Tancredi dari Galilea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tancredi
Tancrède de Hauteville.jpg
Tancredi dari Galilea
Wali penguasa Antiokhia
Berkuasa1100–1103, 1105–1112
PendahuluBohemond I
PenerusRuggero dari Salerno
Pangeran Galilea
Berkuasa1099–1101
PendahuluPosisi didirikan
PenerusHugues dari Fauquembergues
Lahir1075
Wafat5 Desember 1112 (usia 37)
Kepangeranan Antiokhia
Pemakaman
AyahEudes
IbuEmma dari Hauteville
PasanganCecile dari Prancis

Tancredi (1075 – 5 November atau 12 Desember, 1112) merupakan seorang pemimpin Perang Salib Pertama yang berasal dari Italo-Norman. Dia kemudian menjadi pangeran Galilea, dan wali penguasa Kepangeranan Antiokhia. Tancredi memiliki seorang kakek dengan nama yang sama, Tancredi dari Hauteville; karena kedua Tancredi berasal dari wangsa Hauteville, hal ini mungkin membingungkan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Tancred adalah putra Emma dari Hauteville dan Eudes, Markis yang Baik. Kakek maternalnya adalah Robert Guiscard dan istri pertama Guiscard, Alberada dari Buonalbergo. Emma juga adalah saudari Bohemond dari Taranto.

Perang Salib Pertama[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1096, Tancredi bergabung dengan pamanda maternalnya Bohemund pada Perang Salib Pertama, dan keduanya menuju Konstantinopel. Di sana, ia dipaksa untuk bersumpah kepada Kaisar Bizantium Alexios I Komnenos, berjanji untuk mengembalikan tanah yang ditaklukkan ke Kekaisaran Bizantium. Meskipun para pemimpin lainnya tidak berniat untuk menjaga sumpah mereka, Tancredi menolak untuk bersumpah sama sekali. Dia berpartisipasi dalam pengepungan Nicea pada tahun 1097, tetapi kota itu diambil oleh tentara Alexios setelah negosiasi rahasia dengan Turki Seljuk. Karena ini, Tancredi sangat tidak mempercayai Bizantium.

Pada tahun 1097 tentara Salib membagi pasukan mereka di Herakleia dan Tancredi memasuki Levant dengan melewati selatan melalui Gerbang Kilikia.[1] Dia menunjukkan keterampilan seorang ahli taktik brilian dengan merebut lima situs terpenting di Kilikia Pedias, yang termasuk kota-kota kuno Tarsus dan Adana, emporium besar di Mopsouestía, dan istana strategis di Sarvandikar dan Anazarbus.[2] Tiga permukiman terakhir dianeksasi ke Kerajaan Antiokhia. Selama pendudukan mereka selama empat belas tahun di Anazarbus, Tentara Salib membangun gedung megah di atas pusat singkapan yang dibentengi. Di Sarvandikar, yang mengendalikan mark Amanus yang strategis, Tancredi memenjarakan Raymond Saint-Gilles pada tahun 1101/02.[3]

Dia membantu dalam pengepungan Antiokhia pada tahun 1098. Satu tahun kemudian, selama serangan di Yerusalem, Tancredi, bersama dengan Gaston IV dari Béarn, mengaku telah menjadi Tentara Salib pertama yang memasuki kota pada tanggal 15 Juli. Namun, Tentara Salib pertama yang masuk ke Yerusalem adalah Ludolf dari Tournai, dan dia diikuti oleh saudaranya Englebert. Ketika kota jatuh, Tancredi menyerahkan panjinya kepada sekelompok warga yang telah melarikan diri ke atap Kuil Salomo. Ini seharusnya menjamin keamanan mereka, tetapi mereka dibantai, selama penjarahan kota. Penulis Gesta Francorum (Akta suku Franka) mencatat bahwa, ketika Tancredi menyadari hal ini, dia "sangat marah". Ketika Kerajaan Yerusalem didirikan, Tancredi menjadi Pangeran Galilea.

Wali penguasa Antiokhia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1100, Tancredi menjadi wali penguasa Antiokhia ketika Bohemond ditawan oleh Danishmend pada Pertempuran Malatya. Dia memperluas wilayah kerajaan Latin dengan merebut tanah dari Bizantium, meskipun, selama dekade berikutnya, Alexios berusaha, tidak berhasil, untuk membawanya di bawah kendali Bizantium. Pada tahun 1104, dia juga mengambil kendali County Edessa ketika Baudouin II ditangkap setelah Pertempuran Harran. Setelah Baudouin dibebaskan pada akhir tahun 1108, ia harus melawan Tancredi (mungkin awal tahun 1109) untuk mendapatkan kembali kendali atas county tersebut; Tancredi akhirnya dikalahkan dan kembali ke Antiokhia. Setelah Harran, Bohemond kembali ke Eropa untuk merekrut lebih banyak Tentara Salib, lagi-lagi meninggalkan keponakannya sebagai wali penguasa Antiokhia. Kemenangan Tancredi atas Radwan dari Aleppo di Pertempuran Artah pada tahun 1105 memungkinkan kerajaan Latin untuk memulihkan beberapa wilayahnya di sebelah timur Sungai Orontes.[4]

Pada tahun 1108, Tancredi menolak untuk menghormati Traktat Devol, di mana Bohemond bersumpah setia kepada Alexios, dan selama beberapa dekade kemudian Antiokhia tetap mandiri dari Kekaisaran Bizantium. Pada tahun 1110, ia menguasai Krak des Chevaliers, yang nantinya akan menjadi benteng penting di County Tripoli. Tancredi tetap sebagai wali penguasa di Antiokhia atas nama Bohemond II hingga kematiannya pada tahun 1112 selama epidemi tifoid. Ia menikahi Cecile dari Prancis, namun meninggal tanpa keturunan.

Gesta Tancredi adalah biografi Tancredi yang ditulis dalam bahasa Latin oleh Raoul dari Caen, seorang Norman yang bergabung dengan Perang Salib Pertama dan bekerja di bawah Tancredi dan Bohemond. Terjemahan bahasa Inggris diterbitkan bersama pada tahun 2005 oleh Bernard S. Bachrach dan David S. Bachrach.

Dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Tancredi muncul sebagai karakter dalam puisi abad ke-16 Torquato Tasso, Pembebasan Yerusalem, di mana ia digambarkan sebagai pahlawan epik dan diberi minat cinta fiktif, gadis pejuang-pemberontak Clorinda. Dia juga dicintai oleh Putri Erminia dari Antiokhia. Bagian-bagian dari ayat-ayat Tasso dibuat oleh Claudio Monteverdi dalam karya dramatisnya pada tahun 1624, Il Combattimento di Tancredi e Clorinda. Dia juga muncul di salah satu adegan karya Imre Madách, The Tragedy of Man. Dia juga muncul sebagai karakter dalam "Siege of Heaven" Tom Harper dan digambarkan sebagai seorang psikopat kekerasan. Penggambarannya mirip meskipun sedikit lebih lucu dalam novel Alfred Duggan, Count Bohemond. Tancredi juga muncul sebagai salah satu pemimpin Perang Salib dalam novel Sir Walter Scott 'Count Robert of Paris' yang kembali ke Konstantinopel dari Scutari untuk memastikan sebuah kontes yang adil antara Comte Robert dan penantangnya. Novel Tancred, or the New Crusade oleh Benjamin Disraeli berpusat pada sekitar petualangan keturunan modern dan nama-nama Pangeran Galilea yang dibayangkan. Opera Rossini Tancredi didasarkan pada Tasso, melalui Tancrède oleh Voltaire tahun 1759.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tomaschek, W. (1891). Zur historischen Topographie von Kleinasien im Mittelalter. Vienna: Sitzungsberichte der kaiserlichen Akademie der Wissenschaften. hlm. 86. 
  2. ^ Edwards, Robert W. (1987). The Fortifications of Armenian Cilicia: Dumbarton Oaks Studies XXIII. Washington, D.C.: Dumbarton Oaks, Trustees for Harvard University. hlm. 67, 69–70, 199–200, 216. ISBN 0-88402-163-7. 
  3. ^ Matthew of Edessa, Recueil des historiens des croisades, Documents arméniens, vol. 1, reprint: Farnborough, 1967, p. 57.
  4. ^ Smail, p. 28

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Edwards, Robert W., The Fortifications of Armenian Cilicia: Dumbarton Oaks Studies XXIII, Washington, D.C.: Dumbarton Oaks, Trustees for Harvard University (1987). ISBN 0-88402-163-70-88402-163-7
  • Robert Lawrence Nicholson, Tancred: A Study of His Career and Work. AMS Press, 1978.
  • Peters, Edward, ed., The First Crusade: The Chronicle of Fulcher of Chartres and Other Source Materials, (Philadelphia: University of Pennsylvania Press, 1998)
  • Smail, R. C. Crusading Warfare 1097–1193. New York: Barnes & Noble Books, (1956) 1995. ISBN 1-56619-769-41-56619-769-4

Pranala luar[sunting | sunting sumber]