizhou sebagai Nie Mingjue
  • Zhu Zanjin sebagai Jin Guangyao

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ WeTV adalah nama internasional untuk Tencent Video
  2. ^ Inti Emas atau Golden Core (金丹, Jīn Dān) adalah inti yang dimiliki kultivator setelah mereka mencapai titik kultivasi tertentu. Inti ini berfungsi untuk menyimpan dan mengontrol energi spiritual. Setelah inti ini terbentuk di tubuh sang kultivator, kultivasi yang bersangkutan akan meningkat secara drastis, dan semakin membaik dan membaik. Sebaliknya, bagi kultivator yang tidak dapat membentuk Inti Emas, mereka hanya akan dapat menjadi kultivator kelas rendah. Jika ada murid dari klan ternama yang telat membentuk Inti Emas mereka, hal itu akan dianggap sangat memalukan.[20]
  3. ^ Terjemahan literalnya adalah "Anak Merah", namun yang dimaksud adalah bayi yang baru terlahir

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "《陈情令》:王一博的配音边江,肖战的配音路知行,都不如他!" (dalam bahasa Mandarin). 网易新闻. 25 Juli 2019. Diakses tanggal 14 September 2019. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ a b "知名耽美小说《魔道祖师》将拍剧 定名《陈情令》". Sina (dalam bahasa Mandarin). 13 Maret 2018. 
  3. ^ a b "《陈情令》首曝剧照 肖战王一博掀仙侠风云". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 5 Juli 2018. 
  4. ^ "《陈情令》定档627 肖战王一博最新海报曝光". Sina (dalam bahasa Tionghoa). June 27, 2019. 
  5. ^ "Episode 1 Edisi Spesial The Untamed". WeTV. 25 Desember 2019. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  6. ^ "电视剧拍摄制作备案公示表". SARFT (dalam bahasa Mandarin). [pranala nonaktif permanen]
  7. ^ "陈情令官微". Weibo. Diakses tanggal 2019-06-30. 
  8. ^ "Anggota VVIP Dapat Menonton Akhir Episode The Untamed Lebih Awal". Weibo (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 8 Agustus 2019. 
  9. ^ "刘海宽气质邂逅ELLE30周年盛典 爆料为《陈情令》瘦身20斤". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 11 September 2018. 
  10. ^ "《陈情令》郑繁星出演蓝思追 风度翩翩的英俊少年". China.com (dalam bahasa Mandarin). 24 Mei 2018. 
  11. ^ "《陈情令》曝角色海报 郭丞饰蓝景仪引期待". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 25 Mei 2018. 
  12. ^ "《陈情令》曝剧照 李若彤演绎蓝家家主". Huanqiu (dalam bahasa Mandarin). 15 Juni 2018. 
  13. ^ "朱赞锦《陈情令》 高度还原"金光瑶"大获好评". Netease (dalam bahasa Mandarin). 11 Mei 2018. 
  14. ^ a b c d "《陈情令》曝海报 新鲜面孔打造高颜值古装仙侠剧". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 25 Mei 2018. 
  15. ^ "新晋小鲜肉漆培鑫挑战《陈情令》人气角色"大小姐"". Netease (dalam bahasa Mandarin). 24 Mei 2018. 
  16. ^ "《陈情令》热拍中 "绵绵"王艺霏造型首曝光获书粉高度评价". Kknews.cc (dalam bahasa Mandarin). 29 Juni 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-03. Diakses tanggal 2019-07-15. 
  17. ^ "《陈情令》杀青 贺鹏首演仙侠剧变夷陵老祖对头". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 31 Agustus 2018. 
  18. ^ "《陈情令》开机 孟子义"温情"海报增添神秘感". Netease (dalam bahasa Mandarin). 26 April 2018. 
  19. ^ "《陈情令》开拍 于斌出演温宁造型还原获赞". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 4 Mei 2018. 
  20. ^ Novel Mo Dao Zu Shi Chapter 14
  21. ^ "《陈情令》曝光剧照 汪卓成被称为新生代"坞"主". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 5 Juli 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-03. Diakses tanggal 2019-07-15. 
  22. ^ "宣璐《陈情令》杀青 搭档肖战演绎姐弟亲情引期待". Netease (dalam bahasa Mandarin). 20 Agustus 2018. 
  23. ^ "宋继扬参演《陈情令》俊朗外表引期待". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 18 Mei 2018. 
  24. ^ "李泊文出演《陈情令》 古装造型神还原宋子琛". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 13 Juli 2018. 
  25. ^ "从《沙海》的软萌少年到《陈情令》的腹黑反派,95后新生代王皓轩未来可期". Wall Street (dalam bahasa Mandarin). 24 Agustus 2018. 
  26. ^ "陈卓璇出演《陈情令》阿菁". Sohu (dalam bahasa Mandarin). 29 Juni 2018. 
  27. ^ "《陈情令》 冯聪:演反派,没有人骂才是失败了". Sohu (dalam bahasa Mandarin). 22 Agustus 2018. 
  28. ^ "《陈情令》将播 曹峻祥变身二次元美少年". Sohu (dalam bahasa Mandarin). 24 Desember 2018. 
  29. ^ a b "《陈情令》还有隐藏剧情,聂怀桑温晁都曾扮成老头?暗中运筹帷幄". Netease (dalam bahasa Mandarin). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-10-11. Diakses tanggal 19 Oktober 2019. 
  30. ^ a b c d e "专访《陈情令》总制片人:年轻观众对剧的审美更加理性". People's Daily (dalam bahasa Mandarin). 5 Juli 2019. 
  31. ^ "120张概念图、300人美术团队,《陈情令》"明知不可为而为之"". Sina (dalam bahasa Mandarin). 7 Juli 2019. 
  32. ^ a b "电视剧《陈情令》开拍 肖战王一博领衔高颜值阵容". Netease (dalam bahasa Mandarin). 26 April 2018. 
  33. ^ "王一博《陈情令》杀青 感恩剧组不舍离别". China.com (dalam bahasa Mandarin). 24 Agustus 2018. 
  34. ^ "导演郑伟文执导《陈情令》续写仙侠缘". Xinhua News Agency (dalam bahasa Mandarin). 21 Agustus 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-03. Diakses tanggal 2019-07-15. 
  35. ^ "《陈情令》:新武侠"归来"". The Paper (dalam bahasa Mandarin). 4 Juli 2019. 
  36. ^ "《陈情令》曝选角内幕:肖战凭古装照入选,王一博第一轮被淘汰". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 23 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Agustus 2019. Diakses tanggal 16 Agustus 2019. 
  37. ^ "《陈情令》曝选角内幕:肖战凭古装照入选,王一博第一轮被淘汰". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 23 Juli 2019. Diakses tanggal 22 September 2019. 
  38. ^ "从无名"替声"到登上《陈情令》海报,配音演员出圈简史". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 13 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 November 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  39. ^ "《陈情令》里饰魏无羡圈粉无数 肖战自称与角色不一样". People's Daily (dalam bahasa Mandarin). 8 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Juli 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  40. ^ "《陈情令》剧组摄影棚发生火灾 现场2人死亡". Netease (dalam bahasa Mandarin). 13 Juli 2018. 
  41. ^ "强拆cp的陈情令终于遭到了粉丝的孽力回馈". Sina (dalam bahasa Mandarin). 23 Juli 2018. 
  42. ^ "《陈情令》剧方回应演员带资进组传言:均不属实". Netease (dalam bahasa Mandarin). 19 Juli 2018. 
  43. ^ "腾讯视频《陈情令》超前点播:谁剥夺了VIP的追剧快乐". Sina (dalam bahasa Mandarin). 1 Agustus 2019. Diakses tanggal 22 September 2019. 
  44. ^ "《陈情令》主演齐聚粉丝见面会 肖战王一博合唱". China Daily (dalam bahasa Mandarin). 12 Juli 2019. 
  45. ^ "陈情令古风写真 肖战王一博潇洒演绎知己大片". Huanqiu (dalam bahasa Mandarin). 26 Juli 2019. 
  46. ^ "周末娱乐指南:《天天向上》肖战王一博合体献唱". Sina. 26 Juli 2019. Diakses tanggal 26 Juli 2019. 
  47. ^ "《陈情令》见面会,忘羡被强行营业,思追曦臣"没座位"很尴尬" (dalam bahasa Mandarin). Sohu. 29 Juli 2019. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  48. ^ "《快乐大本营》8月10日看点:肖战 王一博有爱互怼现场上演激烈对抗,综艺高清视频在线观看" (dalam bahasa Mandarin). 芒果TV國際. Diakses tanggal 4 Agustus 2019. 
  49. ^ "Crazy Magic Show 25 Agustus 2019" (dalam bahasa Mandarin). weibo. 26 Agustus 2019. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  50. ^ "Acara Jumpa Penggemar The Untamed Thailand (2019)" (dalam bahasa Mandarin). Weibo. 5 September 2019. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  51. ^ "Acara Konser The Untamed 2019" (dalam bahasa Mandarin). Weibo. 11 Oktober 2019. Diakses tanggal 11 Oktober 2019. 
  52. ^ "The Untamed Roadshow" (dalam bahasa Mandarin). Weibo. 19 Juli 2019. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  53. ^ "The Untamed Roadshow di Hangzhou dan Nanjing" (dalam bahasa Mandarin). Weibo. 21 Juli 2019. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  54. ^ "The Untamed Roadshow di Xi'an, Wuhan, dan Chongqing" (dalam bahasa Mandarin). Weibo. 25 Juli 2019. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  55. ^ "The Untamed Roadshow di Zhengzhou" (dalam bahasa Mandarin). Weibo. 1 Agustus 2019. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  56. ^ "The Untamed Roadshow di Shanghai" (dalam bahasa Mandarin). Weibo. 1 Agustus 2019. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  57. ^ "The Untamed Roadshow di Qingdao" (dalam bahasa Mandarin). Weibo. 8 Agustus 2019. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  58. ^ "《陈情令》剧组为泰国水灾捐款 获媒体粉丝点赞". Sina (dalam bahasa Mandarim). 22 September 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 November 2019. Diakses tanggal 6 November 2019. 
  59. ^ "新湃回应肖战王一博演唱会登台时间:全场60%以上". Sina (dalam bahasa Mandarin). 30 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 November 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  60. ^ a b "《陈情令》演唱会付费直播,腐女经济的"氪金"之力". Ent Group (dalam bahasa Mandarin). 12 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 November 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  61. ^ "网易出品陈情令正版手游曝光 匠心诚意打磨沉浸式古风世界[多图]". Android Games (dalam bahasa Mandarin). 31 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 November 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  62. ^ "陈情少年11月合体营业 音乐舞台时尚全解锁". Rednet (dalam bahasa Mandarin). 19 November 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Desember 2019. Diakses tanggal 4 Desember 2019. 
  63. ^ "少年听学中". Tencent Video (dalam bahasa Mandarin). Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Desember 2019. Diakses tanggal 4 Desember 2019. 
  64. ^ News Style Media (27 Desember 2019). "The Untamed Boys Thailand Fanmeeting Announcement" (dalam bahasa Mandarin). Weibo. Diakses tanggal 27 Desember 2019. [pranala nonaktif permanen]
  65. ^ "《陈情令》开播引热议 创作团队坦诚不足接受指正". Sina (dalam bahasa Mandarin). 4 Juli 2019. 
  66. ^ "《陈情令》国风音乐专辑重磅上线 肖战王一博"声动"诠释角色内心". People.com (dalam bahasa Mandarin). 8 Juli 2019. 
  67. ^ "陈情令 国风音乐专辑 - QQ音乐-千万正版音乐海量无损曲库新歌热歌天天畅听的高品质音乐平台!". y.qq.com (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 8 Juli 2019. 
  68. ^ "战报来袭!恭喜OST合集《陈情令 古风音乐专辑》于平台运营助力之下成绩斐然!". QQ Music Weibo (dalam bahasa Mandarin). 19 Agustus 2019. Diakses tanggal 22 September 2019. 
  69. ^ NSMGroup (20 Mei 2020). "The Untamed Mencapai 8 Miliar View". Twitter. Diakses tanggal 21 Mei 2020. 
  70. ^ "陈情令". Guduo Data (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 21 Mei 2020. 
  71. ^ "从豆瓣4.8飙至8.0,著名编剧再谈《陈情令》:恶心庸俗" (dalam bahasa Mandarin). Sohu. 30 Agustus 2019. Diakses tanggal 6 September 2019.  [pranala nonaktif permanen]
  72. ^ "《陈情令》成为豆瓣评分人数最多的国产剧". Sohu (dalam bahasa Mandarin). 5 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 November 2019. Diakses tanggal 19 April 2020. 
  73. ^ "陈情令 来日方长,后会有期". Sohu (dalam bahasa Mandarin). 16 Agustus 2019. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  74. ^ "The Untamed Becomes Top1 Twitter Trending Topic, Gaining Global Attention". PR Newswire (dalam bahasa Inggris). 13 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Agustus 2019. Diakses tanggal 16 Agustus 2019. 
  75. ^ "Chinese drama 'The Untamed' gains following overseas". Global Times (dalam bahasa Inggris). 22 September 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Oktober 2019. Diakses tanggal 25 September 2019. 
  76. ^ "Hit adaptation of Chinese 'boys' love' novel debuts on Netflix". Global Times (dalam bahasa Inggris). 29 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 November 2019. Diakses tanggal 6 November 2019. 
  77. ^ "Copyright trading areas and destinations of Chinese TV series are increasingly diversified". CGTN News. 30 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 November 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  78. ^ "What's trending on China's Twitter-like Sina Weibo on Wednesday". Global Times. 4 Desember 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Desember 2019. Diakses tanggal 5 Desember 2019. 
  79. ^ "人民日报评《陈情令》:书写国风之美传递文化自信". Sina (dalam bahasa Mandarin). People's Daily. 28 Juni 2019. 
  80. ^ "《陈情令》开播受追捧:服化道精致 呈现传统礼仪". China News Service (dalam bahasa Mandarin). 28 Juni 2019. 
  81. ^ a b "326.7万人付费看陈情令演唱会直播 平台收入近亿". Sina (dalam bahasa Mandarin). 14 November 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 November 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  82. ^ a b "《陈情令》吸金9700万,为何"腐女"的钱最好赚?". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 15 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 November 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  83. ^ "《陈情令》南京演唱会黄牛票炒出15万天价". People's Daily (dalam bahasa Mandarin). 31 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 November 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  84. ^ "Behind the 150,000 RMB Concert Tickets". China Music Business (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-14. Diakses tanggal 13 Desember 2019. 
  85. ^ "Tencent เผย "ปรมาจารย์ลัทธิมาร" ดัน WeTV โต 250%, ยอดดาวน์โหลดเฉลี่ยเดือนละล้าน". Blognone (dalam bahasa Thailand). 17 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Oktober 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  86. ^ "Tencent ปี 2020 เดินหน้าอีเว้นท์เกม เพลง สร้างซีรีส์ไทยลง WeTV ฐานคนดูกลุ่มต่อไปอยู่ที่เมืองจีน". Blognone (dalam bahasa Thailand). 17 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Oktober 2019. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  87. ^ "第三届网影盛典盛大落幕,金牡丹奖各奖项逐一揭晓". Sohu (dalam bahasa Mandarin). 25 Agustus 2019 2019. 
  88. ^ "王一博:2019智族GQ"年度突破演员",未来可期". Netease (dalam bahasa Mandarin). 8 September 2019. Diakses tanggal 22 September 2019. 
  89. ^ "2019横店影视节圆满落幕 "文荣奖"各奖项揭晓". Sina (dalam bahasa Mandarin). 27 Oktober 2019. Diakses tanggal 30 Oktober 2019. 
  90. ^ "Xiao Zhan Masuk Dalam Nominasi The 6th Chinese TV Good Actors" (dalam bahasa Mandarin). 微博电视剧. 16 Oktober 2019. Diakses tanggal 16 Oktober 2019. 
  91. ^ "Autumn Sofa Film Festival 2019". 15 November, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-31. Diakses tanggal 13 Desember 2019. 
  92. ^ "Golden Tower Award" (dalam bahasa Mandarin). 金塔奖. Diakses tanggal 26 Oktober 2019. 
  93. ^ ""容嬷嬷"李明启出席互联网电影节开幕典礼,到场的还有这些明星". Sina (dalam bahasa Mandarin). 1 November 2019. Diakses tanggal 9 November 2019. 
  94. ^ "Xiao Zhan Memenangkan Penghargaan Aktor Terbaik Dalam The 3rd Yinchuan Internet Film Award" (dalam bahasa Mandarin). 新剧. 6 November 2019. Diakses tanggal 6 November 2019. 
  95. ^ "第26届华鼎奖提名名单:李现肖战获新锐演员提名". Sina (dalam bahasa Mandarin). 8 November 2019. Diakses tanggal 9 November 2019. 
  96. ^ "第26届华鼎奖奖项出炉 陈宝国惠英红获最佳男女主". Sina (dalam bahasa Mandarin). 10 Desember 2019. Diakses tanggal 13 Desember 2019. 
  97. ^ "它一曝光,中国电影又要高潮" (dalam bahasa Mandarin). 8 November 2019. 
  98. ^ "2019金河豚奖入围名单". Sina (dalam bahasa Mandarin). 18 November 2019. Diakses tanggal 13 Desember 2019. 
  99. ^ "金河豚奖"完整获奖名单" (dalam bahasa Mandarin). 30 November 2019. Diakses tanggal 13 Desember 2019. 
  100. ^ "2019 泰国头条新闻年度风云人物(文化娱乐类)-"《陈情令》剧组"". Thai Headlines (dalam bahasa Mandarin). 18 November 2019. 
  101. ^ "肖战王一博获2019泰国头条新闻年度风云人物!《陈情令》获文化奖给力!". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 11 November 2018. Diakses tanggal 23 November 2019. 
  102. ^ "恭喜@X玖少年团肖战DAYTOY @UNIQ-王一博 合唱的《无羁》加冕酷狗年度金曲!". Kugou Music Weibo (dalam bahasa Mandarin). 
  103. ^ "第一届互联网影视文娱盛典暨"飞鹭"文娱之夜在厦门举行". Xiamen Web (dalam bahasa Mandarin). 24 November 2019. Diakses tanggal 13 Desember 2019. [pranala nonaktif permanen]
  104. ^ "2019第二十届中国视频榜". Tencent Video Weibo. 20 November 2019. Diakses tanggal 24 November 2019. 
  105. ^ "微博电视剧大赏正式启动《陈情令》入围百部优秀剧集". Sohu (dalam bahasa Mandarin). 26 November 2019. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  106. ^ "2019年度微博十大人气剧集". Weibo (dalam bahasa Mandarin). 23 Desember 2019. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  107. ^ "微博电视剧大赏". Weibo (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  108. ^ "2019年度微博十大人气男演员". Weibo (dalam bahasa Mandarin). 23 Desember 2019. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  109. ^ "金骨朵网络影视盛典提名揭晓 王一博肖战杨紫等入围". Ynet (dalam bahasa Mandarin). 25 November 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-24. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  110. ^ "金骨朵盛典:郑爽、张若昀获最受欢迎演员奖!《陈情令》再添大奖". Sina (dalam bahasa Mandarin). 23 Desember 2019. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  111. ^ "2019年搜狗IN全景·臻选礼开幕 AI带你漫游未来城市". Global Times (dalam bahasa Mandarin). 6 Desember 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-11. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  112. ^ "肖战获年度电视剧男演员". Sina (dalam bahasa Mandarin). 8 Desember 2019. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  113. ^ "酷狗音乐年度金曲:肖战、王一博《无羁》". Sina (dalam bahasa Mandarin). 8 Desember 2019. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  114. ^ ""影视榜样·2019年度总评榜"启动票选". People's Daily (dalam bahasa Mandarin). 9 Desember 2019. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  115. ^ "百度沸点2019年度十大电视剧发布". Sina (dalam bahasa Mandarin). 12 Desember 2019. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  116. ^ "新浪2019年度影视综获奖名单". Sina (dalam bahasa Mandarin). 19 Desember 2019. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  117. ^ "第八届中国大学生电视节落幕 各大奖项揭晓". Sina (dalam bahasa Mandarin). 19 Desember 2019. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  118. ^ "2019年度星光大赏". Kgula (dalam bahasa Mandarin). 29 Desember 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-28. Diakses tanggal 29 Desember 2019. 
  119. ^ "肖战荣获年度电视剧男演员 2020年继续努力不负荣誉". Tencent (dalam bahasa Tionghoa). 7 Januari 2020. 
  120. ^ "2019腾讯娱乐白皮书发布:肖战千玺成大赢家,向佐自曝"妈管严"". Tencent (dalam bahasa Tionghoa). 7 Januari 2020. 
  121. ^ "《十二时辰》《陈情令》《亲热》获微博年度热剧". Sina (dalam bahasa Tionghoa). 11 Januari 2020. 
  122. ^ "总局强化春节期间广告播出管理/2019微博之夜/"光影中国"电影荣誉盛典". Shangxinyezhi (dalam bahasa Tionghoa). 12 Januari 2020. Diakses tanggal 10 Februari 2020. 
  123. ^ "《横店2019年度热剧榜》". 横店影视城 Sina Weibo (dalam bahasa Tionghoa). 13 Januari 2020. Diakses tanggal 10 Februari 2020. 
  124. ^ "《横店2019年度经典角色榜》". 横店影视城 Sina Weibo (dalam bahasa Tionghoa). 13 Januari 2020. Diakses tanggal 10 Februari 2020. 
  125. ^ "The Untamed Movie: The Living Dead" (dalam bahasa Mandarin). 陈情令之生魂. 6 Agustus 2019. Diakses tanggal 24 Agustus 2019. 
  126. ^ "于斌《陈情令》热血收官 鬼将军温宁发文感恩一路成长" (dalam bahasa Mandarin). Huan Qiu Wang. 15 Agustus 2019. Diakses tanggal 24 Agustus 2019. 
  127. ^ "《陈情令之生魂》曝新剧照,蓝思追手中古琴抢镜,P图痕迹很明显" (dalam bahasa Mandarin). Sohu. 29 Oktober 2019. Diakses tanggal 29 Oktober 2019. 
  128. ^ "Pemeran The Living Dead" (dalam bahasa Mandarin). 陈情令之生魂. 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 26 Oktober 2019. 
  129. ^ 陈情令系列电影官方微博. "The Untamed: Fatal Journey" (dalam bahasa Mandarin). Weibo. Diakses tanggal 13 April 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]