Taman Bunga Keong Emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Taman Bunga Keong Emas (TBKE) adalah sarana rekreasi taman yang menampilkan pesona bunga dan tanaman hias yang indah, asri, dan nyaman sekaligus sebagai sumber ilmu pengetahuan dunia Flora Indonesia. Taman ini dibangun di atas lahan seluas 7 hektar yang terletak di belakang Teater Imax Keong Emas, Kompleks Taman Mini Indonesia Indah dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1986.

Filosofi dan konsep budi baik, ketabahan, kesetiaan, keberanian, serta cinta kasih yang tulus sebagaimana terkandung dalam legenda Keong Emas melandasi Taman Bunga Keong Emas. Legenda ini mengisahkan cinta sejati antara Raden Panji Asmara Bangun dengan Dewi Sekartaji. Oleh karena itulah, di taman ini dibangun petung keong emas penjelmaan Dewi Sekartaji sebagai perlambang cinta sejati.

Taman ini dilengkapi dengan berbagai informasi tentang arsitektur lansekap dalam bentuk percontohan susunan tanaman hias, khususnya tanaman berbunga yang berfungsi sebagai bagian dari taman perkotaan. Di samping itu, taman bunga juga dilengkapi sarana prasarana yang menunjang pendidikan dan penelitian tumbuh-tumbuhan.

Terdapat pula fasilitas plaza dengan pendopo melati berikut paduan air muncrat, air mancur dan aneka ragam bunga. Gedung teater Imax Keong Emas berwana kuning melatarbelakangi plaza dapat mengembarakan imajinasi, terutama saat matahari akan tenggelam. Kerimbunan, kehijauan dan tebaran bunga aneka warna berikut keindahan tata susunannya menjadikan dapat dimanfaatkan sebagai studio terbuka. Bagi pengunjung yang menyukai bunga, tanaman hias dan tanaman obat, disini tersedia bursa tanaman yang bisa dibeli.

Selain itu, dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai, tempat ini dapat disewa oleh masyarakat umum untuk berbagai acara pertemuan. Di ruang terbuka seperti peseta kebun, resepsi pernikahan, pergelaran musik, family gathering, camping ground, dan lain-lain.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]