Tangga lagu Rolling Stone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo majalah Rolling Stone

Tangga lagu Rolling Stone mentabulasikan popularitas mingguan relatif dari lagu dan album di Amerika Serikat. Data chart didukung oleh perusahaan analisis Alpha Data dan hasilnya dipublikasikan di situs web majalah budaya pop Rolling Stone, keduanya merupakan properti dari Penske Media Corporation (PMC) yang berbasis di Amerika Serikat.

Tangga lagu Rolling Stone bersaing dengan tangga lagu Billboard, yang didukung oleh Nielsen SoundScan dan diterbitkan oleh majalah Billboard. Tangga lagu Rolling Stone dibedakan berdasarkan penekanannya pada media streaming dan pembaruan harian, sambil tetap menerbitkan versi final mingguan pada hari Senin setelah minggu pelacakan Jumat hingga Kamis. Tangga lagu ini diumumkan pada 7 Mei 2019, dan diharapkan diluncurkan pada 13 Mei, namun akhirnya diluncurkan pada 2 Juli.[1][2] Tangga lagu ini dihentikan pada akhir Oktober 2021 setelah edisi 21 Oktober, dengan Billboard telah menjadi publikasi PMC bersaudara dengan Rolling Stone pada akhir tahun 2020, sehingga membuat tangga lagu Rolling Stone menjadi duplikat dan berlebihan secara internal.[3]

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Christman, Ed (May 7, 2019). "Rolling Stone Magazine to Launch Music Charts". Billboard. Diakses tanggal July 5, 2019. 
  2. ^ Eggertsen, Chris (July 2, 2019). "After Nearly Two-Month Delay, Rolling Stone Launches Music Charts". Billboard. Diakses tanggal July 5, 2019. 
  3. ^ Perlberg, Steven (October 22, 2021). "Rolling Stone's new editor-in-chief wants to restore the 54-year-old publication to its glory days. But first he'll have to reckon with simmering internal tensions over diversity". Business Insider. Diakses tanggal November 1, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]