Sumurpanggang, Margadana, Tegal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sumurpanggang
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KotaTegal
KecamatanMargadana
Kodepos
52141
Kode Kemendagri33.76.04.1006 Edit the value on Wikidata

Sumurpanggang merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Margadana, Kota Tegal, provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Sumurpanggang merupakan wilayah yang paling maju di Kecamatan Margadana, bahkan Sumurpanggang juga merupakan pusat perekonomian di wilayah Kota Tegal bagian barat. Hal tersebut dikarenakan Sumurpanggang pernah menjadi ibukota kecamatan Sumurpanggang, Kabupaten Tegal sebelum wilayahnya dilebur kedalam wilayah Kota Tegal pada tahun 1986. Selain itu, wilayah Sumurpanggang termasuk strategis karena dilalui Jalan Nasional Jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta - Surabaya.

Di Sumurpanggang juga terdapat tugu Jalan Pos sebagai penanda saat pembangunan Jalan Deandels pada zaman Belanda, tugu tersebut berbentuk persegi dengan bagian atas membentuk piramid. Mungkin Tidak banyak orang tahu letak tugu tersebut, tugu tersebut terletak di dalam kompleks Pasar Sumurpanggang, tetapi seiring perkembangan pembangunan Pasar Sumurpanggang yang menyebabkan tugu tersebut tertimbun tanah dan yang terlihat hanya menyisakaan sekitar seperempat dari bentuk aslinya.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Beberapa fasilitas umum yang terdapat di Kelurahan Sumurpanggang antara lain:

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Utara Kelurahan Pesurungan Lor
Timur Kelurahan Pesurungan Kidul dan Kelurahan Keturen
Selatan Kelurahan Kalinyamat Kulon
Barat Kelurahan Margadana

Pranala luar[sunting | sunting sumber]