Teater IMAX Keong Emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Teater IMAX Keong Emas
Teater IMAX Keong Emas (2005)
LokasiTaman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, DKI Jakarta
PemilikKementerian Sekretariat Negara RI
OperatorTWC Indonesia Heritage Management
TipeBioskop IMAX
Dibuka20 April 1984; 39 tahun lalu (1984-04-20)
Situs web
tamanmini.com/wahana-rekreasi/teater-imax-keong-mas

Teater IMAX Keong Emas adalah tempat pemutaran dan pertunjukan film IMAX yang berada di dalam Taman Mini Indonesia Indah. Teater ini didirikan atas prakarsa lbu Tien Soeharto dan mulai dioperasikan pada tanggal 20 April 1984.

Gedung teater berbentuk keong yang sangat khas ini ditujukan sebagai sarana rekreasi yang mendidik guna memperkenalkan kekayaan alam dan budaya bangsa melalui tanyangan film layar raksasa dengan menggunakan kecanggihan teknologi sinematografi modem proyektor IMAX.

Beberapa film tersedia untuk diputar, antara lain film Indonesia Indah I, Indonesia Indah II (Anak-anak Indonesia), Indonesia Indah III (Indonesia Untaian Manikam di Khatulistiwa), dan Indonesia Indah IV (Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia). Semuanya menunjukkan keindahan lingkungan, kekayaan alam, dan keragaman budaya Indonesia.

Dalam perkembangan selanjutnya pemutaran film tidak hanya menampilkan film-film seri Indonesia Indah saja, tetapi juga diselingi pemutaran film-film impor yang bernuansa pendidikan dengan tema-tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tema-tema lingkungan hidup. Sejak tahun 1984, teater ini telah memutar 20 judul film impor dengan masa sewa antara 1 dan 2 tahun. Film-film itu antara lain To Fly!, Speed, Blue Planet, The Living Sea, Forces of Nature, T-Rex, The First Emperor of China, Island Adventure, dan Mystic India. Pada tahun 2004, teater ini mampu memperbarui sistem dan sekaligus memutar film IMAX DMR (Digital Media Remastering), yang merupakan suatu teknologi yang mengonversi format film 35 mm ke dalam format IMAX.

Referensi[sunting | sunting sumber]