Tanjung, Sungayang, Tanah Datar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tanjung
Nagari
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Barat
Kabupaten Tanah Datar
Kecamatan Sungayang
Luas 25,00 km²
Jumlah penduduk 2.844 jiwa[1]

Tanjung merupakan nama sebuah nagari yang masuk ke dalam kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Nagari ini terletak di dekat Batusangkar, ibu kota dari kabupaten Tanah Datar.

Batas Nagari Tanjuang Utara dengan nagari Sungai Patai Selatan dengan nagari Sungayang Timur dengan nagari Andaleh Baruah Bukik Barat dengan nagari Pagaruyuang.

Jumlah penduduk nagari Tanjung th. 2010 laki laki 1.028 dan perempuan 1098. 70% bekerja dalam bidang pertanian rakyat dengan luas lahan terbatas. Dan sebagian lainnya anak nagari berprofesi sebagai pedagang kecil di kota kota di pulau Jawa maupun Sumatera.

Sarana pendidikan dan Kesehatan:

PAUD 1 Taman Kanak Kanak 1 Sekolah Dasar 1 Sekolah Luar Biasa 1 TPA dan TPSA 8 Polindes 2 Posyandu 4 Praktik Dokter swasta 1

Sarana Perekonomian: Bukit bukit di Nagari Tanjung memiliki kemiringan rata rata 45 derajad. Penebangan kayu yang selama ini tidak dibatasi telah merusak sumber air dan bukit bukit menjadi rawan longsor.

Saat ini telah dilakukan pelarangan penebangan kayu oleh pemerintahan nagari, kecuali untuk keperluan sendiri. Untuk menjaga kelestarian margasatwa maka di Tanjung juga telah dilakukan pelarangan penembakan/menjerat burung, dan satwa lainnya seperti Kijang, Tenggiling, Landak, Simpai dll.

Ada beberapa sungai di antaranya Batang Kalano, Batang Selo, Sungai Silambiang, Selo Tongah. Penyusutan aliran air sungai saat ini sangat mengkhawatirkan akibat perambahan hutan di nagari nagari tetangga.

Kini di Tanjuang banyak mata air yang berupa boncah, sumua telah mengering alias hilang dari permukaan tanah.

Sebagian besar penduduk Tanjung adalah petani, peternak (Itik, Sapi, Kambing). Sawah ditanami Padi dengan diselingi menanam Mentimun Bukit dan pekarangan rumah saat ini banyak ditanami Coklat, Kulit Manis, Kopi.

Masalah pokok yang menjadi tugas utama pemerintahan adalah keamanan untuk berusaha/bertani/beternak, karena nagari Tanjung sangat potensial untuk pengembangan usaha usaha peternakan, perikanan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

RIO SAFUAN

Pranala luar[sunting | sunting sumber]