Lompat ke isi

Tatikius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tatikios atau Tatikius (bahasa Yunani: Τατίκιος, ca 1048 – wafat setelah tahun 1110) adalah seorang jenderal Romawi Timur asal Turki pada masa pemerintahan Aleksius I Komnenus. Namanya juga disebut sebagai Tetigus, Tatizius, Tatitius, Tatic, atau Tetig.

Asal usul dan kehidupan awal

[sunting | sunting sumber]

Ayah Tatikios adalah seorang "Saracen", yang mungkin berarti seorang Turki,[1] yang ditangkap oleh ayah Aleksius, Yohanes Komnenos, dan menjadi budak di rumah tangga Komnenos. Tatikios dan Aleksius tumbuh bersama. Tatikios digambarkan sebagai oikogenes dari Aleksius (yaitu, "dari rumah yang sama").

Pada tahun 1078, sebelum Aleksius menjadi kaisar, Tatikios menemaninya dalam pertempuran melawan saingannya Nikeforos Basilakius. Selama kampanye ini Tatikios menemukan rencana Basilakius untuk melakukan penyergapan. Ketika Aleksius menjadi kaisar pada tahun 1081 Tatikios memegang jabatan megas primikerios di rumah tangga kekaisaran. Kemudian pada tahun itu ia memimpin "orang-orang Turki yang tinggal di sekitar Ochrida", mungkin orang-orang Hungaria[2] dalam Pertempuran Dyrrhachium melawan Robert Guiscard.

Karier militer dan politik

[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1086 Tatikios dikirim ke Nikea dalam upaya untuk merebutnya kembali dari Seljuk. Ia terpaksa mundur ketika mengetahui bahwa bala bantuan Seljuk sedang dalam perjalanan. Aleksius mengirim Tatikios kembali dengan bantuan angkatan laut dari Manuel Boutoumites. Meskipun Tatikios mampu mengalahkan Abu'l Qasim, di Bitinia, ia tidak dapat merebut kembali kota itu. Pada akhir tahun Tatikios dipanggil kembali dan dikirim untuk melawan Pecheneg, yang membantu kaum Maniisme yang sesat dalam pemberontakan melawan Aleksius, di dekat Filippopolis. Pada tahun 1087 Tatikios memimpin sayap kanan Bizantium dalam Pertempuran Dristra melawan Pecheneg, dan pada tahun 1090 ia mengalahkan pasukan kecil yang terdiri dari 300 Pecheneg saat memimpin tagma Archontopouloi melawan mereka.

Pada awal tahun 1094, Tatikios ditugaskan untuk menjaga kemah Aleksius di Pentegostis. Di sana, ia menemukan rencana Nikeforos Diogenes, putra mantan kaisar Romanos IV Diogenes, untuk membunuh kaisar. Nikeforos adalah teman lama Aleksius dan Tatikios, dan Aleksius enggan menghukumnya, tetapi jelas bahwa Nikeforos berambisi untuk merebut takhta. Nikeforos diasingkan dan akhirnya dibutakan. Kemudian pada tahun 1094, Tatikios menghadiri sinode Blachernae yang mengutuk Uskup Leo dari Kalsedon, yang mungkin menjalankan beberapa fungsi keamanan. Dalam catatan sinode ini, Tatikios diberi gelar protoproedros.[3]

Pada tahun 1095 Tatikios menemani Aleksius dalam kampanye melawan suku Kuman.

Peran selama Perang Salib Pertama

[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1096, Tatikios mempertahankan Konstantinopel dari para petani tentara salib yang menyerang kota tersebut setelah kedatangan mereka. Pada tahun 1097, Tzitas, yang memimpin 2000 peltastes (peltastes Bizantium berbeda dengan yang digunakan di Yunani Kuno), dikirim oleh Aleksius ke Nikea untuk membantu Tentara Salib dalam pengepungan kota tersebut. Penulis sejarah Frank, Albert dari Aix, mengatakan bahwa Tatikios bertindak sebagai utusan antara Turki dan tentara salib, tetapi menurut Anna Komnene yang lebih dapat dipercaya, ia bekerja sama dengan orang Boutoum untuk menegosiasikan penyerahan kota tersebut tanpa sepengetahuan Tentara Salib. Hal ini menyebabkan keretakan yang dalam antara orang Latin dan Yunani.

Akan tetapi, Tatikios diperintahkan untuk mendampingi Tentara Salib melintasi Anatolia, baik sebagai pemandu maupun untuk memastikan bahwa setiap bekas wilayah Bizantium yang direbut kembali dikembalikan ke Kekaisaran. Setelah meninggalkan Nikea, Tentara Salib terbagi menjadi dua kelompok. Tatikios mendampingi kontingen Norman (di bawah putra Guiscard, Bohemond dari Taranto, keponakan Bohemod, Tancred, dan Robert dari Normandia) dan kontingen Flanders (di bawah Robert dari Flanders). Gesta Francorum mencatat bahwa Tatikios sering memperingatkan Tentara Salib tentang keganasan bangsa Turki.

Selama pengepungan Antiokhia, Raymond dari Aguilers menulis bahwa Tatikios menyarankan para Tentara Salib untuk membubarkan diri dan merebut daerah pedesaan di sekitarnya sebelum menyerang kota itu sendiri, yang juga akan membantu mereka menghindari bencana kelaparan (nasihat ini diabaikan). Pada bulan Februari 1098, ia meninggalkan pengepungan; menurut Anna, yang mungkin berbicara dengan Tatikios secara pribadi atau memiliki akses ke laporannya, Tatikios diberitahu oleh Bohemond bahwa Tentara Salib lainnya tidak mempercayainya dan telah mengancam nyawanya. Di sisi lain, Bohemond menyebarkan rumor bahwa Tatikios adalah seorang pengecut dan pengkhianat, dan telah melarikan diri dari pasukan dan tidak pernah berniat untuk kembali, meskipun ia berjanji untuk membawa kembali bala bantuan dan perbekalan dari Konstantinopel. Ini adalah kisah yang terekam dalam kronik tentara salib kontemporer, yang menyebutnya sebagai musuh besar dan pembohong (periurio manet et manebit, menurut Gesta Francorum); kisah Anna, tentu saja, mungkin dipengaruhi oleh prasangkanya yang mendalam terhadap Bohemond, musuh lama ayahnya.

Tuduhan pengkhianatan terhadap Tatikios tampaknya tidak berdasar. Jenderal Bizantium itu telah meninggalkan harta benda pribadinya di kamp tentara salib dan karenanya kehilangan harta benda tersebut. Lebih meyakinkan lagi, pada tanggal 4 Maret 1098, beberapa minggu setelah kepergian Tatikios, armada yang membawa perbekalan makanan dan bahan pengepungan untuk tentara salib di luar Antiokhia tiba di pelabuhan St Simeon.[4] Sejarawan modern Peter Frankopan berpendapat bahwa Aleksius kini cukup yakin dengan hubungan yang terjalin antara Bizantium dan para pemimpin perang salib untuk mempertahankan perwira penghubungnya di Konstantinopel untuk tugas-tugas lainnya.[5]

Penampilan dan keturunan

[sunting | sunting sumber]

Para penulis sejarah Perang Salib menyebutkan bahwa hidung Tatikios dimutilasi. Mutilasi wajah merupakan hukuman umum Bizantium bagi para pengkhianat, tetapi tampaknya hal ini tidak terjadi dalam kasus ini. Menurut Guibert dari Nogent, ia menggunakan hidung palsu emas sebagai penggantinya. Bertentangan dengan pendapat para Tentara Salib tentangnya, Anna menggambarkannya sebagai "seorang pejuang yang gagah berani, seorang pria yang tetap tenang dalam kondisi pertempuran," dan "seorang orator yang cerdas serta seorang pria yang kuat dalam bertindak." Anna juga menceritakan kisah bahwa Tatikios dan Aleksius sedang bermain polo ketika sang jenderal terlempar dari kudanya dan mendarat di atas kaisar. Aleksius mengalami cedera lutut dalam insiden tersebut dan kemudian menderita asam urat. Anna tidak menyebutkan tanggal insiden ini; hal itu merupakan bagian sampingan dalam catatannya tentang kampanye Aleksius melawan Turki sekitar tahun 1110.

Tidak ada catatan mengenai tanggal lahir atau kematian Tatikios. Meskipun jabatan Grand Primicerius (megas primikerios) biasanya dipegang oleh seorang kasim, beberapa catatan menunjukkan bahwa Tatikios memiliki keturunan yang merupakan anggota keluarga bangsawan yang kuat pada abad ke-12, termasuk jenderal lain yang menonjol dalam Pertempuran Sirmium, di bawah Manouel I Komnenos. Seorang keturunan yang mungkin, Konstantinus Tatikios, kehilangan penglihatannya setelah rencana yang gagal terhadap Isaac Angelos.

  1. ^ Brand, p. 3
  2. ^ Brand, loc.cit.
  3. ^ Magdalino, p. 502.
  4. ^ Frankopan, Peter (2013). The First Crusade. The Call From the East. Vintage. hlm. 159. ISBN 978-0-099-55503-2. 
  5. ^ Frankopan, Peter (2013). The First Crusade. The Call From the East. Vintage. hlm. 160. ISBN 978-0-099-55503-2. 

Referensi

[sunting | sunting sumber]