Mo Dao Zu Shi (donghua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mo Dao Zu Shi
One of the official posters for Mo Dao Zu Shi by Tencent.jpg
Judul lainThe Founder of Diabolism
Grandmaster of Demonic Cultivation
Grandmaster of Demonic Path
GenreXianxia
Aksi
Petualangan
Misteri
Komedi
Supernatural
Shounen Ai
PembuatMo Xiang Tong Xiu
Diangkat dariMo Dao Zu Shi
oleh Mo Xiang Tong Xiu
PengarangLiang Sha
SutradaraXiong Ke
Pengarah kreatifShen Lin
Pengisi suaraZhang Jie
Bian Jiang
Lagu pembuka"Zui Meng Qian Chen" oleh Lin Zhixuan
Lagu penutup"Wen Qin" oleh Yin Lin
"Bu Xian" oleh S.I.N.G
"Shao Nian Ru Gu" oleh R1SE
PenggubahSun Yujing
Wen Teng
Kun Shuo
NegaraChina
BahasaMandarin
Jumlah musim2
Jumlah episode23
Produksi
Produser eksekutifXu Yuanyuan
ProduserJin Wenjun
Wang Juan
Liu Xing
Zhu Ke
Yan Mengya
Durasi24 menit per episode
Rumah produksiTencent Penguin Pictures
B.C May Pictures
Rilis
Jaringan penyiarTencent Video
Format visual1080i (HDTV)
Tanggal rilis9 Juli 2018 (2018-7-9)6 Oktober 2018 (2018-10-6) (musim pertama)
3 Agustus 2019 (2019-8-3)31 Agustus 2019 (2019-8-31) (musim kedua)
Kronologi
Acara terkaitThe Untamed
Pranala luar
Situs web

Mo Dao Zu Shi (Hanzi: 魔道祖师; Pinyin: Mó Dào Zǔ Shī; harfiah: 'Pendiri Kultivasi Iblis') adalah sebuah seri donghua yang ditayangkan pada tahun 2018 dan 2019, dan merupakan adaptasi dari novel BL dengan judul yang sama karangan Mo Xiang Tong Xiu (Hanzi: 墨香铜臭). Seri donghua ini diproduksi oleh Tencent Penguin Pictures dan B.C May Pictures, dan diciptakan oleh G.CMay Animation & Film. Berlatar di sebuah dunia xianxia fiksi dimana manusia melakukan kultivasi untuk mencapai keabadian yang dikenal sebagai Xian (Hanzi: ),[1] seri ini mengisahkan tentang sang tokoh utama, Wei Wuxian, yang karena beberapa alasan menjadi menyimpang dari ajaran Xian, dan justru menciptakan Mo Dao (Aliran Iblis). Karena alasan tersebut, seri ini sering diterjemahkan secara tidak resmi oleh komunitas penggemar sebagai Grandmaster of Demonic Path/Cultivation atau The Founder of Diabolism.[2]

Musim pertama dari seri ini berjudul Qian Chen Pian (Hanzi: 前尘篇), ditayangkan mulai tanggal 9 Juli hingga 6 Oktober 2018 di Tencent Video dengan total 15 episode.[3] Sementara musim keduanya berjudul Xian Yun Pian (Hanzi: 羡云篇), ditayangkan mulai tanggal 3 Agustus hingga 5 Oktober 2018 dengan total 8 episode.[4]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sebagai orang yang menciptakan Aliran Iblis, Wei Wuxian menjalani kehidupannya dengan seenaknya, membuatnya menjadi dibenci oleh jutaan orang karena kekacauan yang ia buat. Pada akhirnya, ia dikhianati oleh shidinya (adik seperguruan laki-laki) sendiri dan dibunuh oleh empat klan besar yang bersatu untuk mengalahkannya. Tiga belas tahun kemudian, ia kembali dengan menggunakan tubuh seorang pria gila yang dibuang oleh klannya sendiri dan kemudian dibawa paksa oleh seorang kultivator ternama—Lan Wangji, yang merupakan mantan teman sekelasnya saat ia belajar di Gusu dahulu.

Cerita kembali ke-13 tahun yang lalu. Dimana Wei Wuxian diperkenalkan sebagai pria muda yang memiliki sifat bebas dan dikenal sebagai kultivator yang menjanjikan. Petualangan Wei Wuxian yang seru dan menegangkan pun dimulai, mulai dari melawan monster, memecahkan misteri, bahkan hingga merawat anak kecil. Tetapi tragedi dan pertarungan yang harus ia hadapi tetap tak terelakkan. Ia harus membuat pilihan yang berujung pada akibat fatal dan mengambil jalan kultivasi Iblis yang terlarang dan berbahaya. Sementara itu, Lan Wangji yang dikenal sebagai Han Guang-Jun yang selalu berada dimana kekacauan terjadi, berusaha untuk menghentikannya. Namun kenapa di saat seluruh dunia memalingkan diri darinya dan berusaha untuk membunuhnya hanya Lan Wangji yang berusaha untuk menolongnya dan berada di sisinya?

Diawali dari pertemuannya dengan Lan Wangji saat ia masih muda, hingga 13 tahun kemudian saat Lan Wangji membawanya paksa ke Gusu Lan dan memilih untuk berada di sisinya, Wei Wuxian mulai menyadari bahwa Lan Wangji yang dingin dan tidak pernah menunjukkan ekspresi sebenarnya memiliki perasaan yang lebih dalam dari yang ia kira selama ini.

Episode[sunting | sunting sumber]

MusimEpisodeWaktu tayang
Awal tayangAkhir tayang
1159 Juli 2018 (2018-7-9)6 Oktober 2018 (2018-10-6)
283 Agustus 2019 (2019-8-3)31 Agustus 2019 (2019-8-31)

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Wei Ying (Hanzi: 魏婴; Pinyin: Wèi Yīng), nama kehormatan Wuxian (Hanzi: 无羡; Pinyin: Wúxiàn), sehingga juga dikenal sebagai Wei Wuxian (Hanzi: 魏无羡; Pinyin: Wèi Wúxiàn).

Pengisi suara: Zhang Jie (animasi), Lu Zhixing (drama audio, seri web)
Diperankan oleh: Xiao Zhan
Wei Wuxian adalah karakter utama dari seri ini. Dilahirkan sebagai putra tunggal dari Cangse Sanren dan Wei Changze, Wei Wuxian adalah seorang kultivator yang periang, optimis, sedikit nakal namun baik hati. Ia dikenal dengan kecerdasannya dalam menemukan teknik-teknik spritual dan penemuan-penemuan baru yang tidak pernah ada di metode kultivasi sebelumnya. Pada masa mudanya, ia adalah salah satu murid dari Sekte Yunmeng Jiang, namun kemudian ia menciptakan Aliran Iblisnya sendiri yang membuatnya dikenal sebagai Tetua Yiling (Hanzi: 夷陵老祖; Pinyin: Yílíng Lǎozǔ). Ia meninggal di Penyerangan Pertama di Lembah Kuburan 13 tahun sebelum kisah dimulai. Ia kemudian hidup kembali menggunakan tubuh Mo Xuanyu yang mengadakan sebuah ritual pengorbanan untuk menghidupkan kembali Wei Wuxian. Setelahnya, ia bersama dengan Lan Wangji memulai petualangan mereka untuk memecahkan kasus mencurigakan dimana potongan tubuh dari mayat yang sangat kuat menyimpan rasa dendam yang sangat besar dan membunuh banyak orang. Dalam perjalanannya, ia juga berhasil membersihkan namanya yang dahulu selalu identik dengan hal buruk. Ia juga mulai jatuh cinta dengan Lan Wangji dan kemudian menjadi pasangan kultivasi dengannya.

Lan Zhan (Hanzi: 蓝湛; Pinyin: Lán Zhàn), nama kehormatan Wangji (Hanzi: 忘机; Pinyin: Wàngjī), sehingga juga dikenal sebagai Lan Wangji (Hanzi: 蓝忘机; Pinyin: Lán Wàngjī).

Pengisi suara: Bian Jiang (animasi, seri web), Wei Chao (drama audio)
Diperankan oleh: Wang Yibo
Lan Wangji adalah tuan muda kedua dari Sekte Gusu Lan. Ia memiliki julukan Hanguang-Jun (Hanzi: 含光君; Pinyin: Hánguāng-jūn; harfiah: 'Sang Pemegang Cahaya') dan merupakan salah satu dari Dua Jade dari Lan bersama dengan kakaknya, Lan Xichen. Ia dikenal dengan sifatnya yang dingin, penyendiri, dan taat pada aturan. Di masa mudanya, ia berteman dan berakhir jatuh cinta dengan Wei Wuxian. Ketika Wei Wuxian menjadi Tetua Yiling, ia berulang kali mencoba menghentikannya mempelajari ilmu hitam dan melindunginya dari gabungan klan besar yang mencoba membunuhnya, meski tetap berakhir sia-sia dengan kematian Wei Wuxian di Lembah Kuburan. Setelah berkabung selama 13 tahun, ia bertemu kembali dengan Wei Wuxian yang kini berada di tubuh Mo Xuanyu. Bersama Wei Wuxian, ia berusaha memecahkan misteri yang melibatkan mayat hidup dengan dendam yang sangat kuat dan membantu Wei Wuxian membersihkan namanya. Kemudian keduanya menjadi pasangan kultivasi dan hidup bersama.

Sekte Gusu Lan[sunting | sunting sumber]

Sekte Gusu Lan (Hanzi: 姑苏蓝氏; Pinyin: Gūsū Lán Shì) adalah sebuah sekte kultivasi yang terletak di Relung Awan (Hanzi: 云深不知处; Pinyin: Yún Shēn Bù Zhī Chù), sebuah tempat di gunung terpencil di kota Gusu. Pemimpin Sekte Gusu Lan untuk saat ini adalah Lan Xichen.

Lan Huan (Hanzi: 蓝涣; Pinyin: Lán Huàn), nama kehormatan Xichen (Hanzi: 曦臣; Pinyin: Xīchén), sehingga juga dikenal sebagai Lan Xichen (Hanzi: 蓝曦臣; Pinyin: Lán Xīchén).

Pengisi suara: Jin Xian (animasi), Wang Kai (drama audio), Ling Fei (seri web)
Diperankan oleh: Liu Haikuan
Lan Xichen adalah tuan muda pertama dari Sekte Gusu Lan. Ia memiliki julukan Zewu-Jun (Hanzi: 泽芜君; Pinyin: Zéwú-jūn) dan merupakan salah satu dari Dua Jade dari Lan bersama dengan adiknya, Lan Wangji; ia juga adalah salah satu dari Tiga Zun bersama dengan saudara angkatnya Jin Guangyao dan Nie Mingjue. Ia memiliki karakter yang hangat dan lembut, berlawanan dengan Lan Wangji yang dingin dan penyendiri. Ia adalah pria yang memiliki kepercayaan penuh dan setia kepada orang dan kebaikan yang ia miliki tersebut tidak terbatas kepada siapapun. Hal itu tampak jelas melalui hubungannya dengan Jin Guangyao, dimana ia adalah satu-satunya orang yang tidak memandang rendah Jin Guangyao yang memiliki identitas sebagai anak pelacur. Namun, Lan Xichen juga dapat memiliki temperamen dan sangat protektif terhadap orang yang ia pedulikan, terutama adiknya. Amarahnya dapat terlihat jelas terhadap Wei Wuxian yang merupakan alasan Lan Wangji mengkhianati Sekte Lan untuk melindunginya. Ia bahkan menyebut Wei Wuxian sebagai "satu-satunya kesalahan yang ada di hidup Lan Wangji".

Lan Qiren (Hanzi: 蓝启仁; Pinyin: Lán Qǐrén)

Pengisi suara: Liu Cong (animasi), Song Ming (drama audio), Zhang Wentian (seri web)
Diperankan oleh: Huang Ziteng
Lan Qiren adalah tetua dari Sekte Lan yang dikenal sebagai penghasil murid-murid yang mengagumkan, bahkan murid yang paling tanpa harapan sekalipun. Ia adalah paman dari Lan Xichen dan Lan Wangji. Setelah melihat kakaknya, Qingheng-jun, yang hidupnya hancur karena cinta, ia menjadi wali dari kedua keponakannya dan membesarkan mereka dengan sangat ketat untuk mencegah mereka mengikuti jejak ayah mereka. Meski Lan Wangji tetap berakhir kabur bersama Wei Wuxian. Karena itu ia dikenal sebagai guru yang hebat, keras kepala, dan tegas.

Lan Yuan (Hanzi: 蓝愿; Pinyin: Lán Yuàn), nama kehormatan Sizhui (Hanzi: 思追; Pinyin: Sīzhuī), sehingga juga dikenal sebagai Lan Sizhui (Hanzi: 蓝思追; Pinyin: Lán Sīzhuī).

Pengisi suara: Chenzhang Taikang (animasi), Qian Wenqing (drama audio), Chen Jinwen (seri web)
Diperankan oleh: Zheng Fanxing
Lan Sizhui adalah salah satu murid dari Sekte Lan. Ia sebenarnnya terlahir sebagai Klan Wen dengan nama Wen Yuan (Hanzi: 温苑; Pinyin: Wēn Yuàn). Ia ditemukan oleh Wei Wuxian di antara sisa-sisa klan Wen yang dipaksa untuk bekerja di lembah di Yiling. Wei Wuxian pun mulai merawatnya. Setelah Penyerbuan Pertama di Lembah Kuburan (kematian Wei Wuxian), ketika saat itu ia masih berusia 3 tahun, ia kehilangan Wei Wuxian dan rumahnya. Ia kemudian ditemukan oleh Lan Wangji yang datang untuk mencari sisa-sisa peninggalan dari Wei Wuxian. Tetapi saat itu ia dalam keadaan demam tinggi yang membuatnya melupakan seluruh masa lalunya. Namanya kemudian diubah menjadi Lan Yuan, dan nama kehormatannya, Sizhui, kemungkinan baru diberikan di tahun yang sama dengan kembalinya Wei Wuxian. Tiga belas tahun setelah Penyerbuan Pertama tersebut, ia akhirnya bertemu kembali dengan Wei Wuxian dan Wen Ning, meski ia baru mengingat seluruh masa lalunya di akhir cerita. Lan Sizhui juga adalah teman baik dari Lan Jingyi dan Jin Ling.

Lan Jingyi (Hanzi: 蓝景仪; Pinyin: Lán Jǐngyí)

Pengisi suara: Wang Chenguang (animasi), Cao Xupeng (drama audio), Liu Sicen (seri web)
Diperankan oleh: Guo Cheng
Lan Jingyi adalah salah satu murid dari Sekte Lan. Ia adalah pemuda yang mudah marah dan tidak menyukai orang yang tidak mengikuti aturan dan berisik, meskipun ironisnya ia sendiri menjadi berisik saat sedang marah. Meski memiliki karakter yang angkuh, ia sebenarnya adalah orang yang baik hati dan peduli. Ia akan membela teman-temannya, bahkan Wei Wuxian yang pada awalnya tidak ia sukai karena karakternya yang seenaknya. Ia adalah teman baik dari Lan Sizhui dan Jin Ling.

Sekte Lanling Jin[sunting | sunting sumber]

Sekte Lanling Jin (Hanzi: 兰陵金氏; Pinyin: Lánlíng Jīn Shì) adalah sebuah sekte kultivasi yang terletak di Menara Koi (Hanzi: 金鳞台; Pinyin: Jīnlín Tái), Lanling.

Meng Yao (Hanzi: 孟瑶; Pinyin: Mèng Yáo), kemudian diubah menjadi Jin Guangyao (Hanzi: 金光瑶; Pinyin: Jīn Guāngyáo)

Pengisi suara: Yang Tianxiang (animasi), Jiang Guangtao (drama audio), Su Shangqing (seri web)
Diperankan oleh: Zhu Zanjin
Juga dikenal sebagai Lianfang-zun (Hanzi: 敛芳尊; Pinyin: Liǎnfāng-zūn; harfiah: 'Tuan Dengan Keharuman yang Tersembunyi'), Jin Guangyao adalah ketua dari Sekte Jin setelah kematian Jin Guangshan. Ia adalah anak haram dari Jin Guangshan dan paman dari Jin Ling. Karena kekuatan Sekte Jin sebelum dan semasa pimpinannya, ia juga menjadi Ketua Kultivator pertama (Hanzi: 仙督). Ia juga dikenal sebagai tiga Zun bersama dengan saudara angkatnya, Lan Xichen dan Nie Mingjue. Ia selalu berusaha mendapatkan pengakuan dan kekuasaan karena selalu dipandang rendah oleh semua orang karena identitasnya sebagai anak pelacur. Namun, pengecualian untuk kakak angkatnya, Lan Xichen, yang membuatnya sangat menghormati Lan Xichen. Ia telah memiliki banyak pencapaian di hidupnya, seperti membangun menara pengawas dan membantu membangun kembali perpustakaan Relung Awan. Namun rasa hausnya akan kekuatan membuatnya bekerja sama dengan Xue Yang untuk memperoleh kekuatan Yin Hu Fu, yang dahulu separuhnya telah dihancurkan oleh Wei Wuxian karena ia anggap terlalu kuat dan berbahaya. Ia juga membunuh semua orang yang berani menghalangi jalannya, termasuk ayah, saudara, istri, anak, atasan, dan temannya. Pembunuhannya terhadap Nie Mingjue lah yang membuat Wei Wuxian dan Lan Wangji harus melakukan perjalanan untuk memecahkan misteri sebuah mayat dengan rasa dendam yang sangat dalam, yang ternyata adalah Nie Mingjue. Pada akhirnya, ketika semua kejahatannya telah terungkap, semua orang langsung berbalik melawannya dan Nie Huaisang membohongi Lan Xichen untuk membunuhnya.

Jin Guangshan (Hanzi: 金光善; Pinyin: Jīn Guāngshàn)

Pengisi suara: Li Longbin (animasi), Xiao Tan (drama audio), Yang Mo (seri web)
Diperankan oleh: Shen Xiaohai
Jin Guangshan adalah mantan ketua Sekte Jin yang memiliki banyak sekali anak haram, di antaranya adalah Jin Guangyao dan Mo Xuanyu. Jin Zixuan adalah satu-satunya anak resminya.

Jin Ling (Hanzi: 金凌; Pinyin: Jīn Líng), nama kehormatan Rulan (Hanzi: 如兰; Pinyin: Rúlán), sehingga juga dikenal sebagai Jin Rulan (Hanzi: 金如兰; Pinyin: Jīn Rúlán)

Pengisi suara: Su Shangqing (animasi), Li Lanling (drama audio), Zhang Si Wang Zhi (seri web)
Played by: Qi Peixin
Jin Ling adalah salah satu murid dari Sekte Jin. Ia adalah putra kandung dari Jin Zixuan dan Jiang Yanli, dan keponakan dari Jin Guangyao dan Jiang Cheng. Ia adalah satu-satunya keturunan Klan Jin resmi yang hidup, sehingga setelah kematian Jin Guangyao, ia mewarisi kedudukan ketua sekte. Ia memiliki seekor anjing spiritual yang ia beri nama Peri (Hanzi: 仙子; Pinyin: Xian Zi), yang merupakan pemberian dari Jin Guangyao. Jin Ling adalah pemuda yang angkuh dan mudah marah, menyebabkannya susah mendaptkan teman sehingga ia tidak memiliki banyak teman seumurannya. Meskipun ia menjadi seperti itu karena keadaan hidupnya, ia sebenarnya adalah pemuda yang baik hati dan selalu berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik. Ia adalah teman dekat dari Lan Sizhui dan Lan Jingyi.

Jin Zixuan (Hanzi: 金子轩; Pinyin: Jīn Zixuān)

Pengisi suara: Gu Jiangshan (animasi), Liu Mingyue (drama audio), Shi Zekun (seri web)
Diperankan oleh: Cao Yuchen
Jin Zixuan adalah suami Jiang Yanli dan ayah dari Jin Ling. Ia adalah satu-satunya anak resmi dari Jin Guangshan. Hal itu membuatnya tumbuh menjadi pria yang angkuh dan tanpa berpikir panjang menghina Jiang Yanli di depan saudaranya (Jiang Cheng dan Wei Wuxian). Namun, ia sebenarnya adalah pria yang baik hati dan memiliki jiwa keadilan. Hal itu ditunjukkan pada saat Wen Chao memerintahkan Mianmian untuk menjadi umpan monster dan Jin Zixuan bersama dengan Lan Wangji melindunginya, meskipun ia tahu bahwa perbuatannya tersebut akan memiliki konsekuensi.

Qin Su (Hanzi: 秦愫; Pinyin: Qín Sù)

Pengisi suara: Ye Zhiqiu (drama audio)
Diperankan oleh: Jin Luying
Qin Su adalah istri dari Jin Guangyao. Ia adalah putri dari Qin Cangye, ketua Sekte Laoling Qin, cabang dari Sekte Jin. Setelah Jin Guangyao menyelamatkannya saat Kampanye Memanah Matahari, ia jatuh cinta padanya dan tidak menyerah hingga mereka akhirnya menikah. Ia kemudian menjadi istri resmi Jin Guangyao dan nyonya dari Menara Koi. Di akhir cerita, kemudian terungkap bahwa ia adalah salah satu anak haram Jin Guangshan dimana dahulu Jin Guangshan pernah memperkosa ibu Qin Su saat sedang mabuk. Tetapi karena Qin Cangye adalah salah satu bawahan paling setia Jin Guangshan, ibunya tidak berani mengungkap kebenaran tersebut. Ketika ibunya memberitahu Jin Guangyao hal tersebut, saat itu Qin Su telah hamil dan Jin Guangyao pun akhirnya tetap menikahi Qin Su untuk mendapatkan dukungan dari Qin Cangye dan Jin Guangshan. Ketika anak mereka berumur 3 tahun, Jin Guangyao membunuhnya sebagai bagian dari rencananya untuk mendapatkan kedudukan Ketua Kultivator. Setelah mengetahui semua hal tersebut, Qin Su membunuh dirinya sendiri di depan kerumunan orang di malam saat Konferensi Diskusi diadakan di Menara Koi.

Mo Xuanyu (Hanzi: 莫玄羽; Pinyin: Mò Xuányǔ)

Pengisi suara: Zhang Jie (animasi), Tong Yin (drama audio)
Diperankan oleh: Xiao Zhan
Mo Xuanyu adalah salah satu dari anak haram Jin Guangshan dan mantan murid Sekte Jin. Ia mengorbankan jiwanya untuk memanggil Wei Wuxian demi membalaskan dendamnya pada keluarga Mo. Di masa hidupnya dan saat tubuhnya dipakai oleh Wei Wuxian, ia dikenal sebagai orang gila. Di masa lalunya, ia tersiksa oleh harapan ibunya yang seorang anak pelayan untuk mendapatkan pengakuan dari ayahnya. Ia dikirim di Sekte Jin untuk mempelajari kultivasi, namun diusir keluar setelah tertangkap basah mencoba melecehkan Jin Guangyao sebagai seorang homosexual. Ia kembali ke Desa Mo dan ibunya meninggal tak lama kemudian, meninggalkannya untuk hidup bersama dengan bibinya dan sepupunya, Mo Ziyuan, yang suka menyiksanya. Mereka berdua merasa iri akan Mo Xuanyu yang mendapat kesempatan untuk belajar kultivasi dan karena itu mereka sering memukuli dan menyiksanya secara fisik hingga ia menjadi gila.

Sekte Qinghe Nie[sunting | sunting sumber]

Sekte Qinghe Nie (Hanzi: 清河聂氏; Pinyin: Qīnghé Niè Shì) adalah sebuah sekte kultivasi yang terletak di Alam Tidak Bersih (Hanzi: 不净世; Pinyin: Bù Jìng Shì). Ketuanya untuk saat ini adalah Nie Huaisang.

Nie Mingjue (Hanzi: 聂明玦; Pinyin: Niè Míngjué)

Pengisi suara: Yin Xia Lao Gui (animasi), Feng Sheng (drama audio), Zhao Yi (seri web)
Diperankan oleh: Wang Yizhou
Juga dikenal sebagai Chifeng-zun (Hanzi: 赤锋尊; Pinyin: Chìfēng-zūn; harfiah: 'Tuan Pedang Merah'), Nie Mingjue adalah mantan ketua Sekte Nie dan kakak satu-ayah-beda-ibu dari Nie Huaisang. Ia dikenal sebagai Tiga Zun bersama dengan saudara angkatnya, Jin Guangyao dan Lan Xichen. Nie Mingjue dikenal sebagai orang yang ketat, mudah marah, dan tidak mentoleransi apapun yang dianggapnya menyimpang dari perbuatan baik. Kepribadiannya tersebut membuat namanya menjadi sangat dikenal dan dihormati, membuat Sekte Jin yang menjadi sekte terkuat setelah kehancuran Sekte Wen menganggapnya sebagai batu sandungan bagi kekuatan mereka. Selain itu, karena kepribadiannya tersebut, ia tidak dapat memaafkan Jin Guangyao yang telah membunuh dua bawahannya saat mereka ditangkap oleh Wen Ruohan di Kota Tanpa Malam. Meskipun Jin Guangyao berkata bahwa jika ia tidak melakukan tersebut, Nie Mingjue akan menjadi orang yang mati karena mereka bertiga telah menghina Wen Ruohan. Ia berakhir dibunuh oleh Jin Guangyao dan berubah menjadi mayat hidup dengan rasa dendam yang besar.

Nie Huaisang (Hanzi: 聂怀桑; Pinyin: Niè Huáisāng)

Pengisi suara: Liu Sanmu (animasi), Qi Sijia (drama audio), Ji Li (seri web)
Diperankan oleh: Ji Li
Nie Huaisang adalah ketua Sekte Nie saat ini dan adik satu-ayah-beda-ibu dari Nie Mingjue. Ia dikenal dengan ketidak kompetenannya, sehingga dikenal sebagai Sang Penggeleng-Kepala (Hanzi: 一问三不知; Pinyin: Yī wèn sānbùzhī) oleh orang-orang baik kultivator maupun bukan. Ia dianggap Wei Wuxian sebagai dalang di balik pelepasan tangan kiri Nie Mingjue dan serangkaian kejadian yang berujung pada kematian Jin Guangyao di tangan Lan Xichen.

Sekte Qishan Wen[sunting | sunting sumber]

Sekte Qishan Wen (Hanzi: 岐山温氏; Pinyin: Qíshān Wēn Shì) adalah sebuah sekte kultivasi yang terletak di Kota Tanpa Malam (Hanzi: 不夜天城; Pinyin: Bú Yè Tiānchéng).

Wen Ruohan (Hanzi: 温若寒; Pinyin: Wēn Ruòhán)

Pengisi suara: Yan Ming (animasi), Chen Siyu (drama audio), Liu Cong (seri web)
Diperankan oleh: Xiu Qing
Wen Ruohan adalah mantan ketua Sekte Wen. Ia adalah ayah dari Wen Xu dan Wen Chao. Wen Ruohan dikenal dengan karakternya yang terobsesi dengan kekuatan dan memiliki sifat yang tidak dapat ditebak.

Wen Xu (Hanzi: 温旭; Pinyin: Wēn Xù)

Diperankan oleh: Wang Rong
Wen Xu adalah putra sulung Wen Ruohan. Ia adalah orang yang menuduh Sekte Lan dan membakar Relung Awan dengan alasan membersihkannya agar "terlahir kembali dari cahaya api". Ia berakhir mati di tangan Nie Mingjue dan kepalanya digantung untuk dipertontonkan pada kultivator Sekte Wen, sementara tubuhnya dipotong menjadi potongan-potongan dan dikubur oleh kultivator Sekte Nie.

Wen Chao (Hanzi: 温晁; Pinyin: Wēn Cháo)

Pengisi suara: Liang Xiaoqiang (animasi), Hao Xianghai (drama audio), Wen Jingyuan (seri web)
Diperankan oleh: He Peng
Wen Chao adalah putra bungsu Wen Ruohan dan ketua terakhir Sekte Wen. Meski telah memiliki istri, ia dikenal sebagai pria yang suka bermain dan melecehkan wanita. Salah satunya adalah Mianmian, yang ditolong oleh Wei Wuxian dengan mengalihkan perhatian Wen Chao menggunakan hal erotis palsu. Karena rencana jahatnya dan Wen Ruohan, ia menyebabkan kehancuran Sekte Lan dan Sekte Jiang dengan menghancurkan kediamannya dan membunuh seluruh anggota Sekte Jiang, kecuali 3 orang muridnya yang berhasil kabur. Ia juga adalah orang yang membuang Wei Wuxian ke Lembah Kuburan, yang berakhir dengan kematiannya sendiri di tangan Wei Wuxian yang datang kembali dengan kultivasi iblis ciptaannya.

Wen Qing (Hanzi: 温情; Pinyin: Wēn Qíng)

Pengisi suara: Qiao Shiyu (animasi, seri web), Shan Xin (drama audio)
Diperankan oleh: Meng Ziyi
Wen Qing adalah salah satu anggota Sekte Wen dan kakak dari Wen Ning. Sebagai anggota dari keluarga cabang, ia adalah salah satu keturunan dari leluhur Sekte Wen, Wen Mao, meskipun tidak berasal dari klan utama. Ia dikenal sebagai tabib terhebat di sejarah Sekte Wen dan memiliki kultivasi yang cukup tinggi. Ketika Jiang Cheng kehilangan Inti Emasnya karena Sekte Wen, ia membantu Wei Wuxian memberikan Inti Emasnya pada Jiang Cheng atas permintaan Wei Wuxian sendiri.

Wen Ning (Hanzi: 温宁; Pinyin: Wēn Níng), nama kehormatan Qionglin (Hanzi: 琼林; Pinyin: Qiónglín), sehingga juga dikenal sebagai Wen Qionglin (Hanzi: 温琼林; Pinyin: Wēn Qiónglín)

Pengisi suara: Shao Tong (animasi), Teng Xin (drama audio), Li Xin (seri web)
Diperankan oleh: Yu Bin
Wen Ning adalah salah satu anggota dari Sekte Wen dan adik kandung dari Wen Qing. Sama seperti Wen Qing, ia adalah anggota keluarga cabang dan merupakan keturunan dari leluhur Sekte Wen, Wen Mao, meski tidak berasal dari klan utama. Semasa hidupnya, ia adalah pria yang tertutup dan pemalu. Setelah Wei Wuxian memuji kemampuan memanahnya dan melindunginya dari Wen Chao, ia mulai mempercayai Wei Wuxian dan selalu membantunya bahkan hingga ia berubah menjadi mayat hidup. Ia dikenal sebagai Jendral Hantu (Hanzi: 鬼将军; Pinyin: Guǐ jiāngjūn), dan merupakan mayat hidup pertama dengan kesadaran penuh. Ia dikenal sebagai tangan kanan Wei Wuxian saat dan setelah saat-saat ia dikenal sebagai Tetua Yiling.

Zhao Zhuliu, berubah nama menjadi Wen Zhuliu (Hanzi: 温逐流; Pinyin: Wēn Zhúliú)

Pengisi suara: Hu Yajie (animasi), Tu Xiaoya (drama audio), Chang Wentao (seri web)
Diperankan oleh: Feng Mingjing
Wen Zhuliu adalah salah satu bawahan Sekte Wen yang bertindak sebagai pelindung Wen Chao. Ia dikenal sebagai Tangan Peleleh Inti (Hanzi: 化丹手; Pinyin: Huādān shǒu) karena kemampuannya untuk melelehkan Inti Emas, yang berfungsi untuk menyimpan dan mengontrol energi spiritual seorang kultivator. Ia adalah orang yang melelehkan Inti Emas Jiang Cheng ketika Jiang Cheng ditangkap oleh Sekte Wen saat dalam persembunyian. Ia mati di tangan Wei Wuxian bersama dengan Wen Chao.

Wang Lingjiao (Hanzi: 王灵娇; Pinyin: Wáng Língjiāo)

Pengisi suara: Qiu Qiu (animasi, seri web), Yan Mengmeng (drama audio)
Diperankan oleh: Lu Enjie
Wang Lingjiao adalah mantan pembantu dari istri Wen Chao yang kemudian menjadi kekasih Wen Chao. Meski ia hanya memperoleh statusnya karena berhubungan seksual dengan Wen Chao, ia bertidak arogan dan seenaknya. Ia juga selalu melindungi statusnya sebagai wanita yang paling disukai Wen Chao dan melakukan segala cara untuk menghilangkan saingannya, seperti salah satu contohnya adalah Mianmian yang ia gunakan sebagai umpan setelah melihat Wen Chao mencoba mendekatinya. Ia mati di tangan Wei Wuxian dan kemudian menjadi mayat hidup yang digunakan Wei Wuxian untuk melawan dan membunuh Wen Chao.

Sekte Yunmeng Jiang[sunting | sunting sumber]

Sekte Yunmeng Jiang (Hanzi: 云梦江氏; Pinyin: Yúnmèng Jiāng Shì) adalah sebuah sekte kultivasi yang terletak di Dermaga Teratai (Hanzi: 莲花坞; Pinyin: Liánhuā Wù). Saat ini ketuanya adalah Jiang Cheng.

Jiang Fengmian (Hanzi: 江枫眠; Pinyin: Jiāng Fēngmián)

Pengisi suara: Tang Shuiyu (animasi, seri web), Zhang Zhen (drama audio)
Diperankan oleh: Lu Jianmin
Jiang Fengmian adalah mantan ketua Sekte Jiang. Ia adalah suami dari Yu Ziyuan dan ayah dari Jiang Cheng dan Jiang Yanli. Ia adalah teman dari ayah Wei Wuxian, Wei Changze, yang dahulu merupakan salah satu pelayan di Sekte Jiang. Ia juga mengenal ibu Wei Wuxian, Cangse Sanren, dan dirumorkan pernah memiliki perasaan padanya. Ketika ia mendengar bahwa kedua orang tua Wei Wuxian meninggal di perburuan malam, ia mendedikasikan dirinya untuk mencari putra mereka. Pada akhirnya, ia menemukan Wei Wuxian di jalanan Yiling dan memberinya sepotong melon sebelum membawanya kembali ke Sekte Jiang. Karena perlakuannya pada Wei Wuxian yang sangat baik bahkan dianggap melebihi perlakuannya pada putranya sendiri, ia dan istrinya sering terlibat pertengkaran. Ia berakhir meninggal di tangan Sekte Wen saat mereka menyerang Dermaga Teratai.

Jiang Cheng (Hanzi: 江澄; Pinyin: Jiāng Chéng), nama kehormatan Wanyin (Hanzi: 晚吟; Pinyin: Wǎnyín), sehingga juga dikenal sebagai Jiang Wanyin (Hanzi: 江晚吟; Pinyin: Jiāng Wǎnyín)

Pengisi suara: Guo Haoran (animasi), Peng Yao (drama audio), Wang Kai (seri web)
Diperankan oleh: Wang Zhuocheng
Jiang Cheng, juga dikenal sebagai Sandu Shengshou (Hanzi: 三毒圣手; Pinyin: Sāndú shèngshǒu), adalah ketua Sekte Jiang saat ini. Ia merupakan saudara dari Jiang Yanli (kandung) dan Wei Wuxian (seperguruan), dan paman dari Jin Ling. Ia adalah pria yang taat pada peraturan dan ketat. Ia sangat peduli pada keluarga dan teman-temannya, dan dikenal sangat menghormati orang yang lebih tua darinya. Pada awalnya, ia memiliki hubungan yang sangat baik dengan Wei Wuxian meski sering merasa terganggu oleh ulahnya yang usil. Namun kebenciannya pada Sekte Wen menyebabkan keretakan pada hubungannya dengan Wei Wuxian. Kebenciannya memuncak setelah Wen Ning membunuh kakak iparnya (Jin Zixuan) dan kakaknya (Jiang Yanli) meninggal untuk melindungi Wei Wuxian. Namun pada akhirnya, ia menghilangkan seluruh kebenciannya pada Wei Wuxian setelah mengetahui fakta bahwa Wei Wuxian memberikan Inti Emasnya padanya. Meski begitu, ia tetap bersikap ketat pada keponakannya, Jin Ling, seperti yang dilakukan ibunya pada anak kecil.

Jiang Yanli (Hanzi: 江厌离; Pinyin: Jiāng Yànlí)

Pengisi suara: Li Shimeng (animasi), Qiao Shiyu (drama audio), Bai Xuecen (seri web)
Diperankan oleh: Xuan Lu
Jiang Yanli adalah putri sulung dari pasangan Jiang Fengmian dan Yu Ziyuan, kakak kandung dari Jiang Cheng, dan kakak seperguruan dari Wei Wuxian. Ia adalah gadis yang sangat baik hati dan selalu melindungi adik-adiknya dan memberi mereka dukungan mental. Sejak kecil, ia dijodohkan dengan Jin Zixuan karena kedua ibu mereka berteman dekat. Namun, Jin Zixuan tidak menyukainya dan bahkan menghinanya sebagai 'gadis biasa saja'. Pertunangan mereka pun dibatalkan hingga suatu hari Jin Zixuan menyadari kesalahannya dan memutuskan untuk mengejar Jiang Yanli lagi. Mereka pun berakhir menikah dan dikaruniai seorang anak yang diberi nama Jin Ling. Namun mereka tidak dapat melihat Jin Ling tumbuh dewasa karena harus terbunuh di saat ulang tahun pertama Jin Ling.

Yu Ziyuan (Hanzi: 虞紫鸢; Pinyin: Yú Zǐyuān)

Pengisi suara: Ji Guanlin (animasi), Zhang Kai (drama audio), Li Jinyan (seri web)
Diperankan oleh: Zhang Jingtong
Yu Ziyuan adalah istri dari Jiang Fengmian dan ibu dari Jiang Cheng dan Jiang Yanli. Ia adalah seorang wanita yang dingin dan tegas yang membuatnya menjadi tidak disukai dan ditakuti oleh para murid Sekte Jiang. Juga biasa dipanggil sebagai Nyonya Yu (Hanzi: 虞夫人; Pinyin: Yú fūrén) dan Laba-Laba Ungu (Hanzi: 紫蜘蛛; Pinyin: Zǐ Zhīzhū), Yu Ziyuan adalah seorang kultivator hebat yang hanya dengan mendengar namanya dapat membuat orang lari ketakutan. Ia memiliki hubungan yang tidak baik dengan Wei Wuxian, karena ia menganggap Wei Wuxian sebagai penyebab dari segala petaka yang menimpa keluarganya. Ia sering menghinanya di percakapannya dengan Jiang Fengmian dan ia juga tidak segan menyabet Wei Wuxian menggunakan cambuknya, Zidian, ketika Wang Lingjiao menyuruhnya. Namun, ia menunjukan bahwa ia masih memiliki kepedulian pada Wei Wuxian dengan tidak menuruti perintah Wang Lingjiao untuk memotong tangan Wei Wuxian dan justru menyelematkannya bersama Jiang Cheng. Bersama dengan suaminya, ia meninggal di Dermaga Teratai di tangan Sekte Wen. Sebelumnya, ia memerintahkan Wei Wuxian untuk melindungi Jiang Cheng dengan nyawanya.

Arc Kota Yi[sunting | sunting sumber]

Dalam perjalanan Wei Wuxian dan Lan Wangji untuk memecahkan misteri, mereka tiba di Kota Yi (Hanzi: 义城; Pinyin: Yì chéng) dan bertemu dengan Lan Sizhui, Lan Jingyi, Jin Ling dan murid-murid lainnya dari berbagai sekte yang sedang melakukan perburuan malam. Disana mereka mengungkap kenyataan tentang kematian Xiao Xingchen dan menemukan potongan tubuh tangan kanan dari mayat yang sedang mereka cari.

Xiao Xingchen (Hanzi: 晓星尘; Pinyin: Xiǎo Xīngchén)

Pengisi suara: Chen Hao (drama audio), Chenzhang Taikang (seri web)
Diperankan oleh: Song Jiyang
Juga dikenal sebagai Daozhang (Hanzi: 道长; Pinyin: Dàozháng), Xiao Xingchen adalah salah satu murid dari Baoshan Sanrenc(Hanzi: 抱山散人 yang meninggalkan gunung untuk pergi ke dunia fana. Ia dan teman baiknya, Song Lan, dikenal sebagai "Xiao Xingchen, sang bulan yang terang dan angin yang lembut" dan "Song Zichen, sang salju yang angkuh dan es yang dingin" (Hanzi: 明月清风晓星尘,傲雪凌霜宋字琛). Setelah memberikan matanya pada Song Lan, ia menjadi buta dan memutuskan untuk berkelana sendirian. Ia pertama kali bertemu dengan A-Qing saat perjalanannya dimana A-Qing berpura-pura menjadi buta dan mencoba mencuri uangnya, namun ia justru menyelamatkan A-Qing dan sejak saat itu, A-Qing pun memutuskan untuk mengikutinya. Mereka menemukan seorang pria yang terluka berat di jalanan dan memutuskan untuk menolongnya (nantinya diungkap adalah Xue Yang). Mereka bertiga pun hidup bersama di sebuah rumah peti mati. Dalam masa-masa itu, Xiao Xingchen pernah menceritakan pada mereka tentang murid-murid Baoshan Sanren lainnya termasuk ibu Wei Wuxian. Selama bertahun-tahun itu pula, Xiao Xingchen bersama dengan Xue Yang melakukan perburuan malam bersama dan tanpa sepengetahuan Xiao Xingchen, Xue Yang membuatnya membunuh orang-orang yang tidak bersalah dengan memberi mereka Racun Mayat yang membuat mereka tampak seperti mayat hidup di hadapan pedang Xiao Xingchen, Shuanghua. Setelah mentetahui identitas Xue Yang yang sebenarnya dari A-Qing, Xiao Xingchen menyuruy A-Qing untuk kabur sementara ia menghadapi Xue Yang. Namun, Xue Yang mengungkap kenyataan bahwa Xiao Xingchen telah membunuh sahabatnya sendiri, Song Lan. Dengan kesedihan yang sangat mendalam, Xiao Xingchen pun memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Cara kematiannya tersebut membuat jiwanya menjadi hancur dan Xue Yang tidak dapat mengubahnya menjadi mayat hidup. Tidak dapat menerima kepergian Xiao Xingchen, Xue Yang menempatkan sisa jiwa Xiao Xingchen di kantong penyimpan-jiwa, yang kemudian di ambil oleh Wei Wuxian setelah Xue Yang memaksanya untuk membantunya menghidupkan Xiao Xingchen kembali. Pada akhirnya, setelah mendengarkan kisah Xiao Xingchen dari ingatan A-Qing, para junior dari berbagai sekte yang terjebak di Kota Yi bersama dengan Wei Wuxian dan Lan Wangi menangis dan meratapi kematian mereka. Mereka juga membakar uang kertas untuk Xiao Xingchen dan A-Qing di luar Kota Yi.

Song Lan (Hanzi: 宋岚; Pinyin: Sòng Lán), nama kehormatan 子琛 (Hanzi: 子琛; Pinyin: Zichēn), sehingga juga dikenal sebagai Song Zichen (Hanzi: 宋子琛; Pinyin: Sòng Zichēn)

Pengisi suara: Wu Lei (drama audio), Lu Lifeng (seri web)
Diperankan oleh: Li Bowen
Song Lan adalah seorang kultivator dari Kuil Baixue dan teman baik dari Xiao Xingchen. Ia dideskripsikan oleh Xiao Xingchen sebagai "pria dengan jiwa kebenaran yang kuat". Ia dan Xiao Xingchen dikenal sebagai "Xiao Xingchen, sang bulan yang terang dan angin yang lembut" dan "Song Zichen, sang salju yang angkuh dan es yang dingin". Kedua matanya pernah dibutakan dan diracuni oleh Xue Yang, saat Xue Yang melakukan pembantaian di Kuil Baixue untuk membalas dendam terhadap Xiao Xingchen. Namun Xiao Xingchen membawanya kepada Baoshan Sanren dan memohon kepada gurunya tersebut untuk menyelamatkan Song Lan. Ia kemudian mengambil matanya sendiri untuk diberikan kepada Song Lan. Setelah mengetahui hal tersebut, Song Lan yang sebelumnya berkata bahwa ia tidak ingin melihat Xiao Xingchen pun menyesali perkataannya dan memutuskan untuk berkelana mencari keberadaan Xiao Xingchen. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan A-Qing yang sedang bermain sendirian. A-Qing kemudian membantunya dan mempertemukannya dengan Xiao Xingchen. Namun ketika mereka tiba di rumah peti mati, Song Lan langsung mengenali Xue Yang dan menyuruh A-Qing untuk segera menjauh dari semua itu, meski pada akhirnya A-Qing justru mengikutinya diam-diam. Saat pertarungannya dengan Xue Yang, Xue Yang memberinya racun mayat dan memotong lidahnya membuatnya tidak dapat berbicara. Xue Yang kemudian membohongi Xiao Xingchen untuk membunuhnya. Di saat terakhirnya, ia tidak membuat suara apapun, seakan tidak ingin Xiao Xingchen mengetahui bahwa itu adalah dirinya. Setelah kematiannya, Xue Yang mengubahnya menjadi mayat hidup yang akan selalu menuruti perintahnya. Xue Yang juga memanggilnya saat ia bertarung dengan Wei Wuxian. Namun Wei Wuxian berhasil mengembalikan kesadaran Song Lan dan memberinya kantong penyimpan-jiwa yang berisi sisa-sisa jiwa Xiao Xingchen dan A-Qing. Ketika Wei Wuxian apa yang akan ia lakukan setelah ini, ia berkata bahwa ia akan mengkremasi tubuh Xiao Xingchen, kemudian mengelilingi dunia bersama dengan pedang Xiao Xingchen, Shuanghua (Hanzi: 霜华; Pinyin: Shuānghuá), untuk melenyapkan kejahatan, selagi menunggu Xiao Xingchen untuk kembali dan kemudian ia akan mengatakan padanya bahwa ini semua bukan salahnya (Xiao Xingchen).

A-Qing (Hanzi: 阿箐; Pinyin: Ā-qīng)

Pengisi suara: Yang Neng (drama audio), He Wenxiao (seri web)
Diperankan oleh: Chen Zhuoxuan
A-Qing adalah seorang gadis muda yang hidup di jalanan dan berpura-pura buta untuk menarik simpati dan mencuri. Ia kemudian bertemu dengan Xiao Xingchen setelah mencoba untuk mencuri uangnya dan justru diselamatian oleh Xiao Xingchen, dan memutuskan untuk mengikutinya meski awalnya ditolak oleh Xiao Xingchen. Ia pun berakhir hidup bersama Xiao Xingchen dan Xue Yang di sebuah rumah peti mati yang telah ditinggalkan. Selama bertahun-tahun, ia tetap memasang sikap waspada terhadap Xue Yang dan bersikap protektif terhadap Xiao Xingchen, karena itu terkadang ia akan membuntuti mereka yang membuatnya menyadari rahasia Xue Yang. Ketika ia melihat bagaimana Xue Yang membohongi Xiao Xingchen untuk membunuh Song Lan, ia langsung memperingati Xiao Xingchen dan mengungkap identitas asli Xue Yang kepada Xiao Xingchen. Namun, Xiao Xingchen justru menyuruhnya untuk kabur sementara ia sendiri menghadapi Xue Yang. Ketika ia dalam perjalanan untuk mencari kultivator kuat untuk membalaskan dendam Xiao Xingchen, Xue Yang menemukannya. Setelah mencerca Xue Yang dengan kata-katanya berulang kali, Xue Yang kehilangan kesabarannya dan membutakan matanya serta memotong lidahnya, yang berakhir pada kematiannya. Ketika Wei Wuxian, Lan Wangji dan para junior dari berbagai sekte tiba di Kota Yi, sebagai mayat hidup, A Qing berusaha memperingatkan mereka tentang Xue Yang. Namun karena ia bisu, tindakannya tersebut membuat semuanya kebingungan hingga akhirnya Wei Wuxian lah yang menyadari tujuannya. Untuk mengetahui kisahnya lebih lanjut, Wei Wuxian menggunakan Empati, sebuah ritual dimana seseorang dapat menggunakan tubuh orang lainnya sebagai medium dan membuat orang tersebut dapat melihat, merasakan, dan mendengar ingatan dari sang medium. Setelah mendengar kisahnya, para junior dari berbagai sekte tersebut menangis dan meratapi kematiannya, kemudian membakar uang kertas untuknya dan Xiao Xingchen di luar Kota Yi. Hingga saat terakhirnya, A-Qing tanpa memedulikan dirinya sendiri menuntun Lan Wangji untuk membunuh Xue Yang untuk membalaskan dendam Xiao Xingchen yang berakhir dengan kehancuran jiwanya di tangan Xue Yang.

Xue Yang (Hanzi: 薛洋; Pinyin: Xuē Yáng), nama kehormatan 成美 (Hanzi: 成美; Pinyin: Chéngměi), sehingga juga dikenal sebagai Xue Chengmei (Hanzi: 薛成美; Pinyin: Xuē Chéngměi)

Pengisi suara: Hui Long (drama audio), Liu Sanmu (seri web)
Diperankan oleh: Wang Haoxuan
Xue Yang adalah seorang murid tamu dari Sekte Jin yang dapat menciptakan kembali setengah bagian dari Yin Hu Fu yang dihancurkan oleh Wei Wuxian sesaat sebelum kematiannya. Ia kemudian ditemukan oleh Xiao Xingchen dan A-Qing dalam keadaan terluka parah dan tidak sadarkan diri di jalanan. Ia kemudian dibawa ke sebuah rumah peti mati yang telah ditinggalkan dimana mereka berdua merawat lukanya. Karena mereka berdua tidak mengetahui identitasnya yang sebenarnya, ia memanfaatkan kebutaan Xiao Xingchen dan hidup bersama dengan mereka berdua selama bertahun-tahun. Namun semua niat jahatnya diketahui oleh A-Qing yang kemudian disampaikan kepada Xiao Xingchen. Ia pun bertarung dengan Xiao Xingchen dan berakhir membongkar semua kenyataan yang menyebabkan Xiao Xingchen membunuh dirinya sendiri. Karena Xue Yang tidak dapat mengubahnya menjadi mayat hidup, ia menaruh sisa-sisa jiwa Xiao Xingchen di sebuah kantong penyimpan-jiwa. Ia kemudian menemukan A-Qing yang berusaha membalas dendam padanya dan membunuhnya dengan menggali matanya dan memotong lidahnya. Ketika Wei Wuxian, Lan Wangji dan para junior dari berbagai sekte tiba di Kota Yi, ia berpura-pura menjadi Xiao Xingchen dan membohongi mereka untuk meninggalkannya berdua bersama Wei Wuxian. Ia mengungkapkan bahwa ia telah lama mencari Tetua Yiling dan memberinya kantong penyimpan-jiwa yang berisi sisa-sisa jiwa Xiao Xingchen dan mengancam Wei Wuxian untuk menghidupkannya kembali. Wei Wuxian mengetahui dari tingkah lakunya dan segera menyadari bahwa itu adalah Xue Yang. Mereka berdua pun terlibat pertarungan dan Lan Wangji mengambil alih pertarungan tersebut sementara Wei Wuxian dan para junior mengikuti A-Qing. Setelah mengetahui semua kenyataan masa lalu mereka, Wei Wuxian kembalu ke medan petarungan untuk membantu Lan Wangji membunuh Xue Yang. Namun Xue Yang dibawa pergi oleh sang penggali kubur sesaat sebelum Lan Wangji berhasil membunuhnya. Tidak diketahui apakah ia telah mati atau belum, tetapi Wei Wuxian dan Lan Wangji meyakini bahwa lukanya terlalu parah untuk dapat disembuhkan.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

No. JudulPenyanyi Durasi
1. "Zui Meng Qian Chen (醉梦前尘, Mimpi Mabuk Tentang Masa Lalu)" (Lagu tema pembuka)Lin Zhixuan 04:31
2. "Wen Qin (问琴, Bertanya Kepada Qin)" (Lagu tema penutup (season 1; eps 1-8, 14-15))Yin Lin 03:16
3. "Bu Xian (不羡, Tidak Iri Hati)" (Lagu tema penutup (season 1; eps 9-13))S.I.N.G 04:28
4. "Shao Nian Ru Gu (少年如故, Masa Muda yang Tidak Berubah)" (Lagu tema penutup (season 2))R1SE 04:20
5. "Xian Yun (羡云, Merasa Iri Terhadap Awan)" (Lagu tema Wei Wuxian dan Lan Wangji)Hita 03:00
6. "Zui Meng Qian Chen (醉梦前尘, Mimpi Mabuk Tentang Masa Lalu)"  Zhang Jie & Bian Jiang 04:31

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Seri animasi ini memperoleh review yang sangat positif karena kualitas produksinya yang tinggi dan alur ceritanya yang bagus, membuatnya mendapatkan fandom internet yang cukup besar baik di China maupun di luar negeri.[5] Saat seri ini pertama kali dirilis di China, seri ini langsung menjadi hit dengan jumlah penonton di situs streaming Tencent mencapai angka 1,74 miliar hingga bulan Desember 2018.[6] Di Douban, Mo Dao Zu Shi memegang rating sebesar 8,9 dari 10, membuatnya menjadi salah satu serial donghua terbaik di China pada tahun 2018.[7]

Untuk kawasan diluar China, Mo Dao Zu Sui secara resmi ditayangkan oleh Tencent di channel YouTube resminya sejak tanggal 27 Agustus 2019.[8] Seri ini juga dirilis oleh WeTV, situs streaming untuk penonton luar China yang berada di bawah naungan Tencent dengan judul The Founder of Diabolism.[9]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Yang dinominasikan Hasil Ref.
2018 15th China Animation Golden Dragon Award Penghargaan Seri Animasi Terbaik (Penghargaan Emas) Mo Dao Zu Shi Menang [10]
Golden Bud - The Third Network Film And Television Festival Penghargaan Animasi Populer [11]
2019 7th China Xi'an International Original Animation Competition
Xinguang Award
Animasi Baru Terbaik [12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Literature / Mo Dao Zu Shi". TV Tropes. Diakses tanggal 19 Desember 2018. 
  2. ^ "Literature / Mo Dao Zu Shi". TV Tropes. Diakses tanggal 19 Desember 2018. 
  3. ^ "国漫《魔道祖师》即将上线 7月9日一起快意江湖". Phoenix New Media (dalam bahasa Mandarin). 9 Juli 2018. Diakses tanggal 23 September 2019. 
  4. ^ "《魔道祖师》动画版"羡云篇"回归,边江、阿杰继续声演". Beijing News (dalam bahasa Mandarin). 3 Agustus 2019. Diakses tanggal 23 September 2019. 
  5. ^ "高水准制作《魔道祖师》为国漫复兴注入新力". Phoenix New Media (dalam bahasa Mandarin). 12 Juli 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  6. ^ "Mo Dao Zu Shi official streaming魔道祖师 第01集_1080P在线观看平台_腾讯视频". Tencent Video (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 20 Desember 2018. 
  7. ^ "魔道祖师 (豆瓣)". movie.douban.com (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 27 Desember 2018. 
  8. ^ "《Mo Dao Zu Shi》". YouTube. Diakses tanggal 29 Agustus 2019. 
  9. ^ "The Founder of Diabolism". WeTV. Diakses tanggal 29 Agustus 2019. 
  10. ^ "第十五届 - 中国动漫金龙奖". www.topcacc.net (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 21 Februari 2019. 
  11. ^ "罗晋戚薇获封年度品质男女演员 宋祖儿谈大学生活". Netease (dalam bahasa Mandarin). 13 Januari 2019. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  12. ^ "2018新光奖第七届国际原创动漫大赛提名作品公示 - 新光奖". www.xinguang.org (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 21 Februari 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]