Tanjung Sakti Pumu, Lahat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tanjung Sakti Pumu
Kecamatan
Kantorcamattjsaktipumulahat.jpg
Kantor Camat Tanjung Sakti Pumu
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Selatan
Kabupaten Lahat
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 229,59 km²
Jumlah penduduk 13.445 jiwa
Kepadatan 58,56 jiwa/km²
Desa/kelurahan 18 desa

Tanjung Sakti Pumu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Indonesia. Kecamatan ini merupakan pemekaran dari kecamatan tanjung Sakti yang terbagi menjadi dua kecamatan, yaitu kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Kecamatan Tanjung Sakti Pumu. Pumu sendiri adalah singkatan dari Pasemah Ulu Manna Ulu. Terdapat 18 desa dalam kecamatan ini yang meliputi, Batu Rancing, Genting, Gunung Ayu, Gunung Meraksa, Gunung Raya, Karang Agung, Kembang Ayun, Kepala Siring, Muara Cawang, Simpang III Pumu, Suban, Tanjung Alam, Talang Tinggi, Ujung Pulau.

Mayoritas penduduk di kecamatan ini bersuku melayu dengan sumber pendapatan utama bertani Kopi. Mereka yang berdomisili di daerah ini memiliki budaya turun-temurun bahwa untuk hidup harus bekerja keras, banyak dari mereka bertani kopi sampai ke daerah Jambi dan bengkulu. sedangkan Anak mudanya sendiri banyak merantau ke kota-kota, sebagian besar dari mereka merantau kepulau Jawa dan daerah Sumatera itu sendiri, mereka menuntut ilmu atau bekerja. sehingga di daerah ini akan terasa sepi bila belum libur panjang.

Adat kebersamaan masih dijunjung tinggi di daerah ini, biasanya kalau lebaran idul Fitri atau idul Adha mereka saling berkunjung rumah satu sama lain untuk bersilahturahmi. Mereka juga berusaha untuk memberikan jamuan terbaik untuk para tamu yang datang ke rumahnya.

Orang-orang yang bermukim dari daerah ini memiliki logat bicara yang keras dan apa adanya, seperti halnya ciri khas orang Indonesia mereka terbuka dan rama terhadap orang - orang baru.