Tamarunang, Mariso, Makassar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tamarunang
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Selatan
KotaMakassar
KecamatanMariso
Kode Kemendagri73.71.01.1009 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Tamarunang adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Selain sebagai nama kelurahan, kata Tamarunang mempunyai banyak arti atau makna. Dalam bahasa Makassar.

Diantaranya: Tamarunang = Semua bisa diruntuhkan, roboh atau dijatuhkan. Tamarunang = Antama'nu Runangnu (Begitu anda masuk, anda akan dikalahkan)

Konon dalam sejarah, wilayah yang terletak di wilayah kecamatan Mariso ini. Dulunya adalah sebuah pulau kecil yang dihuni beberapa orang. Tempat ini satu-satunya yang tidak pernah tersentuh penjajah. Karena dinilai sangat sakral. Itulah mengapa disebut Tamarunang.

Dimana pada masa itu penjajah tidak satu pun berhasil masuk ke daerah itu. Padahal ditempat itulah para pejuang Mariso menyembunyikan senjata dan bahan logistik mereka disebuah pohon beringin yang kini usianya sudah ratusan tahun. Dan tepat disebelahnya terdapat rumah adat balla lompoa. Yang merupakan salah satu peninggalan anak benteng Somba opu.

Dari sinilah mengapa kesatuan TNI Republik Indonesia dalam hal ini kesatuan Batalyon Artileri Medan (Armed) 6, mengambil nama Tamarunang dengan lambang pohon Tala' (Lontar) salah satu pohon yang menjadi icon kota Makassar.