Tống Bình

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tống Bình (bahasa Vietnam) atau Songping (Hanzi: 宋平, p Sòngpíng, w Sung-p‘ing) adalah bekas pemukiman kekaisaran Tiongkok dan Vietnam di tepi selatan Sungai Merah di distrik-distrik Từ Liêm, Hanoi dan Hoài Đức saat ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemukiman berbenteng didirikan oleh dinasti Liu Song, Tiongkok sebagai pusat pemerintahan County Songping (t 宋平, s 宋平, p Sòngpíng Xiàn) di prefektur Jiaozhi (Giao Chỉ).[1] Nama tersebut mengacu pada pengamanannya oleh dinasti. Wilayah ini diangkat ke prefekturnya sendiri (宋平, p Sòngpíng Jùn; bahasa Vietnam: Tống Bình quận) di beberapa titik antara 454 dan 464 M.[2] Prefektur ini termasuk distrik-distrik Yihuai (t 義懷, s 义怀, p Yìhuái) dan Suining (t 綏寧, s 绥宁, p Suíníng).

Jenderal Sui, Liu Fang merebut kembali wilayah itu dari negara bagian Vạn Xuân di Vietnam pada 603 dan menjadikan Tống Bình sebagai ibu kota Jiaozhi menggantikan Long Biên. Selama periode ini, ia juga dikenal sebagai Luocheng (t 羅城, s 罗城, p Luóchéng, w Lo-ch'eng, lit. "Menyelubungi Dinding"; bahasa Vietnam: La Thanh),[3] meskipun nama ini awalnya ditujukan ke Long Biên di dekatnya dan kemudian merujuk ke benteng yang menjadi Thăng Long dan Hanoi modern.

Di bawah Tang, kota ini terus berfungsi sebagai ibu kota Annam. Selama beberapa tahun setelah 621, kota ini mengatur sebuah prefektur sebagai Songzhou (宋州, p Sòngzhōu, w Sung-chou).[3] Nama Tống Bình berakhir pada 714.[1] Pemberontakan Mai Thúc Loan merebut kota pada 722.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Tran (1977), hlm. 16.
  2. ^ Loewe (2004), hlm. 60.
  3. ^ a b Schafer (1967), hlm. 32.
  4. ^ Anh (2000), hlm. 26.

Referensi[sunting | sunting sumber]