Tanjung Sakti Pumu, Lahat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tanjung Sakti Pumu
Kecamatan
Kantorcamattjsaktipumulahat.jpg
Kantor Camat Tanjung Sakti Pumu
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Selatan
Kabupaten Lahat
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 229,59 km²
Jumlah penduduk 13.445 jiwa
Kepadatan 58,56 jiwa/km²
Desa/kelurahan 14 desa

Tanjung Sakti Pumu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Indonesia. Kecamatan Tanjung Sakti Pumu berjarak 97 Km berkendara ke arah baratdaya dari pusat Kabupaten Lahat. Kecamatan ini merupakan pemekaran dari kecamatan tanjung Sakti yang terbagi menjadi dua kecamatan, yaitu kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Kecamatan Tanjung Sakti Pumu. Kata Pumu sendiri adalah singkatan dari Pasemah Ulu Muara Ulu, sama halnya dengan wilayah saudaranya yaitu Kec.Tanjung Sakti Pumi , kata "Pumi" adalah singkatan dari Pasemah Ulu Muara Ilir. Pasemah merupakan nama suku masyarakat yang mendominasi di Tanjung Sakti yang sering di sebut melayu Pasemah sedangkan istilah Ulu berdasarkan letak wilayah. Kecamatan Tanjung Sakti Pumu mempunyai luas wilayah 229,59 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 58,56 jiwa/km². Pusat pemerintahan Tanjung Sakti Pumu berada di Desa Simpang III Pumu.

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Desa Batu Rancing
  2. Desa Genting
  3. Desa Gunung Ayu
  4. Desa Gunung Meraksa
  5. Desa Gunung Raya
  6. Desa Karang Agung
  7. Desa Kembang Ayun
  8. Desa Kepala Siring
  9. Desa Muara Cawang
  10. Desa Simpang III Pumu
  11. Desa Suban
  12. Desa Tanjung Alam
  13. Desa Talang Tinggi
  14. Desa Ujung Pulau

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Tanjung Sakti Pumu terletak diwilayah perbatasan barat Sumatera Selatan dan paling selatan Kabupaten Lahat dengan topografi berupa lembah hingga pegunungan. Kecamatan Tanjung Sakti Pumu berada di kaki Gunung Dempo dan Gunung Dingin bagian selatan. Sementara disebelah barat adalah rangkaian Pegunungan Bukit Barisan dengan seumlah gunung seperti Gunung Payung, Gunung Tunjuk dan Gunung Hitam. Ketinggian wilayah Kecamatan Tanjung Sakti Pumu antara 700 hingga >2.000 meter diatas permukaan air laut Mdpl. Secara geologi sebagian besar wilayah Kecamatan Tanjung Sakti Pumu tersusun oleh satuan batuan Breksi Gunung Api Dempo di bagian timur-selatan dan Breksi Gunung Api Dingin dibagian tengah-selatan. Sementara disebelah timur-selatan sebgaian besar merupakan Formasi Hulusimpang. Sehingga wilayah Kecamatan Tanjung Sakti Pumu umunya tersusun berupa batuan breksi gunung api, lava andesit-basalt, tuf, batupasir. Dibeberapa titik terdapat Granit dan batupasir konglomerat. Sungai besra yang mengalir di Kecamatan Tanjung Sakti Pumu adalah Sungai Penangkulan, Sungai Serai, Sungai Cawang, Sungai Manna, dan Sungai Sukamnadu. Kecamatan Tanjung Sakti Pumu yang beriklim tropis dengan dua musim dalam satu tahunnya yaitu musim kemarau dan penghujan, dengan suhu udara pada siang hari berkisar antara 20 - 31 derajat Celcius. Hujan turun hampir sepanjang tahun rata-rata hari hujan adalah 150 – 300 hari dengan curah hujan rata-rata 2.000 – 4.250 mm/tahun.

Pendidikan[1][sunting | sunting sumber]

SD/MI[sunting | sunting sumber]

  1. SDN 1 Tanjung Sakti Pumu di Desa Simpang III Pumu
  2. SDN 2 Tanjung Sakti Pumu di Desa Kepala Siring
  3. SDN 3 Tanjung Sakti Pumu di Desa Talang Tinggi
  4. SDN 4 Tanjung Sakti Pumu di Desa Gunung Ayu
  5. SDN 5 Tanjung Sakti Pumu di Desa Gunung Meraksa
  6. SDN 6 Tanjung Sakti Pumu di Desa Suban
  7. SDN 7 Tanjung Sakti Pumu di Desa Tanjung Alam
  8. SDN 8 Tanjung Sakti Pumu di Desa Genting
  9. SDN 9 Tanjung Sakti Pumu di Desa Gunung Raya
  10. SDN 10 Tanjung Sakti Pumu di Desa Kembang Ayun
  11. SDN 11 Tanjung Sakti Pumu di Desa Karang Agung
  12. SDN 12 Tanjung Sakti Pumu di Desa Ujung Pulau
  13. SD Muhammadiyah Batu Rancing di Desa Batu Rancing
  14. MI Muhammadiyah Tanjung Alam di di Desa Tanjung Alam

SMP/MTs[sunting | sunting sumber]

  1. SMPN 1 Tanjung Sakti Pumu di Desa Gunung Raya
  2. SMPN 2 Tanjung Sakti Pumu di Desa Muara Cawang
  3. SMP Muhammadiyah Tanjung Sakti Pumu di Desa Batu Rancing

SMA/SMK/MA/MK[sunting | sunting sumber]

  1. SMAN 1 Tanjung Sakti Pumu di Desa Batu Rancing

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Mayoritas penduduk di Kecamatan Tanjung Sakti Pumu bersuku melayu dengan sumber pendapatan utama bertani Kopi. Mereka yang berdomisili di Kecamatan Tanjung Sakti Pumu memiliki budaya turun-temurun bahwa untuk hidup harus bekerja keras, banyak dari mereka bertani kopi sampai ke daerah Jambi dan Bengkulu. Sedangkan anak muda di Kecamatan Tanjung Sakti Pumu banyak merantau ke kota-kota, sebagian besar dari mereka merantau ke pulau Jawa dan daerah Sumatera itu sendiri. Mereka umumnya menuntut ilmu atau bekerja sehingga di Kecamatan Tanjung Sakti Pumu akan terasa sepi bila belum libur panjang. Adat kebersamaan masih dijunjung tinggi di Kecamatan Tanjung Sakti Pumu, biasanya jika Lebaran Idhul Fitri atau Idhul Adha mereka saling berkunjung rumah satu sama lain untuk bersilahturahmi. Mereka juga berusaha untuk memberikan jamuan terbaik untuk para tamu yang datang ke rumahnya. Orang-orang Kecamatan Tanjung Sakti Pumu memiliki logat bicara yang keras dan apa adanya, seperti halnya ciri khas orang Indonesia mereka terbuka dan ramah terhadap orang - orang baru.

  1. ^ Daftar Sekolag di Kecamatan Tanjung Sakti Pumu