The Voice (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Voice
PembuatJohn de Mol
Rilis
Tanggal rilis17 September 2010 (The Voice of Holland)
Pranala luar
Situs web

The Voice adalah seri televisi ajang pencarian bakat bernyanyi yang ditayangkan di berbagai negara. Berawal dari acara The Voice of Holland dari Belanda yang lalu diadaptasi ke negara lain termasuk Indonesia dalam acara The Voice Indonesia acara ini diselenggarakan oleh Talpa Media yang sebelumnya pernah membuat acara dengan konsep yang mirip, yaitu Superstar.

Format[sunting | sunting sumber]

Pembawa acara[sunting | sunting sumber]

Dalam tiap negara, pembawa acara utamanya antara 1 hingga 2 orang (namun ada pula yang 3 orang) yang dibantu oleh Co-host yang akan membantu jalannya acara hingga selesai

Juri[sunting | sunting sumber]

Walaupun bernamakan juri, mereka tidak menentukan nasib para kontestan, melainkan hanya menilai aksi para peserta. Dalam The Voice yang ada, para juri terdiri menjadi 4 orang untuk The Voice dan 3 orang untuk The Voice Kids.

Babak-babak[sunting | sunting sumber]

Blind Audition setiap peserta tampil di panggung, sementara posisi duduk coach berada di belakang kontestan yang berarti coach hanya bisa mendengarkan suara peserta tanpa melihat fisiknya. Jika coach suka dengan suara peserta, cukup coach menekan tombol I WANT YOU dan kursi berputar ke arah panggung. Jika lebih dari 1 coach menekan tombol, maka peserta boleh memilih coach pilihannya. Sesuai dengan format aslinya, Blind Audition direkam secara maraton dan peserta dipilih secara acak.

Battle Round setiap peserta akan diadu oleh coach dan peserta lainnya. Dua kontestan akan dipanggil dan diberi lagu oleh coach kemudian mereka akan dilatih oleh coach hingga siap untuk duel di waktu yang ditentukan. Coach akan menilai lawan yang sebanding, sehingga yang dapat menguasai lagu dan salah satu peserta yang akan memenangkan duel. Ketika salah satu peserta yang kalah di duel bisa di steal oleh coach lain. Jika lebih dari 1 coach menekan tombol, maka peserta boleh memilih coach pilihannya.

Knockout kali ini, para kontestan memilih lagu mereka sendiri untuk melakukan secara individu sedangkan jam tangan lainnya dan menunggu. Setelah itu, pelatih memilih satu untuk memajukan sementara yang lain dikirim pulang. Pada akhir babak sistem gugur, para anggota terkuat dari daftar masing-masing pelatih melanjutkan ke live show.

Live Shows adalah babak penentuan peserta yang tiap minggunya akan ada 4 peserta dalam setiap tim yang akan meninggalkan panggung. Tiap minggunya pula, lagu yang dibawakan peserta.

Final adalah babak akhir yang akan menentukan sang pemenang. Dalam beberapa negara biasanya terdapat 4 orang peserta dalam setiap tim. Peserta dengan hasil voting tertinggilah yang akan menjadi sang pemenang.

[sunting | sunting sumber]

Universal Music Group adalah sponsor utama dalam pembuatan album peserta.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]