Sasana Kriya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gedung Sasana Kriya merupakan pusat pengenalan,perdagangan, dan pemasaran hasil-hasil industri kerajinan dari seluruh daerah di Indonesia.Terletak di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta dan diresmikan Pada tanggal 20 April 1975. Setelah direnovasikan total pada pada tahun 1996, bangunan ini ditingkatkan fungsinya menjadi pusat pengembangan desain dan promosi industri aneka.

Dengan bangunan seluas 4.940m2 yang berdiri di atas lahan lebih kurang 17.000m2 sasana kriya merupakan tempat penyelenggaraan pameran tetap dan penjualan produk si industri kecil. Sasana kriya berupaya membantu para pengerajin yang belum mampu mempromosikan hasil husahanya sendiri dengan menyediakan tempat dan memberikan kesempatan memamerkan barangnya.

Arstektur banguna gedung sasana kriya merupakan panduan unsur tradisional dan modern. Di dalam gedung ini terdapat fasilitas penunjang yang memberikan kemudahan pengunjung, seperti Bank BNI, Bank Mandiri, ATM, Studio Cuci Cetak Foto, Studio Radio Pelangi Nusantara, dan perkantoran.

Kemudian pada tahun 2012 Sasana Kriya kembali di renovasi. Saat ini Sasana Kriya menjadi gedung serba-guna yang memiliki dua buah pintu utama, yakni pintu timur dan pintu barat.

Pintu timur diberi nama Carani dan pintu sebelah barat diberni nama Mandira. di sini pengunjung dapat melakukan reservasi untuk kegiatan seminar, pernikahan, pameran, wisuda, dan lain lain.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]