Sungayang, Sungayang, Tanah Datar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sungayang
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Barat
KabupatenTanah Datar
KecamatanSungayang
Kode Kemendagri13.04.07.2004
Luas905 Ha
Jumlah penduduk5.839 jiwa

Sungayang merupakan nama sebuah nagari yang sekaligus menjadi nama bagi sebuah kecamatan yaitu kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Nagari ini terletak di dekat Batusangkar, ibu kota dari kabupaten Tanah Datar.

Wali Nagari Sungayang saat dijabat oleh Nofri Edison dengan sekretaris Yudi Hendra, S.H. Nagari ini terdiri dari 5 jorong, yaitu: Jorong Taratak Indah, Galanggang Tangah, Balai Gadang, Balai Diateh dan Sianau Indah.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Nagari Sungayang memiliki luas 905 Ha yang berbatasan dengan 4 nagari di Kecamatan Sungayang, sebelah utara berbatasan dengan Nagari Sungai Patai, sebelah selatan berbatasan dengan Nagari Minangkabau, sebelah timur berbatasan dengan Nagari Tanjung, dan sebelah barat berbatasan dengan Nagari Sungai Tarab. Nagari Sungayang memiliki penduduk sebanyak 5.839 jiwa dengan rincian 2.901 jiwa penduduk laki-laki dan 2.938 jiwa penduduk perempuan (data 2020).

Sarana Prasarana[sunting | sunting sumber]

Sarana dan Prasarana yang terdapat di Nagari Sungayang terdiri dari fasilitas-fasilitas ibadah terdapat 3 mesjid dan 11 mushola. Dan untuk prasarana kesehatan ada 1 unit puskesmas, 2 unit puskesmas pembantu, 9 unit posyandu, dan 2 unit rumah bersalin, dengan sarana kesehatan  1 orang dokter umum, 4 orang bidan, serta 7 orang perawat. Untuk prasarana olahraga terdapat lapangan sepak bola 1 lapangan, 2 lapangan bulutangkis, dan 1 lapangan voli. Dan memiliki 1 unit pasar yaitu Pasar Senin Nagari Sungayang.